REKONSTRUKSI CITRA PERUSAHAAN SEBAGAI BANK PENYEDIA LAYANAN MULTI PRODUK (studi deskriptif-kualitatif pada pt bank tabungan negara (persero) tbk kantor cabang bekasi)

GUMILANG, RAYMOND SAGA (2020) REKONSTRUKSI CITRA PERUSAHAAN SEBAGAI BANK PENYEDIA LAYANAN MULTI PRODUK (studi deskriptif-kualitatif pada pt bank tabungan negara (persero) tbk kantor cabang bekasi). S1-Sarjana thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.

[img]
Preview
Text (HAL COVER)
1. HALAMAN JUDUL.pdf

Download (104kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
4. ABSTRAK.pdf

Download (166kB) | Preview
[img]
Preview
Text (LEMBAR PERNYATAAN)
3. LEMBAR PERNYATAAN.pdf

Download (112kB) | Preview
[img]
Preview
Text (LEMBAR PENGESAHAN)
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (199kB) | Preview
[img]
Preview
Text (KATA PENGANTAR)
5. KATA PENGATAR.pdf

Download (138kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
6. DAFTAR ISI.pdf

Download (73kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR TABEL)
8. DAFTAR TABEL.pdf

Download (81kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR GAMBAR)
7. DAFTAR GAMBAR.pdf

Download (79kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR LAMPIRAN)
9. DAFTAR LAMPIRAN.pdf

Download (64kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
10. BAB 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (164kB)
[img] Text (BAB II)
11. BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (327kB)
[img] Text (BAB III)
12. BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (149kB)
[img] Text (BAB IV)
13. BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (595kB)
[img] Text (BAB V)
14. BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (73kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
15. DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (168kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
16. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (572kB)

Abstract

Bank BTN changed its vision from "Becoming the Leading Bank in Housing Financing", then changed to "Leading and Reliable in Facilitating the Housing and Family Financial Services Sector." In 2018. With the change in its vision, Bank BTN wants to bring a new image to the public namely as a multiproduct bank. This study aims to determine and describe the image reconstruction effort undertaken by Bank BTN KC Bekasi to its customers. This study uses public relations management theory which includes fact finding, planning, communicating, and evaluating, and image formation models that have aspects including perception, cognition, motivation and attitude. This research uses a descriptive research method with a type of qualitative research that conducts in-depth interviews with informants. The resource persons in this study were the employees of Bank BTN KC Bekasi who were directly involved in the efforts to reconstruct the company's image and customers of Bank BTN KC Bekasi. The results of this study discuss the efforts and strategies made by Bank BTN KC in accordance with the theory of public relations management starting from the process of problem analysis and finding facts, planning strategies, publications, and evaluations by linking to the image formation model. This study concludes that Bank BTN KC Bekasi undertakes image reconstruction efforts by applying the stages of public relations management namely fact finding, planning, communicating and evaluating. In growing its image to its customers, Bank BTN KC Bekasi applies the image formation model by creating stimuli. This was done to succeed in the reconstruction program of the image of Bank BTN KC Bekasi as a multiproduct bank. Because basically, the image of the company formed is the responsibility of public relat Bank BTN merubah visinya dari “Menjadi Bank yang Terkemuka dalam Pembiayaan Perumahan”, lalu diubah menjadi “Terdepan dan Terpercaya dalam Memfasilitasi Sektor Perumahan dan Jasa Layanan Keuangan Keluarga.” pada tahun 2018. Dengan perubahan visinya, Bank BTN ingin memunculkan citra baru kepada masyarakat yaitu sebagai bank multiproduk. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menggambarkan upaya rekonstruksi citra yang dilakukan oleh Bank BTN KC Bekasi kepada nasabahnya. Penelitian ini menggunakan teori manajemen public relations yang meliputi fact finding, planning, communicating, dan evaluating, dan model pembentukan citra yang memiliki aspek meliputi persepsi, kognisi, motivasi dan sikap. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif dengan tipe penelitian kualitatif yang melakukan wawancara mendalam kepada narasumber. Narasumber dalam penelitian ini adalah Karyawan Bank BTN KC Bekasi yang terlibat langsung dalam upaya rekonstruksi citra perusahaan dan nasabah Bank BTN KC Bekasi. Hasil penelitian ini membahas mengenai upaya dan strategi yang dilakukan Bank BTN KC bekasi berdasarkan teori manajemen public relations mulai dari proses analisa masalah dan menemukan fakta, merencanakan strategi, publikasi, sampai evaluasi dengan mengaitkan pada model pembentukan citra. Penelitian ini menyimpulkan bahwa Bank BTN KC Bekasi melakukan upaya rekonstruksi citra dengan menerapkan tahapan manajemen public relations yaitu fact finding, planning, communicating dan evaluating. Dalam menumbuhkan citra kepada nasabahnya, Bank BTN KC Bekasi menerapkan model pembentukan citra dengan membuat stimuli. Hal ini dilakukan untuk menyukseskan program rekonstruksi citra Bank BTN KC Bekasi sebagai bank multiproduk. Karena pada dasarnya, citra perusahaan yang terbentuk merupakan tanggung jawab public relations. Kata Kunci: citra perusahaan, public relations, nasabah

Item Type: Thesis (S1-Sarjana)
Call Number: SK/42/20/016
NIM: 44217110137
Uncontrolled Keywords: citra perusahaan, public relations, nasabah
Subjects: 600 Technology/Teknologi > 640 Home Economic and Family Living Management/Kesejahteraan Rumah Tangga dan Manajemen Kehidupan Keluarga > 642 Meals and Table Service/Makanan dan Layanan Meja > 642.6 Serving at Table/Layanan di Meja
600 Technology/Teknologi > 650 Management, Public Relations, Business and Auxiliary Service/Manajemen, Hubungan Masyarakat, Bisnis dan Ilmu yang Berkaitan
600 Technology/Teknologi > 650 Management, Public Relations, Business and Auxiliary Service/Manajemen, Hubungan Masyarakat, Bisnis dan Ilmu yang Berkaitan > 651 Office Services/Layanan Kantor > 651.9 Office Services in Specific Kinds of Enterprises/Layanan Kantor untuk Perusahaan Tertentu
600 Technology/Teknologi > 650 Management, Public Relations, Business and Auxiliary Service/Manajemen, Hubungan Masyarakat, Bisnis dan Ilmu yang Berkaitan > 659 Advertising and Public Relations/Periklanan, Reklame, Pariwara, Iklan, Sponsor, Humas, Hubungan Masyarakat
600 Technology/Teknologi > 650 Management, Public Relations, Business and Auxiliary Service/Manajemen, Hubungan Masyarakat, Bisnis dan Ilmu yang Berkaitan > 659 Advertising and Public Relations/Periklanan, Reklame, Pariwara, Iklan, Sponsor, Humas, Hubungan Masyarakat > 659.2 Public Relations/Hubungan Masyarakat
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Hubungan Masyarakat
Depositing User: Virda Syifa
Date Deposited: 30 Sep 2020 07:36
Last Modified: 30 Sep 2020 07:36
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/55013

Actions (login required)

View Item View Item