ANALISA STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN BUSINESS-TO�BUSINESS PHILIPINES DEPARTMENT OF TOURISM DALAM PROMOSI PARIWISATA FILIPINA DI INDONESIA TAHUN 2017

GITAPRAWASTI, POPPY ROSARI (2019) ANALISA STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN BUSINESS-TO�BUSINESS PHILIPINES DEPARTMENT OF TOURISM DALAM PROMOSI PARIWISATA FILIPINA DI INDONESIA TAHUN 2017. S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.

[img]
Preview
Text (HAL JUDUL)
1. Halaman Judul.pdf

Download (27kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2. Abstrak.pdf

Download (36kB) | Preview
[img]
Preview
Text (LEMBAR PERNYATAAN)
3. Surat Pernyataan.pdf

Download (205kB) | Preview
[img]
Preview
Text (LEMBAR PENGESAHAN)
4. Lembar Pengesahan.pdf

Download (334kB) | Preview
[img]
Preview
Text (KATA PENGANTAR)
5. Kata Pengantar.pdf

Download (70kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
6. Daftar Isi.pdf

Download (122kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR TABEL)
8. Daftar Tabel.pdf

Download (198kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR GAMBAR)
7. Daftar Gambar.pdf

Download (198kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR LAMPIRAN)
9. Daftar Lampiran.pdf

Download (195kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
10. Bab I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (166kB)
[img] Text (BAB II)
11. Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (408kB)
[img] Text (BAB III)
12. Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (240kB)
[img] Text (BAB IV)
13. Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (970kB)
[img] Text (BAB V)
14. Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (24kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
15. Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (99kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
16. Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (745kB)

Abstract

Indonesia adalah salah satu dari lima pasar berkembang dengan potensi kelas menengah terbaik. Hal ini membawa tren positif perkembangan dalam dunia jasa khususnya industry jasa pariwisata. Melihat peluang besar pasar Indonesia untuk dikembangkan dan ditingkatakan departemen pariwisata Filipina melalui Phillipines Department of Tourism (PDOT) melakukan kegiatan promosi secara global. Hal ini dilakukan melalui komunikasi pemasaran B2B yang dilakukan melalui kerjasama PDOT Pusat dengan PDOT di Indonesia dengan para travel agent. Persaingan di pasar jasa yang ditawarkan oleh industry pariwisata ini menekankan pada pentingnya strategi komunikasi pemasaran. Teori Chris Fill menyebutkan pemasaran merupakan sebuah proses yang mencakup sasaran pasar, keinginan pasar dan proses pengembangan produk maupun jasa untuk memenuhi secara keseluruhan melalui bantuan proses komunikasi. Strategi komunikasi menurut Kotler, mencakup perencanaan, implementasi dan evaluasi. Ketiga proses ini menjadi alur komunikasi pemasaran business-to�business yang dijalankan PDOT di Indonesia. Elemen bauran pemasaran B2B digunakan sebagai metode pendekatan PDOT Indonesia terhadap para mitra kerja yakni travel agent. Peneiti menggunakan paradigm post-positivisme dalam menyusun penelitian ini. Secara kualitatif deskriptif peneliti menjabarkan dan menyajikan penelitian melalui observasi lapangan dan melakukan wawancara mendalam kepada pihak PDOT di Indonesia. Pengumpulan data-data terkait kegiatan PDOT di Indonesia pun dilakukan guna memperkuat hasil penelitian. Hasil penelitian menunjukkan sejumlah kegiatan promosi B2B yang dilakukan PDOT di Indonesia menghasilkan dampak signifikan terhadap awareness dan peningkatan jumlah outbond travelers Indonesia ke Filipina. Personal selling yang merupakan elemen pemasaran B2B memiliki peran penting dalam hal menjalin relasi dan meningkatkan awareness travel agent dalam promosi wisata Filipina di Indonesia. Kata Kunci: strategi komunikasi, pemasaran B2B, promosi, wisata Filipina

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FK/PKP. 19 218
NIM/NIDN Creators: 44316120056
Uncontrolled Keywords: strategi komunikasi, pemasaran B2B, promosi, wisata Filipina
Subjects: 000 Computer Science, Information and General Works/Ilmu Komputer, Informasi, dan Karya Umum > 000. Computer Science, Information and General Works/Ilmu Komputer, Informasi, dan Karya Umum > 004 Data Processing, Computer Science/Pemrosesan Data, Ilmu Komputer, Teknik Informatika > 004.6 Interfacing and Communications/Tampilan Antar Muka (Interface) dan Jaringan Komunikasi Komputer
600 Technology/Teknologi > 650 Management, Public Relations, Business and Auxiliary Service/Manajemen, Hubungan Masyarakat, Bisnis dan Ilmu yang Berkaitan
600 Technology/Teknologi > 650 Management, Public Relations, Business and Auxiliary Service/Manajemen, Hubungan Masyarakat, Bisnis dan Ilmu yang Berkaitan > 657 Accounting/Akuntansi > 657.8 Accounting for Enterprises Enganged in Specific Kinds of Activities/Akuntansi Usaha yang Bergerak dalam Jenis Kegiatan Tertentu
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Periklanan dan Komunikasi pemasaran
Depositing User: Dede Muksin Lubis
Date Deposited: 15 Feb 2022 07:32
Last Modified: 29 Mar 2023 08:10
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/56127

Actions (login required)

View Item View Item