HUBUNGAN KONSEP DIRI DENGAN MOTIVASI BELAJAR PADA REMAJA ADIKSI SMARTPHONE DI SMK X JAKARTA BARAT

AMALIA, NADIA (2019) HUBUNGAN KONSEP DIRI DENGAN MOTIVASI BELAJAR PADA REMAJA ADIKSI SMARTPHONE DI SMK X JAKARTA BARAT. S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.

[img]
Preview
Text (HAL COVER)
01.HALAMAN JUDUL.pdf

Download (28kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
02.ABSTRAK.pdf

Download (105kB) | Preview
[img]
Preview
Text (LEMBAR PERNYATAAN)
03.LEMBAR PERNYATAAN.pdf

Download (77kB) | Preview
[img]
Preview
Text (LEMBAR PENGESAHAN)
04.LEMBAR PENGESAHAN & PENGESAHAN SIDANG TUGAS AKHIR.pdf

Download (206kB) | Preview
[img]
Preview
Text (KATA PENGANTAR)
05.KATA PENGANTAR.pdf

Download (146kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
06.DAFTAR ISI.pdf

Download (107kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
07.BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (184kB)
[img] Text (BAB II)
08.BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (239kB)
[img] Text (BAB III)
09.BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (231kB)
[img] Text (BAB IV)
10.BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (214kB)
[img] Text (BAB V)
11.BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (107kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
12.DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (259kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
13.LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (210kB)

Abstract

Smartphones are the most widely used communication tool today, including teenagers. Adolescents often use smartphones without good time control which can cause addiction. Smartphone addiction can have a negative impact, one of which is a decrease in academic performance. Academic performance is very important for adolescents because at that time adolescents were still included in the age of education. Learning motivation is very necessary to achieve good academic performance. Learning motivation can be formed by two factors, namely external and internal factors. One of the internal factors forming learning motivation is self-concept. The purpose of this study was to determine the relationship between self-concept and learning motivation in adolescent smartphone addiction at West Jakarta Vocational High School. This research was conducted on 171 subjects. Sampling is done by accidental sampling technique. The hypothesis in this study is that there is a positive relationship between selfconcept and learning motivation in adolescents smartphone addiction. Data collection is done by dividing 3 questionnaires that have been tested for validity and reliability consisting of Smartphone Addiction questionnaire (Kwon), Self Concept (Fitts) and Learning Motivation (Uno).This research method is a quantitative study using correlation techniques, after testing the two variables, the value of r = 0.542 and p = 0.000 <0.01 indicates that self-concept has a positive and significant relationship with learning motivation in adolescents smartphone addiction in vocational schools X West Jakarta. Keywords: smartphone addiction, self concept, learning motivation Smartphone merupakan alat komunikasi yang paling banyak digunakan saat ini, tidak terkecuali oleh remaja. Remaja sering menggunakan smartphone tanpa kontrol waktu yang baik sehingga menimbulkan dampak adiksi. Adiksi smartphone dapat menimbulkan dampak negatif salah satunya adalah penurunan performa akademik. Performa akademik sangat penting bagi remaja karena pada masa tersebut remaja masih termasuk dalam usia pendidikan. Motivasi belajar sangat diperlukan untuk mencapai performa akademik yang baik. Motivasi belajar dapat terbentuk oleh dua faktor, yaitu faktor eksternal dan internal. Faktor internal pembentuk motivasi belajar salah satunya adalah konsep diri. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara konsep diri dengan motivasi belajar pada remaja adiksi smartphone di SMK X Jakarta Barat. Populasi ssiwa di SMK X berjumlah 497 siswa. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik pengambilan sampel Slovin dan kemudian didapatkan sampel peneltiian sebanyak 222 subjek yang kemudian dilakukan pengetesan dengan menggunakan alat ukur yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya, yaitu alat ukur adiksi smartphone (Kwoon), Konsep Diri (Fitts) dan Motivasi Belajar (Uno). Selanjutnya, kriteria subjek yang akan digunakan sebagai sampel dalam penelitian adalah subjek dengan level adiksi smartphone tinggi dan sedang, sehingga didapatkan sebanyak 171 subjek. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik accidental sampling dengan kriteria remaja yang menggunakan smartphone dengan level adiksi tinggi dan sedang. Hipotesis dalam penelitian ini adalah ada hubungan positif antara konsep diri dengan motivasi belajar pada remaja adiksi smartphone. Metode penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan teknik korelasi, setelah dilakukan pengujian terhadap kedua variabel maka diperoleh nilai r = 0,542 dan p = 0,000 <0,01 menunjukkan bahwa konsep diri memiliki hubungan yang positif dan signifikan dengan motivasi belajar pada remaja adiksi smartphone di SMK X Jakarta Barat. Arah hubungan yang positif menunjukkan bahwa semakin tinggi konsep diri yang dimiliki remaja adiksi smartphone di SMK X Jakarta Barat maka akan semakin tinggi pula motivasi belajarnya, begitu pula sebaliknya. Kata Kunci : adiksi smartphone, konsep diri, motivasi belajar

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FP/PSI. 19 208
NIM: 46113110014
Uncontrolled Keywords: adiksi smartphone, konsep diri, motivasi belajar
Subjects: 100 Philosophy and Psychology/Filsafat dan Psikologi > 150 Psychology/Psikologi
100 Philosophy and Psychology/Filsafat dan Psikologi > 150 Psychology/Psikologi > 158 Applied Psychology/Psikologi Terapan > 158.3 Counseling and Interviewing/Psikologi Konseling, Penyuluhan, Pemberian Nasehat dan Wawancara > 158.35 Group Counseling and Interviewing/Kelompok Psikologi Konseling
300 Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 370 Education/Pendidikan
300 Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 370 Education/Pendidikan > 371 Educational Institutions, Schools and Their Activities/Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya
300 Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 370 Education/Pendidikan > 371 Educational Institutions, Schools and Their Activities/Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.3 Methods of Instruction and Study/Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
300 Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 370 Education/Pendidikan > 372 Elementary Education/Pendidikan Dasar > 372.4 Reading/Membaca, Belajar Membaca
700 Arts/Seni, Seni Rupa, Kesenian > 740 Drawing and Decorative Art/Menggambar dan Seni Dekorasi > 747 Interior Decoration/Dekorasi Interior, Desain Interior > 747.7 Decoration of Specific Rooms/Dekorasi Interior Ruang Khusus Lainnya > 747.73 Studies/Ruang Belajar
Divisions: Fakultas Psikologi > Psikologi
Depositing User: Dede Muksin Lubis
Date Deposited: 30 Dec 2019 04:28
Last Modified: 08 Jan 2020 01:59
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/53113

Actions (login required)

View Item View Item