LAKSONO, FADLI (2019) KREATIVITAS KAMPANYE POLITIK BERBASIS KEARIFAN LOKAL DALAM PEMENANGAN DPR RI SARTONO, SE, MM PARTAI DEMOKRAT (Studi Kasus Daerah Pemilihan Ponorogo dan Pacitan). S2 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta-Menteng.
|
Text (COVER)
1. Halaman Judul.pdf Download (222kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2. Abstrak.pdf Download (263kB) | Preview |
|
|
Text (LEMBAR PENGESAHAN)
3. Lembar Pengesahan.pdf Download (124kB) | Preview |
|
|
Text (SURAT PERNYATAAN)
4. Surat Pernyataan.pdf Download (41kB) | Preview |
|
|
Text (KATA PENGANTAR)
5. Kata Pengantar.pdf Download (260kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
6. Rev Daftar Isi.pdf Download (334kB) | Preview |
|
Text (BAB 1)
7. Bab 1.pdf Restricted to Registered users only Download (417kB) |
||
Text (BAB 2)
8. Bab 2.pdf Restricted to Registered users only Download (961kB) |
||
Text (BAB 3)
9. Bab 3.pdf Restricted to Registered users only Download (419kB) |
||
Text (BAB 5)
11. Bab 5.pdf Restricted to Registered users only Download (219kB) |
||
Text (BAB 4)
10. Bab 4.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
12. Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (292kB) |
||
Text (LAMPIRAN)
13. Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
Abstract
The Contestants of the Election in 2019 experienced a very tight competition in which the election was the determining factor for who deserved a seat in the government. Candidates for people's representatives compete to convince the public to vote for him. They use various methods to win the sympathy of voters. One of them is Sartono, an incumbent candidate who fights for seats in the House of Representatives in the VII electoral district of East Java. What is the winning strategy done by Sartono to win votes? Sartono carried out the winning strategy through East Javanese culture by elevating local wisdom as a way to win the voice of the people of East Java. The purpose of this study is to find out how Sartono in determining Political strategies can improve electoral and win seats in the Indonesian Parliament in 2019-2024 through cultural-based creative messages. This research is a qualitative research using case studies. The data obtained through in-depth interviews with Mr. Sartono, the success team, volunteers, and such. The results of the study showed that Sartono's strategy was to develop the wisdom of East Java's culture by performing cultural festivals and events on the streets that turned out to be effective and succeeded in gaining support from the community. Conclusions and suggestions, namely in preparing a winning strategy in the election as a form of interaction that must be considered in preparing the steps what will be done both from the figure, fund rising, the winning team until finally that is political work. Keywords: Creativity, Political Campaign Strategy Kontestasi Pemilu 2019 mengalami persaingan yang sangat ketat dimana pada pemilu menjadi penentu siapa saja yang layak mendapatkan kursi di pemerintahan. Para calon wakil rakyat berlomba-lomba meyakinkan masyarakat untuk memilihnya. Mereka menggunakan berbagai cara guna meraih simpati pemilih. Salah satunya yaitu Sartono merupakan calon incumbent yang bertarung merebutkan kursi anggota DPR RI dapil VII Jawa Timur. Bagaimana Strategi pemenangan yang di lakukan Sartono untuk meraih suara. Sartono melakukan strategi pemenangan melalui budaya Jawa Timur dengan menangkat kearifan lokal sebagai cara untuk meraih suara masyarakat Jawa Timur. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui bagaimana Sartono dalam menentukan strategi Politik dapat meningkatkan elektoral dan meraih kursi DPR RI tahun 2019-2024 melalui pesan kreatif berbasis budaya. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif menggunakan studi kasus. Adapun data yang diperoleh melalui wawancara yang mendalam dengan pak Sartono, Tim sukses, relawan, dll. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi yang dilakukan Sartono yaitu dengan mengembangkan kearifan budaya Jawa timur dengan melakukan pergelaran dan festival budaya sampai ke jalanan ternyata berjalan efektif dan berhasil mendapatkan dukungan dari masyarakat. Kesimpulan dan saran yaitu dalam mempersiapkan strategi kemenangan dalam pemilu yaitu sebagai bentuk interaksi yang harus diperhatikan dalam menyusun langkah-langkah apa yang akan dilakukan baik dari figurnya, fund rising, tim kemenangan sampai akhirnya yaitu kerja politiknya. Kata Kunci : Kreativitas, Strategi Kampanye Politik, Budaya
Item Type: | Thesis (S2) |
---|---|
Call Number CD: | CDT-552-20-014 |
Call Number: | T-52-PCOM-20-003 |
NIM/NIDN Creators: | 55217120026 |
Uncontrolled Keywords: | Creativity, Political Campaign Strategy, Culture,Kreativitas, Strategi Kampanye Politik, Budaya, komunikasi politik |
Subjects: | 300 Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 300. Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 302 Social Interaction, Interpersonal Relations/Interaksi Sosial, Hubungan Antarpersonal > 302.2 Communication/Komunikasi |
Divisions: | Pascasarjana > Magister Ilmu Komunikasi |
Depositing User: | MELATI CAHYA FITRIANI |
Date Deposited: | 23 Feb 2022 07:25 |
Last Modified: | 27 Jun 2022 03:58 |
URI: | http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/56677 |
Actions (login required)
View Item |