ANALISIS KINERJA SIMPANG BERSINYAL DAN RUAS JALAN (STUDI KASUS JALAN CIDENG BARAT – JALAN CIDENG TIMUR – JALAN TANAH ABANG II JAKARTA PUSAT) DENGAN MENGGUNAKAN METODE MKJI 1997

YUNIAWAN, EKO NUR (2019) ANALISIS KINERJA SIMPANG BERSINYAL DAN RUAS JALAN (STUDI KASUS JALAN CIDENG BARAT – JALAN CIDENG TIMUR – JALAN TANAH ABANG II JAKARTA PUSAT) DENGAN MENGGUNAKAN METODE MKJI 1997. S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.

[img]
Preview
Text (HAL JUDUL)
1. COVER.pdf

Download (61kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
4. ABSTRAK.pdf

Download (65kB) | Preview
[img]
Preview
Text (LEMBAR PERNYATAAN)
3. LEMBAR PERNYATAAN KEASLIAN KARYA.pdf

Download (64kB) | Preview
[img]
Preview
Text (LEMBAR PENGESAHAN)
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (276kB) | Preview
[img]
Preview
Text (KATA PENGANTAR)
5. KATA PENGANTAR.pdf

Download (70kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
6. DAFTAR ISI.pdf

Download (33kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR TABEL)
7. DAFTAR TABEL.pdf

Download (322kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR GAMBAR)
8. DAFTAR GAMBAR.pdf

Download (74kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR LAMPIRAN)
9. DAFTAR LAMPIRAN.pdf

Download (197kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
10. BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (96kB)
[img] Text (BAB II)
11. BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB III)
12. BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (385kB)
[img] Text (BAB IV)
13. BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (970kB)
[img] Text (BAB V)
14. BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (72kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
15. DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (73kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
16. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (561kB)

Abstract

Persimpangan Cideng merupakan suatu simpang krusial yang berada di pusat kota dengan mobilitas tinggi. Simpang ini menjadi penghubung antara daerah Kota-Tanah Abang-Grogol-Gambir. Simpang ini akan menjadi sangat padat ketika memasuki jam-jam sibuk terutama pada waktu pagi dan sore hari dimana pekerja akan berangkat dan pulang, sehingga seringkali terjadi macet berkepanjangan. Tipe lingkungan jalan sekitar simpang empat tersebut merupakan daerah komersial, hal tersebut bisa dilihat dengan adanya pertokoan perkantoran, dan beberapa gedung pemerintahan yang akan mengakibatkan kemacetan pada ruas jalan tersebut dan banyak kendaraan yang keluar masuk di simpang jalan cukup banyak. Oleh karena itu penelitian dilakukan ini bertujuan untuk menganalisis kinerja simpang bersinyal Cideng dan kinerja ruas serta memberikan alternatif solusi guna mengoptomalkan penguraian kemacetan dengan berpedoman pada MKJI 1997. Untuk itu teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara survey langsung di lokasi simpang selama 2 hari kerja untuk mendapatkan data volume lalu - lintas, data geometri simpang, data hambatan samping dan data lampu lalu lintas. Berdasarkan analisis untuk hari tersibuk yaitu hari senin tanggal 4 Maret 2019 didapat bahwa kapasitas simpang tidak mampu menampung jumlah volume lalu - lintas yang melewati simpang. Hal itu terlihat dari masing - masing pendekat untuk nilai dan derajat kejenuhan (DS) >0.85 yang artinya jenuh. Dari hasil perhitungan eksisting didapat nilai Tundaan antara 109,11 det/smp – 230,48 det/smp yang artinya memiliki tingkat pelayanan F yaitu (sangat buruk). Alternatif solusi perbaikan yang dapat diberikan adalah dengan mengubah fase sinyal agar tiap pendekat mendapatkan waktu hijau yang lebih optimal, serta melakukan penyesuaian waktu siklus yang tepat terhadap volume kendaraan dari masing – masing pendekat. Hasil dari penerapan dua alternatif solusi tersebuit menghasilkan perubahan nilai tundaan yang berkurang signifikan disemua periode (pagi, siang, dan sore) seperti yang nilai nya antara 23,01det/smp – 23,76det/smp dengan indeks tingkat layan berubah dari F menjadi C. Setelah melakukan perbaikan pada kinerja simpang, kemudian dilakukan analisis ruas jalan diantaranya adalah dari arah Timur yaitu Jalan Tanah Abang II (2/2 UD), dari arah Utara yaitu Jalan Cideng Timur (3/1), dan dari arah Selatan Jalan Cideng Barat (3/1). Hasil yang didapat dari ketiga ruas jalan tersebut adalah tingkat pelayanan C yaitu cukup baik. Kata Kunci : Kinerja Simpang, Kinerja Ruas, Alternatif Solusi, MKJI 1997, Derajat Kejenuhan, Tingkat Pelayanan

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FT/SIP. 19 252
NIM/NIDN Creators: 41114010058
Uncontrolled Keywords: Kinerja Simpang, Kinerja Ruas, Alternatif Solusi, MKJI 1997, Derajat Kejenuhan, Tingkat Pelayanan
Subjects: 100 Philosophy and Psychology/Filsafat dan Psikologi > 150 Psychology/Psikologi > 158 Applied Psychology/Psikologi Terapan > 158.1 Personal Improvement and Analysis/Perbaikan Pribadi, Penghidupan yang Sukses
500 Natural Science and Mathematics/Ilmu-ilmu Alam dan Matematika > 510 Mathematics/Matematika > 511 General Principles of Mathematics
500 Natural Science and Mathematics/Ilmu-ilmu Alam dan Matematika > 510 Mathematics/Matematika > 511 General Principles of Mathematics > 511.4 Approxiamations and Expansions/Prakiraan dan Ekspansi
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Sipil
Depositing User: Dede Muksin Lubis
Date Deposited: 01 Mar 2022 02:45
Last Modified: 16 Sep 2022 01:48
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/56924

Actions (login required)

View Item View Item