BINGKAI AKHLAK OLEH ANIMASI DAKWAH NUSSA MELALUI YOUTUBE

SAFITRI, NADIA (2020) BINGKAI AKHLAK OLEH ANIMASI DAKWAH NUSSA MELALUI YOUTUBE. S1-Sarjana thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.

[img]
Preview
Text (HAL COVER)
1. Halaman Judul.pdf

Download (29kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2. Abstrak.pdf

Download (117kB) | Preview
[img]
Preview
Text (LEMBAR PERNYATAAN)
3. Pernyataan.pdf

Download (114kB) | Preview
[img]
Preview
Text (LEMBAR PENGESAHAN)
4. Lembar Pengesahan.pdf

Download (278kB) | Preview
[img]
Preview
Text (KATA PENGANTAR)
5. Kata Pengantar.pdf

Download (130kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
6. Daftar Isi.pdf

Download (65kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR TABEL)
7. Daftar Tabel.pdf

Download (20kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
8. BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (108kB)
[img] Text (BAB II)
9. BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (163kB)
[img] Text (BAB III)
10. BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (113kB)
[img] Text (BAB IV)
11. BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (216kB)
[img] Text (BAB V)
12. BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (74kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
13. Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (82kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
14. Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (163kB)

Abstract

Nussa Da'wah animation is one of the Da'wah accounts that broadcast Islam through YouTube. Nussa da'wah animation is used as an educational for children, especially in the formation of character and goood character for children. Nussa is one of the character in the animation, reflects the figure of a pious child, kind, patient and other good character. The research carried out aims to find out the “Bingkai Akhlak” in the episodes of "Belajar Ikhlas" and the episode "Nussa Bisa". The concepts used in research are New media, social media, propaganda media, moral messages, animation, framing and reality. This study uses a constructivist paradigm, a type of descriptive qualitative research approach and the analysis method of the Gamson and Modigliani framing models. Framing analysis can show how the media construct reality. Analysis with the Gamson and Modigliani models will be deeper and sharper because there are 8 elements that are divided into 2 devices. For Gamson and Modigliani, "Frame" is not the same as agreeing or disagreeing but framing is related to the orientation of the News where the focal point of framing is how an event is framed and presented to the public ". The results in every episodes is how sincere learning is constructed in the Da'wah Nussa animation because sincerity is very easy to say, difficult to apply but not impossible to cultivate, so the importance of sincere learning practices, transmit sincere science and continue to apply sincere science. Whereas in the episode "Nussa Bisa" from the results of the study it can be concluded that having high enthusiasm and support from parents is needed in the form of permission and prayer to do what will be achieved. Keywords: Framing Analysis, Gamson and Modigliani Models, Morals, Nussa Animation Animasi Dakwah Nussa merupakan salah satu dari sekian banyak Channel dakwah yang mensyiarkan Islam melalui media Youtube. Animasi Dakwah Nussa dijadikan media Pendidikan untuk anak-anak terutama dalam pembentukan akhlak dan karakter anak yang baik. Nussa, karakter dalam animasi itu, mencerminkan sosok anak yang soleh, baik, sabar serta akhlak baik lainnya. Penelitian yang dilakukan ini bertujuan untuk mengetahui Bingkai Akhlak dalam episode “Belajar Ikhlas” dan episode “Nussa Bisa”. Konsep-konsep yang digunakan dalam penelitian adalah New media, media sosial, media dakwah, pesan akhlak, animasi, framing dan realitas. Penelitian ini menggunakan paradigma konstruktivis, tipe penelitian deskriptif pendekatan kualitatif dan metode analisis framing model Gamson dan Modigliani. Analisis framing dapat memperlihatkan bagaimana media mengkonstruksi realitas. Analisis dengan model Gamson dan Modigliani akan lebih dalam dan tajam karena terdapat 8 elemen yang terbagi dalam 2 perangkat. Bagi Gamson dan Modigliani, “Frame” tidak sama dengan setuju atau tidak setuju namun framing berhubungan dengan orientasi pemberitaan dimana titik perhatian dari framing adalah bagaimana suatu peristiwa tersebut dibingkai dan disajikan kepada khalayak”. Hasil penelitian yang diperoleh dalam episode belajar ikhlas yaitu bagaimana belajar ikhlas dikonstruksikan dalam Animasi Dakwah Nussa karena ikhlas sangat mudah diucapkan, sulit diterapkan namun tidaklah mustahil untuk diusahakan, maka pentingnya prektek belajar ilmu ikhlas, menularkan ilmu ikhlas dan terus menerapkan ilmu ikhlas. Sedangkan pada episode “Nussa Bisa” dari hasil penelitian dapat disimpulkan memiliki semangat yang tinggi dan dukungan dari orang tua sangat diperlukan dalam pembuktian berupa izin dan doa untuk melakukan suatu yang akan dicapai. Kata Kunci : Analisis Framing, Model Gamson dan Modigliani, Akhlak, Animasi Nussa

