LUBIS, DIANI EKA RAHMI (2019) KOMUNIKASI PERSUASIF MANAJEMEN ASTRAWORLD DALAM MENGATASI TENAGA KERJA OUTSOURCING YANG MENGUNDURKAN DIRI (Studi Kasus Pada Tenaga Kerja Outsourcing E-Channel Management AstraWorld Yang Mengundurkan Diri Tahun 2016). S2 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta-Menteng.
|
Text (HALAMAN COVER)
1. Halaman Cover.pdf Download (114kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2. Abstrak.pdf Download (110kB) | Preview |
|
|
Text (LEMBAR PENGESAHAN)
3. Lembar Pengesahan .pdf Download (124kB) | Preview |
|
|
Text (SURAT PERNYATAAN)
4. Surat Pernyataan .pdf Download (38kB) | Preview |
|
|
Text (KATA PENGANTAR)
5. Kata Pengantar.pdf Download (104kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
6. Daftar Isi.pdf Download (121kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR TABEL)
7.Daftar Tabel.pdf Download (185kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR GAMBAR)
8. Daftar Gambar.pdf Download (105kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR LAMPIRAN)
9. Daftar Lampiran.pdf Download (105kB) | Preview |
|
Text (BAB 1)
10 Bab 1.pdf Restricted to Registered users only Download (214kB) |
||
Text (BAB 2)
11. Bab 2.pdf Restricted to Registered users only Download (474kB) |
||
Text (BAB 3)
12. Bab 3.pdf Restricted to Registered users only Download (170kB) |
||
Text (BAB 4)
13. Bab 4.pdf Restricted to Registered users only Download (508kB) |
||
Text (BAB 5)
14. Bab 5.pdf Restricted to Registered users only Download (152kB) |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
15. Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (169kB) |
||
Text (LAMPIRAN)
16. Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (825kB) |
Abstract
In 2016 the phenomenon of resignation in the adjacent time also occurred in the Astraworld. The main reason for this resignation was due to operational hour adjustmenet. Astraworld Management successfully faced this situation. Eight of twelve employees whose submit resignation finally cancel their resignantion. This is what attracted the interest of the author to conduct research, how management of Astraworld conduct a persuasive communication and dealing with outsourcing employees who submited resignation in 2016. Leslie Baxter (Littlejhon: 302) in the dialectical relationship theory reveals that there are four things that are important in a relationship: one, the relationship is created because of dialogue: two, dialogue creates opportunity; three, relationships are dynamic; four, relationships are discourse. Meanwhile in the concept of persuasive communication there is menurul wilbur schram (Mulyana: 2004) states that communication is a process in which there is persuader, persuadee, persuasive messages, perceptions, channels and responses. This research is a qualitative study, with a case study perspective using the constructive paradigm. Data was collected through interviews with four main informants and three additional informants. The results state that the method used by Astraworld management in persuading employees is through group discussions and also individual interviews. In the process of persuasive language communication used by management tends to be informal to get closer to employees. The barriers for to persuading emplyees are the empoyee who are decline to change and not open minde . Both of these make it difficult for management to conduct persuasive communication. Keywords: Persuasive communication;Management; Astraworld Komunikasi manajemen yang kurang baik, sering berakibat pada pengunduran diri karyawan. Pada tahun 2016 Fenomena pengajuan pengunduran diri dalam waktu yang berdekatan juga terjadi pada perusahaan Astraworld. Penyebab utama diawalinya pengunduran diri ini dikarenakan adanya perubahan jam operational. Manajemen Astraworld berhasil mengatasi pengunduran diri karyawan. Dari 12 karyawan yang mengajukan pengunduran diri, 8 orang diantaranya merubah keputusan pengudnuran diri, sementara 4 lainnya tetap mengundurkan diri. Hal inilah yang menarik minat penulis untuk melakukan penelitian, bagaimana komunikasi persuasif manajemen Astrawolrd dalam mengatasi karyawan yang mengundurkan diri pada tahun 2016.. Penelitian ini menggunakan teori hubungan dialektika Baxter yang menyatakan bahwa satu, hubungan tercipta karena adanya dialog: dua, dialog menciptakan kesempatan; tiga, hubungan bersifat dinamis; empat, hubungan adalah wacana (Littlejohn:302). Sementara itu dalam konsep komunikasi persuasif terdapat menurul wilbur schram (Mulyana:2004) menyatakan bahwa komunikasi merupakan sebuah proses di dama di dalamnya ada persuader, persuadee, pesan persuasif, persepsi, saluran dan respon. Penelitian ini merupakan sebuah penelian kualitatif, dengan persfektif studi kasus menggunakan paradigma konstruktifis. Data dikumpulkan mealui wawancara dengan persepektif studi kasus serta paradigma konstruktifis Hasil penelitian menyatakan bahwa cara yang digunakan oleh manajemen astraworld dalam mempersuasi karyawan adalah melalui diskusi group dan juga wawancara individu. Dalam proses komunikasi persuasif bahasa yang digunakan oleh manajemen cenderung informal untuk bisa mendekatkan diri kepada karyawan. Hambatan yang dialami antara lain karyawan yangn tidak sulit untuk berubah serta karyawan yang tidak terbuka. Kedua hal ini menyulitkan manajemen untuk melakukan komunikasi persuasif. Kata kunci : Komunikasi persuasif, Manajemen, Astraworld
Item Type: | Thesis (S2) |
---|---|
Call Number CD: | CDT-552-19-026 |
NIM/NIDN Creators: | 55215110018 |
Uncontrolled Keywords: | Persuasive communication;Management; Astraworld, Komunikasi persuasif, Manajemen, Astraworld, CORCOM, korporate komunikasi dan komunikasi pemasaran |
Subjects: | 300 Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 300. Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 302 Social Interaction, Interpersonal Relations/Interaksi Sosial, Hubungan Antarpersonal > 302.2 Communication/Komunikasi |
Divisions: | Pascasarjana > Magister Ilmu Komunikasi |
Depositing User: | MYTHA ALVIANA SARI |
Date Deposited: | 23 Feb 2022 04:20 |
Last Modified: | 20 Jun 2022 03:36 |
URI: | http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/56625 |
Actions (login required)
View Item |