PRABANDARI, MAY DENA (2020) FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MENGGUNAKAN UANG ELEKTRONIK DENGAN SIKAP PENGGUNAAN SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (Pada Pengguna Go-Pay). S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.
|
Text (HAL COVER)
(1) Halaman Judul.pdf Download (219kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
4) Abstrak.pdf Download (203kB) | Preview |
|
|
Text (LEMBAR PERNYATAAN)
(2) Lembar Pernyataan.pdf Download (214kB) | Preview |
|
|
Text (LEMBAR PENGESAHAN)
(3) Lembar Pengesahan.pdf Download (235kB) | Preview |
|
|
Text (KATA PENGANTAR)
(5) Kata Pengantar.pdf Download (234kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
(6) Daftar Isi.pdf Download (407kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR TABEL)
(7) Daftar Tabel.pdf Download (229kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR GAMBAR)
(8) Daftar Gambar.pdf Download (210kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR LAMPIRAN)
(9) Daftar Lampiran.pdf Download (199kB) | Preview |
|
Text (BAB I)
(10) Bab 1.pdf Restricted to Registered users only Download (499kB) |
||
Text (BAB II)
(11) Bab 2.pdf Restricted to Registered users only Download (353kB) |
||
Text (BAB III)
(12) Bab 3.pdf Restricted to Registered users only Download (317kB) |
||
Text (BAB IV)
(13) Bab 4.pdf Restricted to Registered users only Download (523kB) |
||
Text (BAB V)
(14) Bab 5.pdf Restricted to Registered users only Download (221kB) |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
(15) Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (342kB) |
||
Text (LAMPIRAN)
(16) Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (699kB) |
Abstract
Teknologi saat ini memiliki perkembangan yang pesat dan mengalami peningkatan pada bidang perekonomian di Indonesia salah satunya adalah sistem pembayaran. Sistem pembayaran nontunai atau bisa disebut uang elektronik berkembang sangat pesat seiring dengan perkembangan teknologi sistem pembayaran. Berdasarkan hasil survei yang dilakukan oleh YouGov Indonesia pada tahun 2018, Go-Pay merupakan uang elektronik yang terpopuler serta paling banyak diminati publik. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh Sikap Penggunaan terhadap Minat Menggunakan dengan memperhatikan Persepsi Kemudahan, Persepsi Kemanfaatan, dan Kepercayaan. Subjek pada penelitian ini adalah pengguna Go-Pay di Jakarta Barat. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah 250 responden. Metode pengambilan sampel dilakukan dengan metode convenience sampling. Penelitian ini menggunakan teknik analisis data SEM dan pengolahan data menggunakan Partial Least Square (PLS). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Persepsi Kemudahan berpengaruh positif signifikan terhadap Sikap Penggunaan, Persepsi Kemanfaatan berpengaruh positif signifikan terhadap Sikap Penggunaan, Kepercayaan berpengaruh positif signifikan terhadap Sikap Penggunaan, Persepsi Kemudahan positif tidak sigifikan terhadap Minat Menggunakan, Persepsi Kemanfaatan berpengaruh positif signifikan terhadap Minat Menggunakan, Kepercayaan berpengaruh positif signifikan terhadap Minat Menggunakan, serta Sikap Penggunaan positif tidak signifikan terhadap Minat Menggunakan. Kata kunci : Persepsi Kemudahan, Persepsi Kemanfaatan, Kepercayaan, Sikap Penggunaan, Minat Menggunakan, Go-Pay. The Technology has been growing very fast especially in the economic growth in Indonesia, and one them is the payment system. Non-cash payment systems can also called is the electronic money has been growing very fast along with the development of payment system technology. Based on the results of a survey conducted by YouGov Indonesia in 2018, Go-Pay is one of the most popular electronic money and by user by the public. The purpose of this study is to determine the effect of Attitude Toward Using on Intention to Use by observing perceived ease of use, Perceived Usefulness, and Trust. The subjects in this study is using Go-Pay users in West Jakarta. The sample used in this study is 250 respondents. The sampling method is done by convenience sampling method. This study is using SEM data analysis techniques and data processing using Partial Least Square (PLS). The results of this study showed that Perceived Ease of Use has a significant positive effect on the Attitude Toward Using, Perceived Usefulness has a significant positive effect on the Attitude Toward Using, Trust has a significant positive effect on the Attitude Toward Using, Perceived Ease of Use positive dose not have significant effect on the Intention to Use, Perceived Usefulness has a significant positive effect on the Intention to Use, Trust has a significant positive effect on the Intention to Use, Attitude Toward Using positive does not have effect on the Intention to Use. Keyword: Perceived Ease of Use, Perceived Usefulness, Trust, Attitude Toward Using, Intention to Use, Go-Pay.
Actions (login required)
View Item |