Penerapan Metode Lean Six Sigma Untuk Perbaikan Kualitas Kinerja Pada Proses Pelayanan Klaim Di PT Asuransi Umum Mega Health Division

ARDIANSYAH, MUHAMAD (2016) Penerapan Metode Lean Six Sigma Untuk Perbaikan Kualitas Kinerja Pada Proses Pelayanan Klaim Di PT Asuransi Umum Mega Health Division. S1 thesis, Universitas Mercu Buana.

[img]
Preview
Text (HAL COVER)
Cover.pdf

Download (750kB) | Preview
[img] Text (ABSTRAK)
Abstract.pdf
Restricted to Registered users only

Download (107kB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (168kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II .pdf
Restricted to Registered users only

Download (296kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III .pdf
Restricted to Registered users only

Download (452kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV .pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (706kB)
[img] Text (BAB VI)
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (112kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA DAN LAMPIRAN)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (49kB)

Abstract

Dalam pelayanan klaim asuransi kesehatan, kecepatan dan ketepatan pembayaran klaim merupakan proritas utama dalam pelayanan, Karena apabila proses klaim terlalu lama hal ini dapat berpengaruh terhadap kepercayaan customer ketika mengajukan klaim (reimburse) dan klaim dari penyedia pelayanan kesehatan (Provider). Seiring dengan sering terjadinya komplain ketika klaim reimburse yang diajukan oleh customer, jangka waktu pembayaran klaim melebihi ketentuan waktu yang telah disepakati dan penutupan pelayanan kesehatan dari penyedia pelayanan kesehatan (provider). Hal tersebut menjadi proritas departemen klaim untuk mencari penyebab masalah tersebut agar segera dilakukan perbaikan dalam proses pelayanan klaim. Dalam proses jasa termasuk pelayanan klaim asuransi kesehatan tidak luput dari aktivitas Error Proofing Services yaitu customer error dan server error merupakan waste atau aktivitas yang tidak memberikan nilai tambah. Dalam penilitian ini penulis membahas tentang penerapan metode lean six sigma untuk perbaikan kualitas kinerja proses pelayanan klaim yaitu mengidentifikasi dan menghilangkan pemborosan atau aktivitas – aktivitas yang tidak memiliki nilai tambah melalui perbaikan secara terus menerus untuk mencapai tingkat kinerja enam sigma dengan peta pembangunan lean six sigma yaitu Define, Measure, Analize, Improve, Control (DMAIC ).

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: KP/IND. 16 009
NIM/NIDN Creators: 41612120048
Uncontrolled Keywords: Penerapan Metode Lean Six Sigma, Proses Pelayanan Klaim Di PT Asuransi Umum Mega Health Division
Subjects: 200 Religion/Agama > 260 Christian Social Theology/Teologi Sosial Kristen > 268 Religious Education/Pendidikan Agama Kristen, Pengajaran Agama Kristen > 268.7 Services/Pelayanan
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Industri
Depositing User: Admin Perpus UMB
Date Deposited: 26 Jun 2016 16:01
Last Modified: 15 Oct 2024 04:23
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/6247

Actions (login required)

View Item View Item