KONTRUKSI REALITAS SOSIAL DAN EKONOMI MEDIA DALAM BERITA VIRUS CORONA DI KOMPAS.COM

AWIYANE, WAYAN TANTRE (2020) KONTRUKSI REALITAS SOSIAL DAN EKONOMI MEDIA DALAM BERITA VIRUS CORONA DI KOMPAS.COM. S2 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta-Menteng.

[img]
Preview
Text (COVER)
1. Cover.pdf

Download (763kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
2. BAB 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (128kB)
[img] Text (BAB II)
3. BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (346kB)
[img] Text (BAB III)
4. BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (71kB)
[img] Text (BAB IV)
5. BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB V)
6. BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (57kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
7. Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (114kB)
[img] Text (LAMIRAN)
8. Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (913kB)

Abstract

The media always strives to produce news that has a sale value because the mass media also has a business line or economic interest (profit), in other words the media is demanded to be able to meet the tastes of the audience. This is what then brings the difference in viewpoints between the media with one another in reporting an event. Plague Corona Virus becomes a great opportunity for the media to get the news. One online media which publishes corona virus news is Kompas.com. The purpose of this study is that researchers want to analyze more deeply how Kompas.com framing news about Corona Virus and analyzing how the value of the news. The research method in this study uses a qualitative descriptive approach, through the analysis of media texts as a description and social phenomena contained in Corona Virus. Data analysis in this study uses framing using the Robert N. Entman model. The subject of this research was Kompas.com, while the object of the research was news related to the corona virus from March to April 2020. Data collection techniques in this study used documentation and purposive sampling techniques, which were choosing samples based on characteristics that were considered to be used as research. The results of this study indicate that Kompas.com in reporting the corona virus by building different narratives to create an interest in the readers of the information reported, and News Value that can be seen are two elements namely the elements of impact and Human interest. Kompas.com always prioritizes economic ideology in frameing news related to the corona virus. Nevertheless, the author sees that Kompas.com tries to package news content with subtle and wise language to maintain its professionalism as a mass media that emphasizes universal, intelligent and professional values. Keywords: Framing Analysis, News, Corona Virus, and Kompas.com. Media selalu berusaha untuk menghasilkan pemberitaan yang memiliki nilai jual karena media massa juga memiliki lini bisnis atau kepentingan ekonomis (profit), dengan kata lain media tersebut dituntut untuk dapat memenuhi selera khalayak. Hal inilah yang kemudian membawa perbedaan sudut pandang antar media yang satu dengan media yang lainnya dalam memberitakan sebuah peristiwa. Mewabahnya Virus Corona menjadi peluang besar bagi media dalam memperoleh pemberitaan. Salah satu media online yang mempublish berita virus corona yakni Kompas.com. Tujuan dari penelitian ini peneliti ingin menganalisa lebih dalam bagaimana Kompas.com dalam melakukan framing tentang pemberitaan Virus Corona dan menganalisa bagaimana nilai pemberitaannya. Metode penelitian dalam penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif, melalui analisis teks media sebagai gambaran dan fenomena sosial yang terdapat dalam pemberitaan Virus Corona. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan framing menggunakan model Robert N. Entman. Subjek penelitian ini Kompas.com, sedangkan objek penelitiannya adalah pemberitaan terkait virus corona sejak bulan maret sampai bulan april tahun 2020. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik dokumentasi dan purposive sampling yaitu memilih sampel berdasarkan karateristik yang dianggap mewakili untuk dijadikan penelitian. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Kompas.com dalam memberitakan virus corona dengan membangun narasi yang berbeda-beda untuk menciptakan ketertarikan para pembaca terhadap informasi yang diberitakan, Serta Nilai Berita yang dapat dilihat ada dua unsur yakni unsur dampak dan Human interest. Kompas.com selalu mengedepankan ideologi ekonomi dalam melakukan frame atas pemberitaan terkait virus corona, Kendati demikian penulis melihat bahwa Kompas.com mencoba mengemas isi berita dengan bahasa yang halus dan bijak untuk menjaga profesionalitasnya sebagai media masa yang mengedepankan nilai-nilai universal, cerdas dan profesional. Kata kunci: Analisis Framing, Berita, Virus Corona, dan Kompas.com

Item Type: Thesis (S2)
Call Number: T-52-PCOM-20-005
NIM/NIDN Creators: 55218120017
Uncontrolled Keywords: Framing Analysis, News, Corona Virus, and Kompas.com. Analisis Framing, Berita, Virus Corona, dan Kompas.com
Subjects: 300 Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 300. Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 302 Social Interaction, Interpersonal Relations/Interaksi Sosial, Hubungan Antarpersonal > 302.2 Communication/Komunikasi
Divisions: Pascasarjana > Magister Ilmu Komunikasi
Depositing User: UMMI RAHMATUSSYIFA
Date Deposited: 24 Feb 2022 02:39
Last Modified: 24 Feb 2022 02:39
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/56718

Actions (login required)

View Item View Item