STRATEGI KOMUNIKASI INTERNAL ORGANISASI DALAM MEWUJUDKAN WORLD CLASS UNIVERSITY (Studi Kasus Pada Universitas Mercu Buana)

ARMIWIRAYANTI, NI PUTU (2016) STRATEGI KOMUNIKASI INTERNAL ORGANISASI DALAM MEWUJUDKAN WORLD CLASS UNIVERSITY (Studi Kasus Pada Universitas Mercu Buana). S2 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta-Menteng.

[img]
Preview
Text (Cover)
LEMBAR COVER TESIS.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text (Abstrak)
ABSTRAKSI.pdf

Download (198kB) | Preview
[img] Text (Bab 1)
BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (161kB)
[img] Text (Bab 2)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (464kB)
[img] Text (Bab 3)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (219kB)
[img] Text (Bab 4)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (719kB)
[img] Text (Bab 5)
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (138kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA DAN LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (323kB)

Abstract

Strategi Komunikasi Internal Organisasi merupakan salah satu hal yang terpenting agar pesan yang dikomunikasikan kepada sumber daya manusia di dalam sebuah organisasi dapat diterima dengan baik dan dimengerti sesuai dengan pemahaman masing-masing individu, dan yang terpenting agar mendapatkan umpan balik yang sesuai dengan harapan. Sosialisasi program world class university yang kurang merata di kalangan internal sumber daya manusia di Universitas Mercu Buana membuat kurangnya pemahaman dan gagalnya komunikasi. Kegagalan komunikasi menyebabkan tidak semua sumber daya manusia Universitas Mercu Buana tersosialisasikan dengan baik mengenai program world class university yang dicanangkan. Dalam penelitian diatas dipaparkan strategi komunikasi internal yang dilakukan oleh Universitas Mercu Buana dalam mewujudkan world class university versi webometrics. Strategi komunikasi internal di Universitas Mercu Buana Jakarta dipahami menggunakan teori komunikasi internal organisasi melalui Van Riel dan Formburn. Komunikasi diklasifikasikan ke dalam content atau isi, channel atau saluran, flows atau alur dan climate atau iklim. Penelitian merupakan penelitian kualitatif dengan metode penelitian pendekatan studi kasus dengan menggambarkan hasil penelitian yang didapatkan. Hasil penelitian menggambarkan Universitas Mercu Buana belum memiliki strategi komunikasi internal khusus untuk menyosialisasikan ranking world class university versi webometrics yang telah diraih. Kata Kunci : Strategi, Komunikasi Internal, Studi Kasus, Pesan, Saluran, Alur, Iklim. Internal communication strategic of organization is one of the most important thing to communicating an information with large human resource in the company for being a good opinion. People knows with good attention and the most important things is communication has a great feedback as good as the expectation. This research describe about internal communication strategic of Mercu Buana University in held towards world class university on webometrics version. Socialization program of world class university that is less prevalent among internal human resources at the University of Mercu Buana create a lack of understanding and communication failure . Communication failure causes all the human resources Mercu Buana University socialized properly about the program launched a world class university . Research of internal communication strategic in Mercu Buana University used internal communication organization theory by Vanriel and Formburn classified into content, channel, flows, and climate. This is qualitative research with case study approach and descriptive summary. The result show that Mercu Buana University doesn’t have yet the internal strategic communication to do the socialitation of the world rank program. Kata Kunci : Strategic, Internal Communication, Case Study, Channel, Message,Flows, and Climate

Item Type: Thesis (S2)
Call Number CD: CDT-552-16-051
NIM/NIDN Creators: 55213120010
Uncontrolled Keywords: Strategi, Komunikasi Internal, Studi Kasus, Pesan, Saluran, Alur, Iklim.Strategic, Internal Communication, Case Study, Channel, Message,Flows, and Climate, CORCOM, korporate komunikasi dan komunikasi pemasaran
Subjects: 300 Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 300. Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 302 Social Interaction, Interpersonal Relations/Interaksi Sosial, Hubungan Antarpersonal > 302.2 Communication/Komunikasi
Divisions: Pascasarjana > Magister Ilmu Komunikasi
Depositing User: MELATI CAHYA FITRIANI
Date Deposited: 06 Apr 2022 06:43
Last Modified: 27 Jun 2022 03:29
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/59489

Actions (login required)

View Item View Item