PENJADWALAN ULANG AKIBAT KETERLAMBATAN PADA PROYEK KONSTRUKSI BERBASIS PRECEDENCE DIAGRAM METHOD (PDM) MENGGUNAKAN SOFTWARE MICROSOFT PROJECT (Studi kasus : Proyek Revitalisasi Terminal 1C Bandara Soetta - Tangerang)

ANNAM, MUHAMMAD KHOERUL (2021) PENJADWALAN ULANG AKIBAT KETERLAMBATAN PADA PROYEK KONSTRUKSI BERBASIS PRECEDENCE DIAGRAM METHOD (PDM) MENGGUNAKAN SOFTWARE MICROSOFT PROJECT (Studi kasus : Proyek Revitalisasi Terminal 1C Bandara Soetta - Tangerang). S1 thesis, Universita Mercu Buana Jakarta.

[img]
Preview
Text (HAL COVER)
01 Cover.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
02 Abstrak.pdf

Download (435kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
03 Bab 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (616kB)
[img] Text (BAB II)
04 Bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (798kB)
[img] Text (BAB III)
05 Bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (686kB)
[img] Text (BAB IV)
06 Bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (968kB)
[img] Text (BAB V)
07 Bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (479kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
08 Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (341kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
09 Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (412kB)

Abstract

Setiap proyek konstruksi pada umumnya mempunyai rencana pelaksanaan dan jadwal pelaksanaan tertentu, kapan pelaksanaan proyek tersebut harus dimulai, kapan proyek tersebut harus diselesaikan, bagaimana proyek tersebut akan dikerjakan, serta bagaimana penyediaan sumber dayanya. Diharapkan dalam pelaksanaannya tidak terjadi keterlambatan karena keterlambatan yang terjadi akan mengakibatkan meningkatnya biaya proyek. Namun, dalam pelaksanaan proyek Revitalisasi Terminal 1C Bandara Soekarno-Hatta mengalami keterlambatan. Berdasarkan dari keterlambatan tersebut makan dalam penelitian ini akan melakukan penjadwalan ulang menggunakan metode precedence diagram method (PDM) menggunakan software microsoft project untuk mendapatkan hasil penjadwalan yang efektif dan dengan durasi yang optimal serta lintasan kritis dan keterkaitan atara setiap item pekerjaan. Penelitian berbasis metode PDM menggunakan software microsoft Project efektif untuk mencari lintasan kritis dan keterkaitan antara setiap item pekerjaan. Sehingga diharapkan proyek tidak lagi mengalami keterlambatan karena jadwal yang sudah dibuat sudah detail dan memperlihatkan lintasan kritisnya. Hasil dari penelitian ini adalah Penjadwalan Ulang Akibat Keterlambatan Berbasis Precedence Diagram Network (PDM) menggunakan Software Microsoft Project sehingga dapat diketahui durasi waktu pekerjaan, lintasan kritis dan keterkaitan antar setiap pekerjaan. Sisa pekerjaan pada Proyek Revitalisasi Terminal 1C dapat diselesaikan dalam waktu 478 hari kalender lagi atau 28 maret 2023. Pekerjaan tambah dapat diketahui durasinya antara lain pekerjaan GWT (selesai), pekerjaan Atap Baja (89 hari), pekerjaan instalasi garbarata (118 hari) dan pekerjaan signage (90 hari). Lintasan kritis diketahui pada pekerjaan atap dan test penerangan (lumens) membuat kontraktor tidak lagi kesulitan menentukan skala prioritas pekerjaannya. Kata Kunci : Penjadwalan Ulang, Precedence Diagram Method (PDM), Microsoft Project, Lintasan Kritis.

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FT/SIP. 22 291
NIM/NIDN Creators: 41114120063
Uncontrolled Keywords: Penjadwalan Ulang, Precedence Diagram Method (PDM), Microsoft Project, Lintasan KritisLintasan Kritis.
Subjects: 000 Computer Science, Information and General Works/Ilmu Komputer, Informasi, dan Karya Umum > 090 Manuscripts, Rare Books, and Other Rare Printed Materials/Manuskrip Naskah-naskah, Buku-buku Langka, dan Bahan Cetakan Langka Lainnya
000 Computer Science, Information and General Works/Ilmu Komputer, Informasi, dan Karya Umum > 090 Manuscripts, Rare Books, and Other Rare Printed Materials/Manuskrip Naskah-naskah, Buku-buku Langka, dan Bahan Cetakan Langka Lainnya > 098 Prohibited Works, Forgeries, Hoaxes/Buku-buku Terlarang, Pemalsuan, Penipuan
300 Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 300. Social Science/Ilmu-ilmu Sosial
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Sipil
Depositing User: Dede Muksin Lubis
Date Deposited: 31 May 2022 04:05
Last Modified: 15 Jun 2023 04:04
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/62331

Actions (login required)

View Item View Item