PERANCANGAN BUKU AUGMENTED REALITY PENGENALAN PERMAINAN ANAK DALAM BUDAYA BETAWI

NUGRAHA, GUGUM RAYI (2020) PERANCANGAN BUKU AUGMENTED REALITY PENGENALAN PERMAINAN ANAK DALAM BUDAYA BETAWI. S1-Sarjana thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.

[img]
Preview
Text (HAL COVER)
COVER.pdf

Download (58kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (82kB) | Preview
[img]
Preview
Text (LEMBAR PERNYATAAN)
LEMBAR PERNYATAAN.pdf

Download (117kB) | Preview
[img]
Preview
Text (LEMBAR PENGESAHAN)
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (131kB) | Preview
[img]
Preview
Text (KATA PENGANTAR)
KATA PENGANTAR.pdf

Download (80kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
DAFTAR ISI.pdf

Download (35kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR TABEL)
DAFTAR TABEL.pdf

Download (169kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR GAMBAR)
DAFTAR GAMBAR.pdf

Download (196kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
BAB 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (83kB)
[img] Text (BAB II)
BAB 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (205kB)
[img] Text (BAB III)
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (144kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text (BAB V)
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (579kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (39kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (263kB)

Abstract

The interest of children to recognize local cultures is really low. Maybe there is so ma many books which discussed about various introduction of local culture. Nevertheless, their interest in reading books are low when the book itself only articles and explanation without any attractive visual illustration on it. On the learning itself, the system which given only one way system, that is teachers who become the only one resourches of learning process. By take the advantage of improvement of technology will increase the interest of children to recognize a local cultures. One of this technology, which in demand is Augmented Reality. Augmented Reality is a technology which showing a virtual object to the real environment. By using story book concept using Augmented Reality, children are able to see animaton object which on the book obviously so that the children will not easily get bored and attractively interesting. Moreover, by using interesting fun, and fitted illustration The aim of this design is to serve the interaction media for children as the form of illustration children’s bookwhich pleasure and entertain, so that the children can easily get the information given. So, the method that used to design, is designing concept of children’s book which collaborate with Augmented Reality technology about introducing betawi games. By this design, hopefully the children are more interest, understand, and recognize the traditional games. With the result that, the children will not missing the value of culture itself, and will continue to their grand children. Kata Kunci: Augmented Reality, Story Book, Betawi Culture, Children Minat anak-anak dalam mengenal budaya-budaya dalam daerah sangatlah kurang sekali. Mungkin ada banyak diluar sana buku-buku yang membahas tentang berbagai macam kategori pengenalan budaya daerah. Namun sayangnya minat baca mereka menjadi kurang ketika buku yang mereka baca hanya berisikan tulisan dan penjelasan tanpa visual yang menarik. Dalam pembelajaran pun sistem yang diberikan hanyalah bersifat satu arah saja yakni guru menjadi satu titik fokus sumber kegiatan pembelajaran. Dengan memanfaatkan perkembangan teknologi yang semakin maju akan menambah minat anak dalam mengenal suatu budaya daerah. Salah satu teknologi yang sedang diminati yaitu Augmented Reality. Augmented Reality merupakan sebuah teknologi yang menampilkan objek virtual ke lingkungan nyata. Dengan konsep buku cerita anak dengan menggunakan teknologi Augmented Reality anak-anak mampu melihat objek animasi yang ada didalam buku secara nyata sehingga anak tidak mudah bosen dan menambah kesan menarik serta interaktif. Ditambah lagi menggunakan gaya ilustrasi yang menarik, menyenangkan, dan pas untuk anak-anak. Maksud dari perancangan ini adalah menyajikan media interaksi berupa buku ilustrasi anak yang menyenangkan dan menghibur, sehingga mereka akan lebih mudah dalam menerima informasi yang diberikan. Untuk itu metode yang digunakan dalam perancangan ini yaitu merancang konsep buku cerita anak yang digabungkan dengan teknologi Augmented Reality mengenai pengenalan permainan betawi. Perancangan ini diharapkan agar anak-anak lebih menyukai, memahami, dan mengenal lebih dalam permainan-permainan terdahulu sehingga mereka tidak melupakan nilai-nilai budayanya. Dan kelak akan di teruskan kepada anak cucu mereka. Kata Kunci: Augmented Reality, buku cerita, Budaya betawi, Anak-anak

Item Type: Thesis (S1-Sarjana)
Call Number: SDSK/23/19/039
NIM: 42315010008
Uncontrolled Keywords: Augmented Reality, buku cerita, Budaya betawi, Anak-anak
Subjects: 000 Computer Science, Information and General Works/Ilmu Komputer, Informasi, dan Karya Umum > 000. Computer Science, Information and General Works/Ilmu Komputer, Informasi, dan Karya Umum > 002 The Book/Buku
000 Computer Science, Information and General Works/Ilmu Komputer, Informasi, dan Karya Umum > 020 Library and Information Sciences/Perpustakaan dan Ilmu Informasi > 021 Relationship of Libraries/Hubungan-hubungan Perpustakaan, Arsip dan Kearsipan, Pusat Informasi > 021.2 Relationship with the Community/Hubungan Perpustakaan dengan Masyarakat > 021.26 Cultural Role/Peran budaya
000 Computer Science, Information and General Works/Ilmu Komputer, Informasi, dan Karya Umum > 020 Library and Information Sciences/Perpustakaan dan Ilmu Informasi > 028 Use of Other Information Media/Membaca > 028.7 Use of Books and Other Information Media As Sources of Information/Penggunaan Buku dan Media Informasi Lain Sebagai Sumber Informasi
000 Computer Science, Information and General Works/Ilmu Komputer, Informasi, dan Karya Umum > 020 Library and Information Sciences/Perpustakaan dan Ilmu Informasi > 028 Use of Other Information Media/Membaca > 028.8 Use of Books and Other Information Media As Sources of Recreation and Self-Development/Penggunaan Buku dan Media Informasi Lain Sebagai Sumber Rekreasi dan Pengembangan Diri
600 Technology/Teknologi > 600. Technology/Teknologi > 604 Technical Drawing/Menggambar Teknik, Hazardous Materials Technology/Teknologi Bahan Berbahaya, groups of people/Kelompok Masyarakat > 604.2 Technical Drawing/Menggambar Teknik
600 Technology/Teknologi > 600. Technology/Teknologi > 604 Technical Drawing/Menggambar Teknik, Hazardous Materials Technology/Teknologi Bahan Berbahaya, groups of people/Kelompok Masyarakat > 604.2 Technical Drawing/Menggambar Teknik > 604.24 Specific Drafting Procedures and Conventions/Prosedur dan Konvensi Perancangan Spesifik
Divisions: Fakultas Desain dan Seni Kreatif > Desain Komunikasi Visual
Depositing User: Dede Muksin Lubis
Date Deposited: 17 Apr 2020 08:23
Last Modified: 17 Apr 2020 08:23
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/55200

Actions (login required)

View Item View Item