POLA KOMUNIKASI ANTAR PRIBADI DIBALIK FENOMENA SUGAR DATING PADA SITUS KENCAN ONLINE TINDER (Studi Fenomenologi Hubungan Pelaku Sugar Dating)

DEVI, RIZKA AULIA (2022) POLA KOMUNIKASI ANTAR PRIBADI DIBALIK FENOMENA SUGAR DATING PADA SITUS KENCAN ONLINE TINDER (Studi Fenomenologi Hubungan Pelaku Sugar Dating). S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta-Menteng.

[img] Text (Form Pernyataan Keabsahan)
Formulir Pernyataan Keabsahan dan Persetujuan Publikasi Tugas Akhir _Rizka Aulia Devi - Rizka Aulia Devi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (81kB)
[img]
Preview
Text (Cover)
COVER - DAFTAR ISI_RIZKA AULIA DEVI_44218120101 - Rizka Aulia Devi-ET - Rizka Aulia Devi.pdf

Download (215kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Abstrak)
ABSTRAK_RIZKA AULIA DEVI_44218120101 (PDF) - Rizka Aulia Devi.pdf

Download (57kB) | Preview
[img] Text (Bab 1)
BAB I_RIZKA AULIA DEVI_44218120101 - Rizka Aulia Devi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (159kB)
[img] Text (Bab 2)
BAB II_RIZKA AULIA DEVI_44218120101-ET - Rizka Aulia Devi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (306kB)
[img] Text (Bab 3)
BAB III_RIZKA AULIA DEVI_44218120101-ET - Rizka Aulia Devi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (140kB)
[img] Text (Bab 4)
BAB IV_RIZKA AULIA DEVI_44218120101-ET - Rizka Aulia Devi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (348kB)
[img] Text (Bba 5)
BAB V KESIMPULAN DAN SARAN_RIZKA AULIA DEVI_44218120101 -ET - Rizka Aulia Devi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (50kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA_RIZKA AULIA DEVI_44218120101-ET - Rizka Aulia Devi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (135kB)
[img] Text (Lampiran)
LAMPIRAN_RIZKA AULIA DEVI_44218120101-ET - Rizka Aulia Devi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (219kB)

Abstract

Komunikasi antar pribadi adalah komunikasi yang berlangsung antara dua individu atau lebih yang dapat berlangsung secara tatap muka (face to face). Namun komunikasi antarpribadi ini bisa juga berlangsung dengan menggunakan alat bantu atau media seperti telepon, surat, telegram dan juga media sosial. Komunikasi antarpribadi bisa terjalin melalui media sosial, yaitu salah satunya bisa terjalin melalui aplikasi media sosial Tinder. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui proses yang ada dalam pola komunikasi Antar Pribadi pada pelaku Sugar Babies dan Sugar Daddies di situs kencan khusus Sugar Dating. Teori yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan Teori Komunikasi Antar Pribadi, dan beberapa konsep seperti, Sugar Dating, Konsep Kencan Online,Aplikasi Tinder, CMC,Fenomenologi, dan Interaksionisme Simbolik. Penelitian ini, menggunakan paradigma Konstruktivisme, yang digunakan untuk melihat fenomena yang terjadi antara pelaku sugar daddy dan sugar babby yang terjalin. Dengan metode penelitian kualitatif, pendekatan fenomenologi, fokus penelitian ini akan berpusat pada pelaku sugar daddy dan sugar baby pada Tinder. Subjek dalam penelitian ini adalah pengguna aplikasi Tinder yang memenuhi persyaratan yang telah dibuat yaitu pria usia 40 - 47 tahun ke atas dengan kondisi keuangan cukup mapan atau Sugar Daddy dan Wanita berusia 20-24 tahun yang merupakan Sugar Baby yang menjadi teman kencan para Sugar Daddy. Hasil penelitian ini mengungkapkan pada proses komunikasi kencan online, komunikasi yang mereka lakukan berjalan secara dua arah, mereka tidak terlalu mementingkan komunikasi hal pribadi tetapi berusaha untuk menyenangkan dirinya dengan berkomunikasi dengan para sugar babies. Dari hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa komunikasi yang mereka jalin berawal dari sebuah pesan singkat FWB (Friends With Benefit) atau hubungan yang saling menguntungkan pada aplikasi Tinder yang menghasilkan sebuah hubungan yang special yang disebutdengan Sugar Dating. Kata kunci : Komunikasi Antarpribadi, Sugar Dating, Tinder Interpersonal communication is communication that takes place between two or more individuals that can take place face to face (face to face). However, this interpersonal communication can also take place using tools or media such astelephone, letter, telegram and also social media. Interpersonal communication can be established through social media, one of which can be established through the Tinder social media application. The purpose of this study is to find out the processesthat exist in the interpersonal communication patterns of Sugar Babies and Sugar Daddies perpetrators on special dating sites Sugar Dating. The theory used in this study uses Interpersonal Communication Theory, and several concepts such as Sugar Dating, Online Dating Concepts, Tinder Applications,CMC, Phenomenology, and Symbolic Interactionism. This study uses the constructivism paradigm, which is used to see the phenomena that occur between intertwined sugar daddy and sugar baby actors. Withqualitative research methods, a phenomenological approach, the focus of this research will be on sugar daddy and sugar baby actors on Tinder. The subjects in thisstudy are Tinder application users who meet the requirements that have been made, namely men aged 40-47 years and over with fairly well- established financial conditions or Sugar Daddy and Women aged 20-24 years who are Sugar Babies whoare friends with Sugar Daddy's. The results of this study reveal that in the online dating communication process,the communication they do is two-way, they are not too concerned with personal communication but try to please them selves by communicating with sugar babies. The results of this study reveal that their communication started from a short message suchas FWB (Friends With Benefit) message or a mutually beneficial relationship on the Tinder application which resulted in a special relationship called Sugar Dating. on theTinder application which resulted in a special relationship called Sugar Dating. Keywords : Interpersonal Communication, Sugar Dating, Tinder.

Item Type: Thesis (S1)
NIM/NIDN Creators: 44218120101
Uncontrolled Keywords: Komunikasi Antarpribadi, Sugar Dating, Tinder
Subjects: 600 Technology/Teknologi > 650 Management, Public Relations, Business and Auxiliary Service/Manajemen, Hubungan Masyarakat, Bisnis dan Ilmu yang Berkaitan > 659 Advertising and Public Relations/Periklanan, Reklame, Pariwara, Iklan, Sponsor, Humas, Hubungan Masyarakat > 659.2 Public Relations/Hubungan Masyarakat
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Hubungan Masyarakat
Depositing User: MELATI CAHYA FITRIANI
Date Deposited: 20 Apr 2022 07:20
Last Modified: 20 Apr 2022 07:20
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/60256

Actions (login required)

View Item View Item