NOVIANSAH, ARDIYASA (2022) STRATEGI PENGELOLAAN KONTEN EDUKASI PADA AKUN TIKTOK @BERTUSTUSTUS DALAM MENINGKATKAN BRAND AWARENESS (PERIODE PENELITIAN AGUSTUS 2020 SAMPAI SEPTEMBER 2021). S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.
|
Text (HAL COVER)
01. Cover (Tugas Akhir Skripsi Ardiyasa N) - Ardiyasa N..pdf Download (507kB) | Preview |
|
Text (BAB I)
02. BAB I (Tugas Akhir Skripsi Ardiyasa N) - Ardiyasa N..pdf Restricted to Registered users only Download (230kB) |
||
Text (BAB II)
03. BAB II (Tugas Akhir Skripsi Ardiyasa N) - Ardiyasa N..pdf Restricted to Registered users only Download (231kB) |
||
Text (BAB III)
04. BAB III (Tugas Akhir Skripsi Ardiyasa N) - Ardiyasa N..pdf Restricted to Registered users only Download (171kB) |
||
Text (BAB IV)
05. BAB IV (Tugas Akhir Skripsi Ardiyasa N) - Ardiyasa N..pdf Restricted to Registered users only Download (792kB) |
||
Text (BAB V)
06. BAB V (Tugas Akhir Skripsi Ardiyasa N) - Ardiyasa N..pdf Restricted to Registered users only Download (115kB) |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
07. Daftar Pustaka (Tugas Akhir Skripsi Ardiyasa N) - Ardiyasa N..pdf Restricted to Registered users only Download (51kB) |
||
Text (LAMPIRAN)
08. Lampiran (Tugas Akhir Skripsi Ardiyasa N) - Ardiyasa N..pdf Restricted to Registered users only Download (548kB) |
Abstract
TikTok is one of the most popular social media in Indonesia and can be seen from the very high number of downloads. Among the content categories on TikTok, TikTok staff stated that Educational Content is one of the most popular categories. One of the TikTok accounts that is actively sharing educational content, especially gadgets, is @bertustustus. The TikTok account @bertustustus also often wins educational content competitions from TikTok Indonesia. The TikTok account @bertustustus is also famous for its activeness and specialization in gadget education content. This study aims to determine the Educational Content Management Strategy on the @bertustustus TikTok Account in Increasing Brand Awareness. The theory used in this research is the 4C Concept in Chris Heuer's Social Media Operation which consists of elements of context, communication, collaboration, and connection. Then Mahmud Machfoedz's Effective Marketing Communication Strategy Theory which consists of elements of message strategy and media strategy. This research uses the constructivism paradigm. This research is a qualitative research with a case study method. The subject of this research is the owner of the TikTok account @bertustustus who acts as a key informant and five of his followers as informants. The results of this study indicate that the TikTok account @bertustustus has a strategy in determining content ideas from personal experiences or comments on TikTok videos, packaging content such as shooting and editing using 3 apps, content mirroring to other social media and also maintaining relationships with followers like a posting routine and interact directly with followers which can increase Brand Awareness. Keywords: Strategy, Content Management, Educational Content, TikTok, Brand Awareness TikTok adalah salah satu media sosial paling populer di Indonesia dan terlihat dari jumlah unduhan aplikasi TikTok yang sangat tinggi. Diantara kategori konten pada TikTok, Staff TikTok mengemukakan Konten Edukasi adalah salah satu kategori paling populer. Salah satu akun TikTok yang aktif membagikan konten edukasi terutama edukasi gadget adalah @bertustustus. Akun TikTok @bertustustus juga sering memenangkan kompetisi konten edukasi dari TikTok Indonesia. Akun TikTok @bertustustus juga terkenal dengan keaktifan dan spesialisasinya dalam konten edukasi gadget. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Strategi Pengelolaan Konten Edukasi Pada Akun TikTok @bertustustus Dalam Meningkatkan Brand Awareness. Teori yang diguanakan dalam penelitian ini adalah Konsep 4C dalam Pengoperasian Media Sosial milik Chris Heuer yang terdiri dari elemen context, communication, collaboration, dan connection. Kemudian Teori Strategi Komunikasi Pemasaran Efektif milik Mahmud Machfoedz yang terdiri dari elemen strategi pesan dan strategi media. Penelitian ini menggunakan paradigma konstruktivisme. Penelitian ini adalah penelitian Kualitatif dengan metode Studi Kasus. Subjek penelitian ini adalah pemilik akun TikTok @bertustustus yang bertindak sebagai key informant dan lima orang pengikutnya sebagai informan. Hasil dari Penelitian ini menunjukkan bahwa Akun TikTok @bertustustus memiliki strategi dalam penentuan ide konten dari pengalaman pribadi atau komentar di video TikTok, pengemasan konten seperti teknik shooting dan editing menggunakan 3 app, proses mirroring ke media sosial lain dan juga pemeliharaan hubungan dengan pengikutnya seperti rutin melakukan posting dan berinteraksi langsung dengan pengikutnya yang dapat meningkatkan Brand Awareness dari @bertustustus. Kata Kunci: Strategi, Pengelolaan Konten, Konten Edukasi, TikTok, Brand Awareness
Actions (login required)
View Item |