EDUKASI INTERAKTIF PAKAIAN ADAT TRADISIONAL BERBASIS WEBSITE MENGGUNAKAN ALGORITMA FISHER YATES SHUFFLE

SA'BANIYYAH, KHOIRUNNISA (2020) EDUKASI INTERAKTIF PAKAIAN ADAT TRADISIONAL BERBASIS WEBSITE MENGGUNAKAN ALGORITMA FISHER YATES SHUFFLE. S1-Sarjana thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.

[img] Text (JURNAL MAHASISWA)
JURNAL.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Indonesia is an archipelago that has thousands of islands with diverse tribes and has a variety of traditional clothing. So as to introduce the diversity of traditional clothing in Indonesia it is necessary to be able to remind the public, especially children, to get to know culture, with the development of existing technology, interactive educational games on traditional website-based traditional clothing are felt to be necessary to answer the problem. Meanwhile, this application is in the form of a guessing game, the player is asked to compile the existing custom clothing puzzle first to be able to answer the questions given, after the player answers the question, the application will display information about the custom clothing. To randomize the questions this application is built using the Fisher-Yates Shuffle algorithm, which gives a different sequence of questions to each player even if played at the same time. Visual Studio Express 2017 is used to design this application, while processing its database using MySql. Keywords: Education, Traditional Clothing, Shuffle Fisher-Yates, Quizzes, Guess Images Indonesia merupakan negara kepulauan yang memiliki ribuan pulau dengan beragam suku serta memiliki berbagai macam pakaian adat. Sehingga memperkenalkan keragaman pakaian adat di Indonesia dirasa perlu untuk dapat mengingatkan masyarakat khususnya anak-anak untuk mengenal kebudayaan, dengan perkembangan teknologi yang ada saat ini game edukasi interaktif pakaian adat tradisional berbasis website dirasa perlu hadir menjawab permasalahan tersebut. Adapun, aplikasi ini berupa permainan tebak gambar, pemain diminta untuk menyusun puzzle pakaian adat yang ada terlebih dahulu untuk dapat menjawab pertanyaan yang diberikan, setelah pemain menjawab pertanyaaan, aplikasi akan menampilkan informasi mengenai pakaian adat tersebut. untuk mengacak soal aplikasi ini dibangun menggunakan algoritma Fisher-Yates Shuffle, yang memberikan urutan pertanyaan berbeda pada tiap pemain meskipun dimainkan dalam waktu bersamaan. Visual Studio Express 2017 digunakan untuk merancang aplikasi ini, sementara untuk mengolah database-nya menggunakan MySql. Kata kunci: Edukasi, Pakaian Adat, Fisher-Yates Shuffle, Kuis, Tebak Gambar

Item Type: Thesis (S1-Sarjana)
NIM: 41514120055
Uncontrolled Keywords: Edukasi, Pakaian Adat, Fisher-Yates Shuffle, Kuis, Tebak Gambar
Subjects: 000 Computer Science, Information and General Works/Ilmu Komputer, Informasi, dan Karya Umum > 000. Computer Science, Information and General Works/Ilmu Komputer, Informasi, dan Karya Umum > 004 Data Processing, Computer Science/Pemrosesan Data, Ilmu Komputer, Teknik Informatika
000 Computer Science, Information and General Works/Ilmu Komputer, Informasi, dan Karya Umum > 000. Computer Science, Information and General Works/Ilmu Komputer, Informasi, dan Karya Umum > 004 Data Processing, Computer Science/Pemrosesan Data, Ilmu Komputer, Teknik Informatika > 004.6 Interfacing and Communications/Tampilan Antar Muka (Interface) dan Jaringan Komunikasi Komputer
000 Computer Science, Information and General Works/Ilmu Komputer, Informasi, dan Karya Umum > 000. Computer Science, Information and General Works/Ilmu Komputer, Informasi, dan Karya Umum > 006 Special Computer Methods/Metode Komputer Tertentu > 006.7 Multimedia Systems/Sistem-sistem Multimedia > 006.75 Social Multimedia/Multimedia Social
000 Computer Science, Information and General Works/Ilmu Komputer, Informasi, dan Karya Umum > 000. Computer Science, Information and General Works/Ilmu Komputer, Informasi, dan Karya Umum > 006 Special Computer Methods/Metode Komputer Tertentu > 006.7 Multimedia Systems/Sistem-sistem Multimedia > 006.75 Social Multimedia/Multimedia Social > 006.752 Blogs/Blog, Web Blog
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Informatika
Depositing User: Dede Muksin Lubis
Date Deposited: 24 Sep 2020 05:39
Last Modified: 24 Sep 2020 05:39
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/57277

Actions (login required)

View Item View Item