Item Type: Thesis (S1-Sarjana)
Call Number: SK/41/20/011
NIM: 44114110019
Uncontrolled Keywords: Analisis Framing, Model Gamson dan Modigliani, Akhlak, Animasi Nussa
Subjects: 000 Computer Science, Information and General Works/Ilmu Komputer, Informasi, dan Karya Umum > 000. Computer Science, Information and General Works/Ilmu Komputer, Informasi, dan Karya Umum > 006 Special Computer Methods/Metode Komputer Tertentu > 006.7 Multimedia Systems/Sistem-sistem Multimedia > 006.75 Social Multimedia/Multimedia Social
000 Computer Science, Information and General Works/Ilmu Komputer, Informasi, dan Karya Umum > 000. Computer Science, Information and General Works/Ilmu Komputer, Informasi, dan Karya Umum > 006 Special Computer Methods/Metode Komputer Tertentu > 006.7 Multimedia Systems/Sistem-sistem Multimedia > 006.75 Social Multimedia/Multimedia Social > 006.754 Online Social Network/Situs Jejaring Sosial, Sosial Media
300 Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 300. Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 302 Social Interaction, Interpersonal Relations/Interaksi Sosial, Hubungan Antarpersonal > 302.2 Communication/Komunikasi > 302.23 Media (Means of Communication)/Media (Sarana Komunikasi)
600 Technology/Teknologi > 650 Management, Public Relations, Business and Auxiliary Service/Manajemen, Hubungan Masyarakat, Bisnis dan Ilmu yang Berkaitan > 657 Accounting/Akuntansi > 657.8 Accounting for Enterprises Enganged in Specific Kinds of Activities/Akuntansi Usaha yang Bergerak dalam Jenis Kegiatan Tertentu > 657.84 Communications and Entertainment Media/Media Komunikasi dan Hiburan
700 Arts/Seni, Seni Rupa, Kesenian > 740 Drawing and Decorative Art/Menggambar dan Seni Dekorasi > 741 Drawing and Drawings/Gambar dan Seni Menggambar > 741.5 Cartoons, Caricatures, Comics Drawings, Comic Books/Teknik Menggambar Kartun, Karikatur, Komik
700 Arts/Seni, Seni Rupa, Kesenian > 740 Drawing and Decorative Art/Menggambar dan Seni Dekorasi > 741 Drawing and Drawings/Gambar dan Seni Menggambar > 741.5 Cartoons, Caricatures, Comics Drawings, Comic Books/Teknik Menggambar Kartun, Karikatur, Komik > 741.58 Animated Cartoons/Animasi Kartun
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Penyiaran
Depositing User: Virda Syifa
Date Deposited: 09 Jul 2020 06:28
Last Modified: 09 Jul 2020 06:28
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/55025

Actions (login required)

View Item View Item