NURYANTO, WAHYU EKO (2019) ANALISIS KINERJA RUAS JALAN TEUKU UMAR DAN SIMPANG BERSINYAL SHINTA KOTA TANGERANG. S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.
|
Text (HAL JUDUL)
01 COVER.pdf Download (63kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
02 ABSTRAK.pdf Download (68kB) | Preview |
|
|
Text (LEMBAR PERNYATAAN)
03 LEMBAR PERNYATAAN.pdf Download (125kB) | Preview |
|
|
Text (LEMBAR PENGESAHAN)
04 LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (2MB) | Preview |
|
|
Text (KATA PENGANTAR)
05 KATA PENGANTAR.pdf Download (191kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
06 DAFTAR ISI.pdf Download (34kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR TABEL)
07 DAFTAR TABEL.pdf Download (39kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR GAMBAR)
08 DAFTAR GAMBAR.pdf Download (107kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR LAMPIRAN)
09 DAFTAR LAMPIRAN.pdf Download (27kB) | Preview |
|
Text (BAB I)
10 BAB I.pdf Restricted to Registered users only Download (120kB) |
||
Text (BAB II)
11 BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (699kB) |
||
Text (BAB III)
12 BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (148kB) |
||
Text (BAB IV)
13 BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
||
Text (BAB V)
14 BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (75kB) |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
15 DAFTAR PUSTAKA.pdf Restricted to Registered users only Download (56kB) |
||
Text (LAMPIRAN)
16 LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
Abstract
Seiring dengan perkembangan ekonomi di suatu wilayah tentunya kebutuhan akan pelayanan transportasi khususnya jaringan jalan akan semakin bertambah. Kondisi pelayanan jaringan jalan yang baik akan menunjang perekonomian yang baik. Kota Tangerang merupakan daerah dengan perkembangan kegiatan ekonomi yang pesat, akan tetapi masih banyak jaringan jalan yang kurang baik tingkat pelayanannya. Hal tersebut ditunjukkan dengan masih banyaknya kemacetan lalu-lintas jalan dengan antrian yang panjang di beberapa ruas-ruas jalan strategis di Kota Tangerang. Salah satu ruas jalan utama di Kota Tangerang yang mengalami kemacetan lalu-lintas hampir setiap hari adalah ruas jalan Teuku Umar dan simpang bersinyal Shinta. Oleh karena itu, tugas akhir ini bertujuan untuk menganalisis kinerja ruas jalan Teuku Umar dan simpang bersinyal Shinta serta mencari dan memberikan alternatif solusi berdasarkan Manual Kapasitas Jalan Indonesia (MKJI) 1997. Berdasarkan hasil survey dan analisis data yang telah dilakukan pada simpang bersinyal Shinta dan ruas jalan Teuku Umar Tangerang diketahui tingkat pelayanan simpang berada pada kategori F ((≥60 det/kend) dengan nilai tundaan rata-rata total sebesar 123,16 det/kend di pagi hari; 82,71 det/kend di siang hari; dan 86,92 det/kend di sore hari. Tingkat pelayanan pada ruas jalan Teuku Umar pada kondisi eksisting memiliki tingkat pelayanan (LOS) kategori C (Q/C = 0,45-0,69) untuk pagi dan siang hari, dengan nilai derajat kejenuhan (DS) sebesar 0,56 di pagi hari, dan 0,61 di siang hari, serta untuk sore hari pada ruas jalan Teuku Umar pada kondisi eksisting memiliki tingkat pelayanan (LOS) kategori D (Q/C = 0,70-0,84) dengan nilai derajat kejenuhan (DS) sebesar 0,71. Alternatif solusi yang lebih efektif untuk diterapkan pada simpang bersinyal Shinta meneurut hasil analisis adalah mengevaluasi waktu siklus dan merubah fase dari 4 fase menjadi 3 fase yang dapat memperbaiki tingkat pelayanan simpang menjadi lebih baik menjadi kategori C (15,1-25 det/kend). Sedangkan alternatif solusi untuk meningkatkan tingkat pelayanan pada ruas jalan Teuku Umar yaitu dengan menghilangkan hambatan samping (FSF = 1) menghasilkan nilai derajat kejenuhan yang lebih baik dibanding dengan kondisi eksisting yaitu 0,46 smp/jam di pagi hari; 0,49 smp/jam di siang hari dan 0,58 smp/jam di sore hari. Serta tingkat pelayanan jalan pada sore hari menjadi lebih baik yang semula memiliki kategori D (0,70-0,84) menjadi kategori C (0,45-0,69). Kata kunci : Fase, Ruas, Siklus, Simpang, Tingkat Pelayanan.
Actions (login required)
View Item |