RACHMADIYANTI, NADIYAH (2019) FENOMENA VLOG DI YOUTUBE DALAM MEMBANGUN CITRA DIRI DI KALANGAN KOMUNITAS FILM RUMAH TERINDAH. S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.
|
Text (HAL JUDUL)
HALAMAN JUDUL.pdf Download (114kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf Download (123kB) | Preview |
|
|
Text (LEMBAR PERNYATAAN)
LEMBAR PERNYATAAN.pdf Download (550kB) | Preview |
|
|
Text (LEMBAR PENGESAHAN)
LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (661kB) | Preview |
|
|
Text (KATA PENGANTAR)
KATA PENGANTAR.pdf Download (135kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
DAFTAR ISI.pdf Download (113kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR TABEL)
DAFTAR TABEL.pdf Download (87kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR GAMBAR)
DAFTAR GAMBAR.pdf Download (98kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR LAMPIRAN)
DAFTAR LAMPIRAN.pdf Download (100kB) | Preview |
|
Text (BAB I)
BAB I.pdf Restricted to Registered users only Download (215kB) |
||
Text (BAB II)
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (254kB) |
||
Text (BAB III)
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (197kB) |
||
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (419kB) |
||
Text (BAB V)
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (139kB) |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf Restricted to Registered users only Download (132kB) |
||
Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (4MB) |
Abstract
Youtube telah menjadi fenomena yang mendunia yang merupakan situs video sharing yang berfungsi sebagai sarana untuk berbagi video secara online. Vlog yang diunggah di Youtube merupakan sebuah media yang dapat membentuk citra diri. Bahasa yang digunakan dalam media dapat menjadi alat yang dapat mendoktrin pikiran, persepsi masyarakat untuk membangun citra diri. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui proses penggunaan vlog dan mengetahui cara anggota Komunitas Film Rumah Terindah menggunakan vlog di Youtube untuk membangun citra diri. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori fenomenologi yang mengacuh pada teori fenomenologi Alfred Schutz, motif, kesadaran dan perilaku komunikasi. Penelitian ini menggunakan paradigma konstrutivisme, dengan metode pendekatan kualitatif penelitian fenomenologi Alfred Schutz. Subjek penelitian ini adalah lima anggota Komunitas Rumah Terindah. Teknik pengumpulam data yang dilakukan dalam penelitian ini dengan melakukan wawancara mendalam. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa proses penggunaan vlog oleh terdiri dari pencarian inspirasi dan penentuan ide atau tema, pembuatan skenario, persiapan peralatan pendukung, pengambilan gambar, editing dan publikasi. Penggunaan vlog dalam membentuk citra diri didasarkan komponen persepsi berupa penampilan fisik seperti penggunaan make up dan cara berpakaian, komponen konseptual dibentuk dari kelebihan-kelebihan yang dimiliki oleh vlogger yang ditampilkan di channel Youtube dan komponen sikap ditampilkan oleh vlogger dalam youtube dalam berinteraksi dengan orang lain di dalam konten Youtube yang dibuat maupun cara Youtube menyampaikan informasi atau mengkomunikasikan pesan ke khalayak. Kata kunci : Citra diri, Vlog, Youtube Youtube has become a worldwide phenomenon which is a video sharing site that serves as a means to share videos online. Vlog uploaded on Youtube is a media that can form a self-image. The language used in the media can be a tool that can indoctrinate the mind, the perception of the community to build self-image. The purpose of this study was to determine the process of using vlogs and find out how members of the Most Beautiful House Film Community use vlogs on Youtube to build self-image. The theory used in this research is phenomenology theory which ignores Alfred Schutz's phenomenology theory, motives, awareness and communication behavior. This study uses the constructivist paradigm, with the qualitative approach of the phenomenological research of Alfred Schutz. The subjects of this study were five members of the Most Beautiful House Community. Data collection techniques used in this study were in-depth interviews. The results of this study indicate that the process of using vlogs consists of searching for inspiration and determining ideas or themes, making scenarios, preparing supporting equipment, taking pictures, editing and publication. The use of vlogs in shaping self-image is based on perception components in the form of physical appearance such as the use of makeup and how to dress, the conceptual component is formed from the advantages possessed by vloggers displayed on YouTube channels and the attitude component displayed by vloggers on youtube in interacting with others in in the YouTube content that is created as well as how YouTube conveys information or communicates messages to the public. Keywords: Self-image, Vlog, Youtube
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Call Number CD: | FK/PR. 19 347 |
NIM/NIDN Creators: | 44214120066 |
Uncontrolled Keywords: | Citra diri, Vlog, Youtube |
Subjects: | 700 Arts/Seni, Seni Rupa, Kesenian > 770 Photography and Photographs/Seni Fotografi dan Foto 700 Arts/Seni, Seni Rupa, Kesenian > 770 Photography and Photographs/Seni Fotografi dan Foto > 778 Specific Fields of Photography/Bidang-bidang Khusus Seni Fotografi > 778.5 Cinematography, Video Production, Related Activities/Sinematografi, Produksi Video, dan Kegiatan Terkait 700 Arts/Seni, Seni Rupa, Kesenian > 790 Recreational and Performing Arts/Olah Raga dan Seni Pertunjukan |
Divisions: | Fakultas Ilmu Komunikasi > Hubungan Masyarakat |
Depositing User: | Dede Muksin Lubis |
Date Deposited: | 07 Feb 2022 08:09 |
Last Modified: | 18 Mar 2023 06:27 |
URI: | http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/55529 |
Actions (login required)
View Item |