PERBAIKAN KUALITAS PELAYANAN AKADEMIK SMK PERBANKAN INDONESIA KARAWANG DENGAN MENGGUNAKAN METODE IMPORTANCE PERFORMANCE ANALYSIS (IPA) DAN KANO

SAPINAH, PIPIN (2017) PERBAIKAN KUALITAS PELAYANAN AKADEMIK SMK PERBANKAN INDONESIA KARAWANG DENGAN MENGGUNAKAN METODE IMPORTANCE PERFORMANCE ANALYSIS (IPA) DAN KANO. S2 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta-Menteng.

[img]
Preview
Text (Cover)
1. Halaman Judul.pdf

Download (62kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Abstrak)
2. Abstrak.pdf

Download (53kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Surat Pernyataan)
3. Surat Pernyataan.pdf

Download (479kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Lembar Pengesahan)
4. Lembar Pengesahan.pdf

Download (468kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Kata Pengantar)
5. KATA PENGANTAR.pdf

Download (84kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Isi)
6. Daftar Isi.pdf

Download (53kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Tabel)
7. Daftar Tabel.pdf

Download (51kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Gambar)
8. Daftar Gambar.pdf

Download (49kB) | Preview
[img] Text (Bab 1)
9. BAB 1 (File ini berisi Bab 1).pdf
Restricted to Registered users only

Download (101kB)
[img] Text (Bab 2)
10. BAB 2 (File ini berisi Bab 2).pdf
Restricted to Registered users only

Download (358kB)
[img] Text (Bab 3)
11. BAB 3 (File ini berisi Bab 3).pdf
Restricted to Registered users only

Download (279kB)
[img] Text (Bab 4)
12. BAB 4 (File ini berisi Bab 4).pdf
Restricted to Registered users only

Download (350kB)
[img] Text (Bab 5)
13. BAB 5 (File ini berisi Bab 5).pdf
Restricted to Registered users only

Download (118kB)
[img] Text (Bab 6)
14. BAB 6 (File ini berisi Bab 6).pdf
Restricted to Registered users only

Download (55kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
15. Daftar Pustaka (File ini berisi Daftar Pustaka).pdf
Restricted to Registered users only

Download (139kB)
[img] Text (Lampiran)
16. Lampiran (File ini berisi Lampiran).pdf
Restricted to Registered users only

Download (148kB)

Abstract

The success of any educational institution is able to provide better quality for its service users. The purpose of this research is to know the perception and expectation of customer satisfaction to education service by IPA method, know the category of satisfaction of service education variable with Kano method and recommend improvement of service quality of education service at SMK Banking Indonesia karawang. The method developed to measure the quality of service is Servqual method, to determine the research variables that are adjusted to the National Education Standards and the statement items in the school accreditation issued by the School Accreditation Board and the academic rules and code of ethics applicable in SMK Banking Indonesia Karawang. The main result of this research is the delivery given by SMK Banking Indonesia Karawang not satisfy the students, besides based on variable mapping in cartesian diagram obtained variable that must be fixed that is in quadrant A (Main Priority), such as Appearance of teacher clean and neat , The maintenance of cleanliness and neatness of the school environment, The existence of information media when the acceptance of new learners, teacher discipline in the presence, Extracurricular existence for student activities, the teacher creates an active learning atmosphere and fun, the teacher has knowledge and flexibility of communication in the provision of information, TU / employees in helping the problems of learners, Providing good motivation during KBM or outside KBM. While the mapping of the category of Kano Categorized Must-be is tangible dimension, reliability, responsiveness. While the one-dimensional category that is the dimension of assurance and emphaty. Keywords: Quality of service, level of reality, level of expectation, Servqual, Importance Performance Analysis (IPA), Kano Kesuksesan setiap institusi pendidikan adalah mampu memberikan kualitas yang lebih baik bagi pengguna jasanya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui persepsi dan harapan kepuasan pelanggan terhadap jasa layanan pendidikan dengan metode IPA, mengetahui kategori kepuasan variabel jasa layanan pendidikan dengan metode Kano serta merekomendasikan perbaikan kualitas jasa layanan pendidikan di SMK Perbankan Indonesia karawang. Metode yang dikembangkan untuk mengukur kualitas layanan adalah metode Servqual, untuk menentukan variabel penelitian yang disesuaikan dengan Standar Nasional Pendidikan dan butir-butir pernyataan dalam akreditasi sekolah yang diterbitkan oleh Badan Akreditasi Sekolah serta peraturan akademik dan kode etik yang berlaku di SMK Perbankan Indonesia Karawang. Hasil utama penelitian ini adalah pelayana yang diberikan oleh SMK Perbankan Indonesia Karawang belum memuaskan peserta didik, selain itu berdasarkan pemetaan variabel pada diagram kartesius diperoleh variabel yang harus segera diperbaiki yaitu yang berada pada kuadran A (Prioritas Utama), diantaranya Penampilan guru yang bersih dan rapih, Terjaganya kebersihan dan kerapihan lingkungan sekolah, Adanya media informasi saat penerimaan peserta didik baru, Disiplin guru dalam kehadiran, Adanya Ekstakulikuler untuk kegiatan siswa/i, Guru menciptakan suasana belajar yang aktif dan menyenangkan, Guru mempunyai pengetahuan dan keluwesan komunikasi dalam pemberian informasi, Kecakapan TU/karyawan dalam membantu permasalahan peserta didik, Pemberian motivasi baik saat KBM maupun diluar KBM. Sedangkan dari pemetaan kategori Kano yang berkategori Must-be yaitu dimensi tangible, reliability, responsiveness. Sedangkan yang berkategori One-dimensional yaitu dimensi assurancedan emphaty. Kata Kunci : Kualitas layanan, tingkat kenyataan, tingkat harapan, Servqual, Importance Performance Analysis (IPA), Kano

Item Type: Thesis (S2)
Call Number CD: CDT-553-17-046
NIM/NIDN Creators: 55315110034
Uncontrolled Keywords: Kualitas layanan, tingkat kenyataan, tingkat harapan, Servqual, Importance Performance Analysis (IPA), Kano, Quality of service, level of reality, level of expectation, Servqual, Importance Performance Analysis (IPA), Kano, MTI, Teknologi Industri
Subjects: 600 Technology/Teknologi > 670 Manufacturing/Manufaktur, Pabrik-pabrik
Divisions: Pascasarjana > Magister Teknik Industri
Depositing User: ORYZA LUVITA
Date Deposited: 14 Mar 2022 05:01
Last Modified: 09 Jul 2022 03:40
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/57909

Actions (login required)

View Item View Item