REPRESENTASI KELAS SOSIAL PADA IKLAN GOJEK VERSI “GOJEK MEMPERSEMBAHKAN CERDIKIAWAN” (ANALISIS SEMIOTIKA JOHN FISKE)

AGUSTINA, LINA (2021) REPRESENTASI KELAS SOSIAL PADA IKLAN GOJEK VERSI “GOJEK MEMPERSEMBAHKAN CERDIKIAWAN” (ANALISIS SEMIOTIKA JOHN FISKE). S1 thesis, Universitas Mercu Buana.

[img]
Preview
Text (HAL COVER)
Cover..pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text (BAB I)
bab 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (882kB)
[img] Text (BAB II)
bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text (BAB III)
bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB IV)
bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB V)
bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (494kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
daftar pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini membahas tentang representasi kelas sosial dalam iklan Gojek versi Gojek mempersembahkan cerdikiawan. Penelitian ini bertujuan untuk merepresentasikan kelas sosial dalam iklan Gojek yang dimana peneliti mengamati adanya pemanfaatan dari kaum kapitalis pada kelas sosial tertentu yang direpresentasikan dalam iklan Gojek ini. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan paradigma kritis. Metode yang digunakan adalah semiotika John Fiske melalui teori The Codes of Television dengan tiga tingkatan makna yaitu interpretasi realitas, representasi dan ideologi. Unit analisis penelitian ini adalah adegan yang menunjukan representasi kelas sosial yang ditampilkan dalam 10 scene. Hasil penelitian ini yakni penempatan model dalam iklan ini didominasi oleh kaum kapitalis yang diperlihatkan pada pengaturan setting iklan dan alat-alat yang digunakan oleh para aktor. Iklan ini dibalut dengan ide-ide cerdik namun mencerminkan representasi dari kelas sosial menengah dan menengah kebawah. Si pembuat iklan (kaum kapitalis) mempekerjakan aktor-aktor (kaum proletar) untuk memerankan kelas sosial tertentu yang bisa menjadi ikon iklan jasanya untuk menarik perhatian penonton. Hal ini dapat menunjang terbentuknya steorotip pada kelas sosial menengah dan menengah kebawah. Tanpa disadari hal tersebut bisa merugikan pihak lain. Kata Kunci: Iklan, Semiotika John Fiske, Kelas Sosial, Representasi, Kapitalisme This study discusses the representation of social class in Gojek's version of the Gojek advertisement presented by intellectuals. This study aims to represent social class in Gojek advertisements where the researcher observes the exploitation of the capitalists in certain social classes represented in this Gojek advertisement. This research uses qualitative research with a critical paradigm. The method used is John Fiske's semiotics through The Codes of Television theory with three levels of meaning, namely interpretation of reality, representation and ideology. The unit of analysis in this research is a scene that shows a social class representation that is displayed in 10 scenes. The result of the research is that the placement of the model in this advertisement is dominated by capitalists who are shown in the settings for the advertising settings and the tools used by the actors. This ad is wrapped with clever ideas but reflects the representation of the middle and lower middle social class. The advertiser (the capitalist) employs actors (proletariat) to portray a certain social class who can become an icon of his service advertisement to attract the attention of the audience. This can support the formation of stereotypes in the middle and lower middle social class. Without realizing it, this could be detrimental to other parties. Keywords: Advertising, John Fiske's Semiotics, Social Class, Representation, Capitalism

Item Type: Thesis (S1)
NIM/NIDN Creators: 44314110124
Uncontrolled Keywords: Advertising, John Fiske's Semiotics, Social Class, Representation, Capitalism
Subjects: 100 Philosophy and Psychology/Filsafat dan Psikologi > 150 Psychology/Psikologi > 154 Subconscious and Altered States and Process/Psikologi Bawah Sadar > 154.6 Sleep Phenomena/Fenomena Tidur > 154.63 Dreams/Mimpi > 154.634 Analysis/Analisis
600 Technology/Teknologi > 650 Management, Public Relations, Business and Auxiliary Service/Manajemen, Hubungan Masyarakat, Bisnis dan Ilmu yang Berkaitan > 658 General Management/Manajemen Umum > 658.8 Marketing, Management of Distribution/Marketing, Manajemen Distribusi
600 Technology/Teknologi > 650 Management, Public Relations, Business and Auxiliary Service/Manajemen, Hubungan Masyarakat, Bisnis dan Ilmu yang Berkaitan > 659 Advertising and Public Relations/Periklanan, Reklame, Pariwara, Iklan, Sponsor, Humas, Hubungan Masyarakat
700 Arts/Seni, Seni Rupa, Kesenian > 740 Drawing and Decorative Art/Menggambar dan Seni Dekorasi > 741 Drawing and Drawings/Gambar dan Seni Menggambar > 741.6 Graphic Design, Illustration Drawings/Teknik Menggambar Desain Grafis, Teknik Menggambar Ilustrasi > 741.67 Advertisement and Posters/Iklan dan Poster
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Periklanan dan Komunikasi pemasaran
Depositing User: Dede Muksin Lubis
Date Deposited: 11 May 2022 04:23
Last Modified: 11 May 2022 04:23
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/60981

Actions (login required)

View Item View Item