HIPERREALITAS DALAM FILM MARVEL CINEMATIC UNIVERSE SEBAGAI HEGEMONI AMERIKA

REZA, LOKATANG SAO (2018) HIPERREALITAS DALAM FILM MARVEL CINEMATIC UNIVERSE SEBAGAI HEGEMONI AMERIKA. S2 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta-Menteng.

[img]
Preview
Text (Cover)
1. Halaman Judul.pdf

Download (40kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Abstrak)
2. Abstrak.pdf

Download (155kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Surat Pengesahan)
3. Surat Pengesahan.pdf

Download (142kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Lembar Pengesahan)
4. Lembar Pengesahan.pdf

Download (233kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Kata Pengantar)
5. Kata Pengantar.pdf

Download (175kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Isi)
6. Daftar isi.pdf

Download (174kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Gambar)
7. Daftar gambar.pdf

Download (143kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Tabel)
8.Daftar tabel.pdf

Download (142kB) | Preview
[img] Text (Bab 1)
9. Bab I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (208kB)
[img] Text (Bab 2)
10. Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (453kB)
[img] Text (Bab 3)
11. Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (173kB)
[img] Text (Bab 4)
12. Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (Bab 5)
13. Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (114kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
14. Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (118kB)

Abstract

Marvel cinematic universe mengangkat tema yang berbeda dari kebanyakan film Hollywood dimana film Marvel mengangkat tentang semesta orang-orang yang memiliki kekuatan super dan menampilkan adegan yang merepresentasikan bentuk hegemoni serta hiperrealitas ideologi hegemoni tersebut dan penelitian mengenai konsep hiperrealitas masih sangat jarang ditemukan. Maka tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana ideologi Amerika di representasikan dan bentuk sinergi antara hiperrealitas, hegemoni serta ekonomi politik media dan menjadi salah satu rujukan yang berguna bagi penelitian selanjutnya. Penelitian ini menggunakan teori hiperrealitas Jean Baudrillard dan hegemoni Vincent Mosco mengenai Ekonomi Politik Media, penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan analisis semiotika John Fiske yang terbagi dalam tiga tingkatan yaitu, realitas, representasi, dan ideologi. Objek penelitian ini adalah beberapa potongan gambar dalam film Marvel yaitu Captain America dan Iron man yang merepresentasikan bentuk hiperrealitas hegemoni Amerika. Ideologi Amerika di representasikan dalam film Captain America yang berlatar belakang perang dunia ke dua dan berhasil di menangkan oleh Amerika dan secara tidak langsung menjadi aktor yang berperan dalam usaha penyelesaian konflik dalam kedua perang tersebut. Hiperrealitas hegemoni budaya Amerika selain citraan gambar yang ditampilkan, film-film Marvel juga diceritakan terjadi di kota-kota besar di Amerika Serikat. Film ini mampu menggambarkan konsep hegemoni berupa propaganda dalam industry media massa khususnya dalam film yang merepresentasikan hiperrealitas Jean Baudrillard dan menjelaskan bagaimana bentuk hiperrealitas yang tercipta dari film itu sendiri dikomodifikasikan sehingga proses simulacrum dalam film mengenai super hero ini sejalan dengan konsep ekonomi politik media Vincent Mosco dimana hubungan kekuasaan yang saling menguntungkan antara sumber-sumber produksi, distribusi, dan konsumsi, termasuk didalamnya sumber-sumber yang terkait dengan komunikasi. Jajaran film Marvel seperti Captain America, Iron Man, dan the Avengers seolah-olah membangun image bagi dunia internasional bahwa Amerika Serikat adalah super hero tetap yang melindungi dan menjaga keamanan dan perdmaian dunia. Kata Kunci: Hegemoni, Semiotika, Hiperrealitas, Film Amerika. Marvel Cinematic Universe brings a different theme of any Hollywood movies that Marvel create the universe full of super human and shows a lot of scene that represent the hegemony form and hyper-reality of ideology, this kind of research rarely founded. The point of this research is to realize how the America ideology represented and also the synergy between hyper-reality, hegemony, and economics politic of media. This research is using the hyper-reality theory from Jean Baudrillard and economics politic of media from Vincent Mosco, this research is qualitative with John Fiske Semiotic analysis. The main object of this research are various of scene in the Marvel movie which is Captain America and Iron Man that represent the form of America hegemony hyper-reality. America ideology represented in Captain America movie that took place on 2nd world war and also defeated by America and implicitly become and actor in effort to make a conflict settlement in that war. Most of Marvel movies took place on various big city in America, this movie capable to describe the concept of hegemony such as propaganda in media industry especially in a movie that shows how the hyper-reality created then become commodity and the simulacrum itself is along with Vincent Mosco Concept about economics politic of media where the relation between power and beneficial among the production, distribution, and consumption. Marvel movie such as Captain America and Iron Man as if created an image that America is a permanent super hero who protects and maintain the world peace. Keyword: Hegemony, Semiotic, Hypereality, American Movie.

Item Type: Thesis (S2)
Call Number CD: CDT-552-18-025
NIM/NIDN Creators: 55215120020
Uncontrolled Keywords: Hegemony, Semiotic, Hypereality, American Movie.MEDIA, manajemen bisnis dan industri media
Subjects: 300 Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 300. Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 302 Social Interaction, Interpersonal Relations/Interaksi Sosial, Hubungan Antarpersonal > 302.2 Communication/Komunikasi
Divisions: Pascasarjana > Magister Ilmu Komunikasi
Depositing User: MELATI CAHYA FITRIANI
Date Deposited: 30 Mar 2022 07:32
Last Modified: 20 Jun 2022 06:38
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/59123

Actions (login required)

View Item View Item