GITAPRAWASTI, POPPY ROSARI (2019) ANALISA STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN BUSINESS-TO�BUSINESS PHILIPINES DEPARTMENT OF TOURISM DALAM PROMOSI PARIWISATA FILIPINA DI INDONESIA TAHUN 2017. S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.
|
Text (HAL JUDUL)
1. Halaman Judul.pdf Download (27kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2. Abstrak.pdf Download (36kB) | Preview |
|
|
Text (LEMBAR PERNYATAAN)
3. Surat Pernyataan.pdf Download (205kB) | Preview |
|
|
Text (LEMBAR PENGESAHAN)
4. Lembar Pengesahan.pdf Download (334kB) | Preview |
|
|
Text (KATA PENGANTAR)
5. Kata Pengantar.pdf Download (70kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
6. Daftar Isi.pdf Download (122kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR TABEL)
8. Daftar Tabel.pdf Download (198kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR GAMBAR)
7. Daftar Gambar.pdf Download (198kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR LAMPIRAN)
9. Daftar Lampiran.pdf Download (195kB) | Preview |
|
Text (BAB I)
10. Bab I.pdf Restricted to Registered users only Download (166kB) |
||
Text (BAB II)
11. Bab II.pdf Restricted to Registered users only Download (408kB) |
||
Text (BAB III)
12. Bab III.pdf Restricted to Registered users only Download (240kB) |
||
Text (BAB IV)
13. Bab IV.pdf Restricted to Registered users only Download (970kB) |
||
Text (BAB V)
14. Bab V.pdf Restricted to Registered users only Download (24kB) |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
15. Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (99kB) |
||
Text (LAMPIRAN)
16. Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (745kB) |
Abstract
Indonesia adalah salah satu dari lima pasar berkembang dengan potensi kelas menengah terbaik. Hal ini membawa tren positif perkembangan dalam dunia jasa khususnya industry jasa pariwisata. Melihat peluang besar pasar Indonesia untuk dikembangkan dan ditingkatakan departemen pariwisata Filipina melalui Phillipines Department of Tourism (PDOT) melakukan kegiatan promosi secara global. Hal ini dilakukan melalui komunikasi pemasaran B2B yang dilakukan melalui kerjasama PDOT Pusat dengan PDOT di Indonesia dengan para travel agent. Persaingan di pasar jasa yang ditawarkan oleh industry pariwisata ini menekankan pada pentingnya strategi komunikasi pemasaran. Teori Chris Fill menyebutkan pemasaran merupakan sebuah proses yang mencakup sasaran pasar, keinginan pasar dan proses pengembangan produk maupun jasa untuk memenuhi secara keseluruhan melalui bantuan proses komunikasi. Strategi komunikasi menurut Kotler, mencakup perencanaan, implementasi dan evaluasi. Ketiga proses ini menjadi alur komunikasi pemasaran business-to�business yang dijalankan PDOT di Indonesia. Elemen bauran pemasaran B2B digunakan sebagai metode pendekatan PDOT Indonesia terhadap para mitra kerja yakni travel agent. Peneiti menggunakan paradigm post-positivisme dalam menyusun penelitian ini. Secara kualitatif deskriptif peneliti menjabarkan dan menyajikan penelitian melalui observasi lapangan dan melakukan wawancara mendalam kepada pihak PDOT di Indonesia. Pengumpulan data-data terkait kegiatan PDOT di Indonesia pun dilakukan guna memperkuat hasil penelitian. Hasil penelitian menunjukkan sejumlah kegiatan promosi B2B yang dilakukan PDOT di Indonesia menghasilkan dampak signifikan terhadap awareness dan peningkatan jumlah outbond travelers Indonesia ke Filipina. Personal selling yang merupakan elemen pemasaran B2B memiliki peran penting dalam hal menjalin relasi dan meningkatkan awareness travel agent dalam promosi wisata Filipina di Indonesia. Kata Kunci: strategi komunikasi, pemasaran B2B, promosi, wisata Filipina
Actions (login required)
View Item |