PERAN PUBLIC RELATIONS DALAM MENINGKATKAN MUTU PELAYANAN RUMAH SAKIT BHAKTI ASIH CILEDUG KOTA TANGERANG

ANANDA, KHARISSA AULIA (2020) PERAN PUBLIC RELATIONS DALAM MENINGKATKAN MUTU PELAYANAN RUMAH SAKIT BHAKTI ASIH CILEDUG KOTA TANGERANG. S1-Sarjana thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.

[img]
Preview
Text (HAL COVER)
1 Cover.pdf

Download (173kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2. Abstrak.pdf

Download (178kB) | Preview
[img]
Preview
Text (LEMBAR PERNYATAAN)
3. LEMBAR PERNYATAAN.pdf

Download (104kB) | Preview
[img]
Preview
Text (LEMBAR PENGESAHAN)
4. LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (168kB) | Preview
[img]
Preview
Text (KATA PENGANTAR)
5. KATA PENGANTAR.pdf

Download (192kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
6. DAFTAR ISI.pdf

Download (169kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
7. BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (255kB)
[img] Text (BAB II)
8. BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (363kB)
[img] Text (BAB III)
9. BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (195kB)
[img] Text (BAB IV)
10. BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (548kB)
[img] Text (BAB V)
11. BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (174kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
12. DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (176kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
14. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (566kB)

Abstract

The development of the number of health agencies has encouraged hospitals to work more to stay afloat and gain patient sympathy and trust. One of the efforts made by the Hospital Bhakti Asih Ciledug Tangerang City is to establish aspects of Public Relations in the form of maintaining good relations with patients. Touch of Public Relations that provide good service to patients can create a positive perception of the patient's image of the health agency Bhakti Asih Hospital Ciledug, Tangerang City. This research uses a qualitative approach with descriptive methods. This study took part in the Public Relations of the Tangerang City Hospital Bhakti Asih Ciledug as the subject of the study and chose Novia Herawati as the Public Relations staff of the City Hospital Bhakti Asih Ciledug Tangerang, as well as two outpatients Bhakti Asih Ciledug Hospital Tangerang City (Andi Fauzan and Lisnawati) as informants. This research was conducted by in-depth interview. The results of this study discuss the strategy of the City of Bhakti Asih Ciledug Tangerang City in handling complaints, the role of Public Relations Hospital of the City of Bhakti Asih Ciledug Tangerang in improving the quality of services and businesses undertaken by the Bhakti Asih Ciledug Hospital in Tangerang City in improving the quality of services. This study concludes that the Hospital of Bhakti Asih Ciledug Tangerang City runs several activities to improve service quality. The strategy used is to carry out communication technicians, among others, to take action and communicate, among others, work with external parties. The efforts made by the Public Relations Hospital of Bhakti Asih Ciledug in Tangerang City are to inform the information and services available in the hospital such as the availability of the Customer Service division that provides counseling about services in the hospital. Keywords: The Role, Public Relations, Improving Service Quality Perkembangan jumlah instansi kesehatan mendorong rumah sakit untuk bekerja lebih agar tetap bertahan dan mendapatkan simpati serta kepercayaan pasien. Salah satu upaya yang dilakukan oleh RS Bhakti Asih Ciledug Kota Tangerang yakni dengan menetapkan aspek Public Relations dalam bentuk menjaga hubungan baik dengan pasien. Sentuhan Public Relations yang memberikan pelayanan yang baik kepada pasien dapat menciptakan persepsi citra positif pasien terhadap instansi kesehatan RS Bhakti Asih Ciledug Kota Tangerang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deksriptif. Penelitian ini mengambil bagian Public Relations dari RS Bhakti Asih Ciledug Kota Tangerang sebagai subyek penelitian dan memilih Novia Herawati selaku staf Public Relations RS Bhakti Asih Ciledug Kota Tangerang, serta dua pasien rawat jalan RS Bhakti Asih Ciledug Kota Tangerang (Andi Fauzan dan Lisnawati) sebagai informan. Penelitian ini dilakukan dengan cara wawancara mendalam. Hasil penelitian ini membahas tentang strategi RS Bhakti Asih Ciledug Kota Tangerang dalam menangani keluhan, peran Public Relations RS Bhakti Asih Ciledug Kota Tangerang dalam meningkatkan mutu pelayanan dan usaha yang dilakukan RS Bhakti Asih Ciledug Kota Tangerang dalam meningkatkan mutu pelayanan. Penelitian ini menyimpulkan bahwa Rumah Sakit Bhakti Asih Ciledug Kota Tangerang menjalankan beberapa kegiatan guna meningkatkan mutu pelayanan. Strategi yang digunakan adalah melakukan teknisi komunikasi antara lain digunakan adalah melakukan tindakan dan berkomunikasi antara lain melakukan kerja dengan pihak eksternal. Upaya-upaya yang dilakukan Public Relations Rumah Sakit Bhakti Asih Ciledug Kota Tangerang adalah memberitahukan informasi-informasi dan layanan-layanan yang ada di rumah sakit seperti tersedianya divisi Pelayanan Pelanggan yang memberikan penyuluhan tentang layanan-layanan yang ada dirumah sakit. Kata Kunci : Peran, Public Relations, Meningkatkan Mutu Pelayanan

Item Type: Thesis (S1-Sarjana)
NIM: 44215010054
Uncontrolled Keywords: Peran, Public Relations, Meningkatkan Mutu Pelayanan
Subjects: 200 Religion/Agama > 260 Christian Social Theology/Teologi Sosial Kristen > 268 Religious Education/Pendidikan Agama Kristen, Pengajaran Agama Kristen > 268.7 Services/Pelayanan
600 Technology/Teknologi > 650 Management, Public Relations, Business and Auxiliary Service/Manajemen, Hubungan Masyarakat, Bisnis dan Ilmu yang Berkaitan > 657 Accounting/Akuntansi > 657.8 Accounting for Enterprises Enganged in Specific Kinds of Activities/Akuntansi Usaha yang Bergerak dalam Jenis Kegiatan Tertentu
600 Technology/Teknologi > 650 Management, Public Relations, Business and Auxiliary Service/Manajemen, Hubungan Masyarakat, Bisnis dan Ilmu yang Berkaitan > 657 Accounting/Akuntansi > 657.8 Accounting for Enterprises Enganged in Specific Kinds of Activities/Akuntansi Usaha yang Bergerak dalam Jenis Kegiatan Tertentu > 657.83 Service and Professionals Activities/Kegiatan Pelayanan dan Profesional
600 Technology/Teknologi > 650 Management, Public Relations, Business and Auxiliary Service/Manajemen, Hubungan Masyarakat, Bisnis dan Ilmu yang Berkaitan > 659 Advertising and Public Relations/Periklanan, Reklame, Pariwara, Iklan, Sponsor, Humas, Hubungan Masyarakat > 659.2 Public Relations/Hubungan Masyarakat
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Hubungan Masyarakat
Depositing User: Dede Muksin Lubis
Date Deposited: 04 Nov 2020 05:50
Last Modified: 04 Nov 2020 05:50
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/57966

Actions (login required)

View Item View Item