ANALISIS SAMBUNGAN PAKU KELING S12C PADA REAR OVERHANG CHASSIS MICROBUS ISUZU ELF

WARDANA, RESKY EKA PRASETYA (2018) ANALISIS SAMBUNGAN PAKU KELING S12C PADA REAR OVERHANG CHASSIS MICROBUS ISUZU ELF. D3 thesis, Universitas Mercu Buana Bekasi.

[img]
Preview
Text
1. Halaman Judul.pdf

Download (94kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. Surat Pernyataan.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. Lembar Pengesahan.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. Penghargaan.pdf

Download (81kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. Abstrak.pdf

Download (25kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. Daftar Isi.pdf

Download (70kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. Daftar Gambar.pdf

Download (24kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. Daftar Tabel.pdf

Download (61kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. Glossarium.pdf

Download (22kB) | Preview
[img] Text
10. Bab I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (77kB)
[img] Text
11. Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (552kB)
[img] Text
12. Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (458kB)
[img] Text
13. Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (326kB)
[img] Text
14. Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (36kB)
[img] Text
15. Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (74kB)
[img] Text
16. Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (306kB)

Abstract

ABSTRAK Microbus merupakan alat transportasi darat banyak digunakan terutama untuk layanan travel di pedesaan, tempat wisata, dalam kota maupun antar kota. Pada prakteknya di lapangan, karoseri sebagai penerus proses pembuatan microbus melakukan penambahan pada chassis bagian belakang atau rear overhang karena panjang chassis original tidak mencukupi. PT Isuzu Astra Motor Indonesia memfasilitasi dengan memperpanjang rear overhang untuk menyeragamkan bentuk sambungan dan dimensi sambungan sehingga karoseri bus tidak perlu menyambung chassis lagi. Konsep memperpanjang rear overhang tersebut dilakukan dengan menyambung chassis original dengan chassis penyambung. Adapun metode penyambungan menggunakan sambungan paku keling (rivet-joint) dengan paku keling S12C dengan tensile strength 343 MPa dan material chassis yang disambung adalah JSH440J dengan tensile strength 440 Mpa. Di dalam tugas ini dilakukan penelitian terhadap kekuatan sambungan paku keling tersebut dengan metode perhitungan. Berdasarkan hasil perhitungan didapat tegangan kerja yang diijinkan pada paku keling adalah 85,75 N/mm2 . Tegangan maksimum sambungan paku keling rear overhang chassis microbus diterima oleh paku keling no.1, sebesar 26,08 N/mm2 . Efisiensi sambungan paku keling sebesar 23,6 % terhadap kekuatan chassis secara solid. Dan sambungan paku keling pada rear overhang chassis microbus dinilai aman dan layak digunakan. Kata kunci: microbus, chassis, rear overhang, sambungan paku keling.

Item Type: Thesis (D3)
Call Number CD: FT/MSN 18 031
NIM/NIDN Creators: 41316310003
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: microbus, chassis, rear overhang, sambungan paku keling.
Subjects: 600 Technology/Teknologi > 620 Engineering and Applied Operations/Ilmu Teknik dan operasi Terapan > 621 Applied Physics/Fisika terapan > 621.8 Machine Engineering, Machinery/Teknik Mesin
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Mesin
Depositing User: siti maisyaroh
Date Deposited: 02 Feb 2022 13:19
Last Modified: 02 Feb 2022 13:19
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/54847

Actions (login required)

View Item View Item