PEMANFAATAN MEDIA SOSIAL INSTAGRAM SEBAGAI MEDIA KOMUNIKASI HUMAS PADA UNIT KEGIATAN MAHASISWA KELUARGA MAHASISWA KATOLIK DI UNIVERSITAS MERCU BUANA KAMPUS MERUYA JAKARTA (Studi Kualitatif Deskriptif terhadap media Instagram @kmk_mercubuana)

PUTRI, MARIA ROSARI DWINA (2020) PEMANFAATAN MEDIA SOSIAL INSTAGRAM SEBAGAI MEDIA KOMUNIKASI HUMAS PADA UNIT KEGIATAN MAHASISWA KELUARGA MAHASISWA KATOLIK DI UNIVERSITAS MERCU BUANA KAMPUS MERUYA JAKARTA (Studi Kualitatif Deskriptif terhadap media Instagram @kmk_mercubuana). S1-Sarjana thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.

[img]
Preview
Text (HAL COVER)
1. Cover.pdf

Download (182kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2. Abstrak.pdf

Download (191kB) | Preview
[img]
Preview
Text (LEMBAR PERNYATAAN)
3. Lembar Pernyataan.pdf

Download (243kB) | Preview
[img]
Preview
Text (LEMBAR PENGESAHAN)
4. Lembar Pengesahan.pdf

Download (345kB) | Preview
[img]
Preview
Text (KATA PENGANTAR)
5. Kata Pengantar.pdf

Download (223kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
6. Daftar Isi.pdf

Download (320kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR GAMBAR)
7. Daftar Gambar.pdf

Download (193kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
8. Bab 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (313kB)
[img] Text (BAB II)
9. Bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (457kB)
[img] Text (BAB III)
10. Bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (241kB)
[img] Text (BAB IV)
11. Bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (289kB)
[img] Text (BAB V)
12. Bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (181kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
13. Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (231kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
14. Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (539kB)

Abstract

Social Media has become a daily media that everyone opens on their communication tools, with social media can do anything even more effectively about the time and place and do not know the geographical location. Likewise with one of the Student Activity Units namely Student Families Catholics or commonly called KMK, use Instagram as their group's communication media. In this study, we want to explain how the new media as a forum for communication in one organization, and find out how KMK is used as a communication tool through new media that can be used by many people. In this study using a qualitative method with data collection techniques that are conducting observations, interviews and also documentation. Based on the results of this study, the reason for this KMK members using Instagram as a media communication tool is because with Instagram that has been used by many people the use of the application is easier to access, especially among teenagers and students today. That way it will be easy to establish relationships and be able to network social interaction networks with KMK members and non-members widely. Keywords: Social Media, Instagram, Group Communication Media Sosial sudah menjadi media sehari-hari yang setiap orang buka pada alat komunikasi mereka, dengan media sosial tersebut bisa melakukan apa saja bahkan bisa lebih efektif soal waktu dan tempat serta tak mengenal letak geografis.Begitu juga dengan salah satu Unit Kegiatan Mahasiswa yaitu Keluarga Mahasiswa Katolik atau yang biasa disebut KMK, menggunakan Instagram sebagai media komunikasi kelompok mereka. Pada penelitian ini ingin menjelaskan bagaiman media baru sebagai wadah komunikasi pada satu organisasi, dan mengetahui bagaimana KMK menggunakan sebagai alat komunikasi melalui media baru yang bisa digunakan banyak orang. Pada penelitian ini menggunakan metode Kualitatif dengan teknik pengambilan data yaitu melakukan Observasi, Wawancara dan juga Dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian ini, alasan anggota KMK ini menggunakan Instagram sebagai alat media komunikasi kelompok karena dengan Instagram yang sudah dipakai banyak orang pemakaian aplikasi tersebut lebih mudah untuk diakses terutama pada kalangan remaja dan mahasiswa jaman sekarang. Dengan begitu akan mudah menjalin hubungan dan dapat mengaskes jaringan interaksi sosial dengan anggota KMK maupun yang bukan anggota secara luas. Kata Kunci : Media Sosial, Instagram, Komunikasi Kelompok

Item Type: Thesis (S1-Sarjana)
NIM: 44215010081
Uncontrolled Keywords: Media Sosial, Instagram, Komunikasi Kelompok
Subjects: 000 Computer Science, Information and General Works/Ilmu Komputer, Informasi, dan Karya Umum > 070 Documentary Media, Educational Media, News Media, Journalism, Publishing/Media Dokumenter, Media Pendidikan, Media Berita, Jurnalisme, Penerbitan > 070.1-070.9 Standard Subdivisions of Documentary Media, Educational Media, News Media, Journalism, Publishing/Subdivisi Standar Dari Media Dokumenter, Media Pendidikan, Media Berita, Jurnalisme, Penerbitan > 070.1 Documentary Media, Educational Media, News Media/Media Dokumenter, Media Pendidikan, Media Berita > 070.17 Print Media/Media Cetak
000 Computer Science, Information and General Works/Ilmu Komputer, Informasi, dan Karya Umum > 070 Documentary Media, Educational Media, News Media, Journalism, Publishing/Media Dokumenter, Media Pendidikan, Media Berita, Jurnalisme, Penerbitan > 070.1-070.9 Standard Subdivisions of Documentary Media, Educational Media, News Media, Journalism, Publishing/Subdivisi Standar Dari Media Dokumenter, Media Pendidikan, Media Berita, Jurnalisme, Penerbitan > 070.1 Documentary Media, Educational Media, News Media/Media Dokumenter, Media Pendidikan, Media Berita > 070.19 Broadcast Media/Media Broadcast
300 Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 300. Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 302 Social Interaction, Interpersonal Relations/Interaksi Sosial, Hubungan Antarpersonal > 302.2 Communication/Komunikasi
300 Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 300. Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 302 Social Interaction, Interpersonal Relations/Interaksi Sosial, Hubungan Antarpersonal > 302.2 Communication/Komunikasi > 302.23 Media (Means of Communication)/Media (Sarana Komunikasi)
600 Technology/Teknologi > 650 Management, Public Relations, Business and Auxiliary Service/Manajemen, Hubungan Masyarakat, Bisnis dan Ilmu yang Berkaitan > 657 Accounting/Akuntansi > 657.8 Accounting for Enterprises Enganged in Specific Kinds of Activities/Akuntansi Usaha yang Bergerak dalam Jenis Kegiatan Tertentu > 657.84 Communications and Entertainment Media/Media Komunikasi dan Hiburan
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Hubungan Masyarakat
Depositing User: Dede Muksin Lubis
Date Deposited: 10 Oct 2020 08:21
Last Modified: 10 Oct 2020 08:21
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/57625

Actions (login required)

View Item View Item