STRATEGI TIM DIGITAL MARKETING TELEVISI ONLINE DALAM MENINGKATKAN JUMLAH PENONTON (Studi Kasus Televisi Online Visualtv.live)

SYAHBANA, FAJAR (2018) STRATEGI TIM DIGITAL MARKETING TELEVISI ONLINE DALAM MENINGKATKAN JUMLAH PENONTON (Studi Kasus Televisi Online Visualtv.live). S2 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta-Menteng.

[img]
Preview
Text (Cover)
1. HALAMAN JUDUL.pdf

Download (310kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Abstrak)
2. ABSTRAK.pdf

Download (179kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Surat Pengesahan)
3. SURAT PENGESAHAN.pdf

Download (188kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Lembar Pengesahan)
4. LEMBER PENGESAHAN.pdf

Download (370kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Kata Pengantar)
5. KATA PENGANTAR.pdf

Download (156kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Isi)
6. DAFTAR ISI.pdf

Download (156kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Tabel)
7. DAFTAR TABEL.pdf

Download (142kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Gambar)
8. DAFTAR GAMBAR.pdf

Download (162kB) | Preview
[img] Text (Bab 1)
9. BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (354kB)
[img] Text (Bab 1)
10. BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (624kB)
[img] Text (Bab 3)
11. BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (185kB)
[img] Text (Bab 4)
12. BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (Bab 5)
13. BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (103kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
14. DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (328kB)
[img] Text (Lampiran)
15. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (188kB)

Abstract

Industri Media Online diperkirakan akan bersinar di tahun ini. Pasalnya, pertumbuhan industri ini menemukan momentumnya saat populasi pengguna ponsel pintar melonjak, penggunaan internet semakin mudah dijangkau dan tingginya minat masyarakat dalam menggunakan media digital. Dengan menjamurnya media online di Indonesia untuk mendapatkan kue iklan, persaingan pun mulai muncul. Salah satu media online yang ikut meramaikan di belantika dunia online Indonesia adalah Visualtv.live, Visualtv.live memposisikan diri sebagai televisi online atau portal video yang menyajikan berita dan gaya hidup. Pendekatan teoritis dalam penelitian ini adalah model SOSTAC, SOSTAC adalah singkatan atau ringkasan tahapan-tahapan proses strategi pemasaran oleh Paul R. Smith (1990), Digital Strategy oleh Bud Caddel, Marketing Mix (4P) oleh Kotler & Amstrong dan Fungsi Manejemen (POAC) oleh George R. Terry. Penelitian ini menggunakan metode studi kasus, dengan pendekatan kualitatif dan menggunakan paradigma konstruktivisme. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara mendalam dengan Chief Marketing Officer, Digital Marketing, Social Media Specialist dan Search Engine Optimization Visualtv.live. Proses pembuatan strategi tim digital marketing dimulai dengan proses perencanaan strategi yaitu dengan mencari kelemahan dan kelebihan dari Visualtv.live, melihat pesaing dan menentukan tujuan utama dari perusahaan. Lalu saat implementasi strategi dilakukan melalui kampanye digital yaitu dengan melakukan pemilihan platform digital. Platform digital dipilih berdasarkan target penonton dari Visualtv.live. Setelah itu dilakukan proses evaluasi dengan menggunakan analytic dari platform digital yang digunakan. Kata Kunci: Online Media, Online Televison, SOSTAC, Marketing Mix, Function Management Online media industry is expected to shine this year. The Reason, the growth of this industry to find momentum when smart phone users jumped, the use of the internet is increasingly easy and affordable by the community in using digital media. With the proliferation of online media in Indonesia to get the advertising cake, competition began to emerge. One of the online media that enliven the online world of Indonesia is Visualtv.live, Visualtv.live position itself as an online television or video portal that presents news and lifestyle. Cost theory in this research is SOSTAC model, SOSTAC is performance process based on Paul R. Smith (1990), Digital Strategy by Bud Caddel, Marketing Mix by Kotler & Armstrong and Function Management (POAC) by George R. Terry. This research uses case study method, with qualitative approach and using constructivism paradigm. Data collection techniques conducted, interviews with Chief Marketing Officer, Digital Marketing, Social Media Specialist and Search Engine Optimization Visualtv.live. The process of developing a digital marketing team strategy begins with visualization, looking at the competition and determining the main obejectives of the company. Then the current strategy is done through a digital campaign that is by choosing a digital paltform. Selected digital platform based on target audience from visualtv.live. After that done the process by using analityc from the digital platform used. Key words: Online Media, Online Televison, SOSTAC, Marketing Mix, Function Management

Item Type: Thesis (S2)
Call Number CD: CDT-552-18-011
NIM/NIDN Creators: 55215120018
Uncontrolled Keywords: Online Media, Online Televison, SOSTAC, Marketing Mix, Function, CORCOM, korporate komunikasi dan komunikasi pemasaran
Subjects: 300 Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 300. Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 302 Social Interaction, Interpersonal Relations/Interaksi Sosial, Hubungan Antarpersonal > 302.2 Communication/Komunikasi
Divisions: Pascasarjana > Magister Ilmu Komunikasi
Depositing User: MELATI CAHYA FITRIANI
Date Deposited: 30 Mar 2022 04:22
Last Modified: 20 Jun 2022 04:41
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/59085

Actions (login required)

View Item View Item