Strategi Positioning Bank Bukopin Dalam Meningkatkan Brand Image (Studi Kasus Strategi Positioning Bank Bukopin dan Pemasaran Produk Kartu Kredit Bukopin)

Priambodo, Adityo (2016) Strategi Positioning Bank Bukopin Dalam Meningkatkan Brand Image (Studi Kasus Strategi Positioning Bank Bukopin dan Pemasaran Produk Kartu Kredit Bukopin). S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta-Menteng.

[img] Text (Cover)
JUDUL SKRIPSI tyo.pdf

Download (692kB)
[img] Text (Abstrak)
abstrak.pdf

Download (834kB)
[img] Text (Daftar Isi dan Lembar Pengesahan)
DAFTAR ISI dan LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (2MB)
[img] Text (Bab 1)
BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (Bab 2)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text (Bab 3)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text (Bab 4)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)
[img] Text (Bab 5)
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Dunia perbankan merupakan dunia yang penuh dengan kreativitas serta inovasi keuangan. Dalam membuat sebuah produk/jasa keuangan dibutuhkan perencanaan dan strategi komunikasi yang matang agar produk/jasa dapat diminati oleh masyarakat. Bagi Bank Bukopin yang merupakan Penyedia Jasa Keuangan milik swasta yang lekat dengan image koperasi dan kurang menarik untuk produk/jasa keuangan, selain melakukan strategi pemasaran dari segi keunggulan produk, juga harus memikirkan bagaimana memasarkan produk/jasa tersebut agar dapat diketahui oleh masyarakat. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui bagaimana strategi positioning yang dilakukan oleh Bank Bukopin dalam membangun brand image. Konsep strategi positioning yang digunakan dalam penelitian ini berdasarkan konsep strategi komunikasi yang dijabarkan dalam buku Manajemen Periklanan oleh Rhenald Kasali. Menurut Rhenald, strategi komunikasi merupakan orientasi pemasaran yang diberikan kepada orang-orang kreatif sebagai pedoman dalam membuat suatu pesan/informasi, dimana mencakup pengembangan konsep atau ide dalam membentuk komunikasi yang efektif. Dalam penelitian ini peneliti berfokus pada proses strategi positioning dengan salah satu produk unggulan Kartu Kredit Bukopin di Bank Bukopin, mulai dari tahap perencanaan hingga bagaimana memasarkan produk/jasa tersebut agar dapat diminati oleh khalayak. Tipe penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Metode penelitian yang digunakan adalah metode riset studi kasus dengan wawancara secara mendalam serta didukung oleh sejumlah data yang didapatkan secara komprehensif. Hasil akhir dari penelitian ini dapat diketahui bahwa untuk meningkatkan brand image dapat dilakukan dengan langkah strategi positioning dan komunikasi pemasaran yang berintegrasi, meskipun masih ada beberapa hal yang harus dievaluasi oleh Bank Bukopin agar dapat lebih baik kedepannya.

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: CDS-443-16-001
NIM/NIDN Creators: 44313120041
Subjects: 000 Computer Science, Information and General Works/Ilmu Komputer, Informasi, dan Karya Umum > 070 Documentary Media, Educational Media, News Media, Journalism, Publishing/Media Dokumenter, Media Pendidikan, Media Berita, Jurnalisme, Penerbitan
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Periklanan dan Komunikasi pemasaran
Depositing User: Maulana Arif Hidayat
Date Deposited: 11 May 2022 07:20
Last Modified: 27 Jul 2022 03:48
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/61007

Actions (login required)

View Item View Item