MULIA, MAGHFIRAH PUTRI (2019) KOMUNIKASI ANTARA GURU DAN SISWA DI SMP KESATUAN JAKARTA BARAT (Studi Kasus Komunikasi Interpersonal Guru dan Siswa dalam menghadapi Ujian Nasional). S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.
|
Text (HAL JUDUL)
1. Cover.pdf Download (208kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2. Abstrak.pdf Download (242kB) | Preview |
|
|
Text (LEMBAR PERNYATAAN)
3. Lembar Pernyataan.pdf Download (223kB) | Preview |
|
|
Text (LEMBAR PENGESAHAN)
4. Lembar Pengesahan.pdf Download (318kB) | Preview |
|
|
Text (KATA PENGANTAR)
5. Kata Pengantar.pdf Download (232kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
6. Daftar Isi.pdf Download (205kB) | Preview |
|
Text (BAB I)
7. Bab 1 .pdf Restricted to Registered users only Download (305kB) |
||
Text (BAB II)
8. Bab 2.pdf Restricted to Registered users only Download (383kB) |
||
Text (BAB III)
9. Bab 3.pdf Restricted to Registered users only Download (222kB) |
||
Text (BAB IV)
10. Bab 4.pdf Restricted to Registered users only Download (367kB) |
||
Text (BAB V)
11. Bab 5.pdf Restricted to Registered users only Download (203kB) |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
12. Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (201kB) |
||
Text (LAMPIRAN)
13. Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (329kB) |
Abstract
Komunikasi Interpersonal antara guru dan siswa sendiri sangat berpengaruh bagi perkembangan remaja masakini. Peran penting guru membimbing para siswanya sangatlah diperlukan. Dengan menjalin hubungan baik antara guru dan siswa akan mempengaruhi proses perkembangan siswa yang baik. Penelitian yang dilakukan ini untuk mengetahui komunikasi antara guru dan siswa di SMP Kesatuan Jakarta Barat dalam menghadapi Ujian Nasional dengan menggunakan landasan teori komunikasi, komunikasi interpersonal, komunikasi verbal, komunikasi non verbal dan konsep diri. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus dan tipe penelitian deskriptif. Dari hasil penelitian ditemukan bahwa masih adanya ketidakjelasan informasi dan ketidakjujuran baik dari siswa, hal itu adalah hambatan manusiawi seperti perasaan juga ditemukan dalam penelitian ini dan terungkap bahwa pesan yang disampaikan tidak tersampaikan dengan baikkarena pengaruh faktor–faktor manusiawi yang dialami guru ataupun siswa. Penelitian ini menyimpulkan bahwa keterbukaan siswa akan mendukung kelancaran komunikasi antara guru dengan siswa, rasa empati dalam komunikasi sangat penting guna menumbuhkan kedekatan emosional antara guru dengan siswa, kesediaan dalam memberikan dukungan dalam bentuk informasi, sikap posititf yang ditunjukan oleh guru sebagai komunikator bisa mempengaruhi bagaimana komunikan dalam menerima pesan dan dalam kesetaraan kesenjangan dari masing-masing informan dapat mempengaruhi pesan antara guru dan siswa. Kata Kunci: Komunikasi, Komunikasi Interpersonal, Konsep Diri, Pendidikan Sekolah, Guru, Siswa, SMP Kesatuan Jakarta Barat.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Call Number CD: | FK/PR. 19 348 |
NIM/NIDN Creators: | 44214010064 |
Uncontrolled Keywords: | Komunikasi, Komunikasi Interpersonal, Konsep Diri, Pendidikan Sekolah, Guru, Siswa, SMP Kesatuan Jakarta Barat. |
Subjects: | 000 Computer Science, Information and General Works/Ilmu Komputer, Informasi, dan Karya Umum > 060 General Organizations, Foundations, and Museology/Organisasi-organisasi Umum, dan Museologi 100 Philosophy and Psychology/Filsafat dan Psikologi > 150 Psychology/Psikologi > 155 Differential and Developmental Psychology/Psikologi Diferensial dan Psikologi Perkembangan 300 Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 340 Law/Ilmu Hukum |
Divisions: | Fakultas Ilmu Komunikasi > Hubungan Masyarakat |
Depositing User: | Dede Muksin Lubis |
Date Deposited: | 04 Feb 2022 04:14 |
Last Modified: | 18 Mar 2023 06:28 |
URI: | http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/55339 |
Actions (login required)
View Item |