ANALISIS KEPUASAN PENUMPANG TERHADAP PELAYANAN KERETA REL LISTRIK (KRL) COMMUTER LINE RUTE RANGKASBITUNG-TANAH ABANG

GHOSSAN HINDAMI, GHAZI (2020) ANALISIS KEPUASAN PENUMPANG TERHADAP PELAYANAN KERETA REL LISTRIK (KRL) COMMUTER LINE RUTE RANGKASBITUNG-TANAH ABANG. S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.

[img]
Preview
Text (HAL COVER)
1. COVER(1).pdf

Download (430kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
2. BAB I(1).pdf
Restricted to Registered users only

Download (83kB)
[img] Text (BAB II)
3. BAB II(1).pdf
Restricted to Registered users only

Download (367kB)
[img] Text (BAB III)
4. BAB III(1).pdf
Restricted to Registered users only

Download (204kB)
[img] Text (BAB V)
6. BAB V(1).pdf
Restricted to Registered users only

Download (90kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
7. DAFTAR PUSTAKA(1).pdf
Restricted to Registered users only

Download (91kB)

Abstract

Population growth in Lebak Regency, especially the Rangkasbitung area and population growth in Tanah Abang, is currently very fast, resulting in population density in Rangkasbitung and Tanah Abang which has an impact on the growth of the Rangkasbitung and Tanah Abang communities who work in Jabodetabek. Because high traffic mobility makes traffic jams inevitable, the government is currently taking measures to anticipate worsening congestion by adding better mass transportation options. One type of transportation that can be used as an alternative to solve the transportation needs of the people above is a train. To increase competitiveness, it is necessary to analyze the quality of service so that the interest of private vehicle users to switch to public transportation and the convenience of customers who have used KRL can increase. In this study, it refers to the provisions of the RI Minister of Public Affairs: PM 63 of 2019 concerning Minimum Service Standards for People Transportation by Train. To know the level of service performance and the level of satisfaction of station passengers, the analysis is carried out using the IPA (Importance Performance Analysis) method. From the results of the research, the average level of interest or expectation of passenger satisfaction with services at Rangkasbitung Station and Tanah Abang Station is Very Important with an average level of station performance that is good. The intermoda at Rangkasbitung Station has very few facilities to support the convenience of KRL passengers in making modal transfers. The Intermoda at Tanah Abang Station has very good facilities to support the convenience of KRL passengers in making modal transfers. Keywords : Rangkasbitung Station, Tanah Abang Station, Minimum Service Standards, Intermoda Pertumbuhan penduduk di Kabupaten Lebak khususnya daerah Rangkasbitung dan pertumbuhan penduduk di Tanah Abang untuk saat ini sangat pesat, sehingga mengakibatkan kepadatan jumlah penduduk di Rangkasbitung maupun Tanah Abang yang berimbas pada tumbuhnya masyarakat Rangkasbitung dan Tanah Abang yang bekerja di Jabodetabek. Karena tingginya mobilitas lalu lintas mengakibatkan tidak bisa dihindarkannya kemacetan di jalan raya, saat ini pemerintah sedang melakukan tindakan antisipasi kemacetan yang semakin parah dengan menambah pilihan transportasi massal yang lebih baik. Salah satu jenis transportasi yang dapat dijadikan alternatif untuk mengatasi permasalahan kebutuhan transportasi masyarakat di atas adalah kereta api. Untuk meningkatkan daya saing perlu dilakukan analisis terhadap kualitas pelayanan sehingga minat pengguna kendaraan pribadi berpindah ke transportasi umum dan kenyamanan pelanggan yang telah menggunakan KRL dapat meningkat. Dalam penelitian ini mengacu pada ketentuan PERMENHUB RI : PM 63 TAHUN 2019 Tentang Standar Pelayanan Minimum Angkutan Orang Dengan Kereta Api. Untuk megetahui tingkat kinerja pelayanan dan tingkat kepuasaan penumpang Stasiun maka analisis di lakukan menggunakan metode IPA (Importance Performance Analysis) Dari hasil penelitian rata - rata tingkat kepentingan atau harapan kepuasan penumpang terhadap pelayanan di Stasiun Rangkasbitung maupun Stasiun Tanah Abang yaitu Sangat Penting dengan rata - rata tingkat kinerja stasiun yaitu baik. Intermoda di Stasiun Rangkasbitung sangat minim fasilitas untuk menunjang kemudahan penumpang KRL melakukan perpindahan moda. Intermoda di Stasiun Tanah abang sudah sangat baik fasilitas untuk menunjang kemudahan penumpang KRL melakukan perpindahan moda. Kata Kunci : Stasiun Rangkasbitung, Stasiun Tanah Abang, Standar Pelayanan Minimum, Intermoda

Item Type: Thesis (S1)
Call Number: ST/11/21/066
NIM/NIDN Creators: 41116010048
Uncontrolled Keywords: Stasiun Rangkasbitung, Stasiun Tanah Abang, Standar Pelayanan Minimum, Intermoda
Subjects: 100 Philosophy and Psychology/Filsafat dan Psikologi > 150 Psychology/Psikologi > 154 Subconscious and Altered States and Process/Psikologi Bawah Sadar > 154.6 Sleep Phenomena/Fenomena Tidur > 154.63 Dreams/Mimpi > 154.634 Analysis/Analisis
200 Religion/Agama > 260 Christian Social Theology/Teologi Sosial Kristen > 268 Religious Education/Pendidikan Agama Kristen, Pengajaran Agama Kristen > 268.7 Services/Pelayanan
700 Arts/Seni, Seni Rupa, Kesenian > 710 Civic and Lanscape Art/Seni Perkotaan dan Pertamanan > 711 Area Planning/Perencanaan Wilayah Perkotaan dan Pertamanan > 711.7 Plans for Transportation Facilities/Perencanaan untuk Fasilitas Transportasi > 711.75 Railroad Transportation Facilities/Fasilitas Transportasi Kereta Api
700 Arts/Seni, Seni Rupa, Kesenian > 720 Architecture/Arsitektur > 725 Public Structures Architecture/Arsitektur Struktur Umum > 725.3 Transportation and Storage Buildings/Arsitektur Gedung Sarana Pengangkutan dan Penyimpanan > 725.31 Railroad and Rapid Stations/Jalan Kereta api dan Stasiun
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Sipil
Depositing User: Rifky
Date Deposited: 08 May 2022 02:43
Last Modified: 08 May 2022 02:43
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/53120

Actions (login required)

View Item View Item