DATA WAREHOUSE MENGGUNAKAN ALGORITMA NAIVE BAYES UNTUK MENUNJANG ANALISA DIVISI MARKETING (Studi Kasus : Pt. Xyz Multifinance)

PRATAMA, SUHARI (2019) DATA WAREHOUSE MENGGUNAKAN ALGORITMA NAIVE BAYES UNTUK MENUNJANG ANALISA DIVISI MARKETING (Studi Kasus : Pt. Xyz Multifinance). S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.

[img]
Preview
Text (HAL COVER)
1. Judul.pdf

Download (283kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2. Abstrak.pdf

Download (29kB) | Preview
[img]
Preview
Text (LEMBAR PERNYATAAN)
3. Surat Pernyataan.pdf

Download (186kB) | Preview
[img]
Preview
Text (LEMBAR PENGESAHAN)
4. Lembar Pengesahan.pdf

Download (110kB) | Preview
[img]
Preview
Text (KATA PENGANTAR)
5. Kata Pengantar.pdf

Download (270kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
6. Daftar Isi.pdf

Download (358kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR TABEL)
7. Daftar Tabel.pdf

Download (27kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR GAMBAR)
8. Daftar Gambar.pdf

Download (26kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR LAMPIRAN)
9. Daftar Lampiran.pdf

Download (21kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
10. Bab 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (36kB)
[img] Text (BAB II)
11. Bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (59kB)
[img] Text (BAB III)
12. Bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (25kB)
[img] Text (BAB IV)
13. Bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (32kB)
[img] Text (BAB V)
14. Bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB VI)
15. Bab 6.pdf
Restricted to Registered users only

Download (28kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
16. Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (79kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
17. Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (590kB)

Abstract

Marketing Division at PT. XYZ Multifinance makes periodic reports by downloading the detailed reports from the current system, then combined to produce a summary report as an analysis material. However, the current report has used a particular method to produce forecasting which is intended to predict from several dimensions are financing structure, type of assets and profile of debtor. This study aims to design a data warehouse as a solution for making forecasting reports from several classifications as an analysis material in the Marketing Division. This study will produce a data warehouse that will be used to make forecasting reports from several dimensions can be selected to be flexibly compared to measured by Naive Bayes algorithm so that accurate data prediction is obtained as a reference for the Marketing Division in determining the criteria for products sale in the future based on historical sales data from a period. By utilizing a data warehouse, the presentation of data will be faster and concise because information from several data sources has converted automatically by an OLTP (OnLine Transaction Processing) to produce OLAP (OnLine Analytical Processing). With the use of OLAP, large of data can be analyzed with a fast and accurate. Keywords: Report, data warehouse, OLTP, OLAP, Naïve Bayes Divisi Marketing pada PT. XYZ Multifinance membuat laporan berkala dengan cara mengunduh beberapa laporan rinci dari sistem berjalan, kemudian diolah atau dikombinasikan untuk menghasilkan ringkasan laporan sebagai bahan analisa. Namun demikian laporan yang ada saat ini belum menggunakan metode tertentu untuk menghasilkan forecasting yang ditujukan untuk memprediksi dari dimensi struktur pembiayaan, jenis aset yang dibiayai dan profil debitur. Penelitian ini bertujuan untuk merancang data warehouse sebagai solusi untuk pembuatan laporan forecasting dari beberapa klasifikasi dimensi data sebagai bahan analisa pada Divisi Marketing. Penelitian ini akan menghasilkan data warehouse yang akan digunakan untuk pembuatan laporan forecasting dari beberapa dimensi yang bisa dipilih untuk di komparasi secara fleksibel untuk diukur dengan algoritma Naive Bayes sehingga diperoleh prediksi data yang akurat sebagai referensi untuk Divisi Marketing dalam menentukan kriteria produk yang akan dijual ke depan berdasarkan histori data penjualan dari suatu periode. Dengan pemanfaatan data warehouse, penyajian data akan lebih cepat dan ringkas karena informasi dari beberapa sumber data sudah dikonversi secara otomatis oleh sistem berbasis OLTP (OnLine Transaction Processing) untuk menghasilkan data OLAP (OnLine Analytical Processing). Dengan pemanfaatan OLAP, data dalam jumlah besar bisa dianalisa dengan proses yang cepat dan akurat. Kata Kunci: Laporan, data warehouse, OLTP, OLAP, Naïve Bayes

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FIK/SI. 19 021
Call Number: SIK/18/19/048
NIM: 41816120035
Uncontrolled Keywords: Laporan, data warehouse, OLTP, OLAP, Naïve Bayes
Subjects: 500 Natural Science and Mathematics/Ilmu-ilmu Alam dan Matematika > 510 Mathematics/Matematika
500 Natural Science and Mathematics/Ilmu-ilmu Alam dan Matematika > 510 Mathematics/Matematika > 518 Numerical Analysis/Analisis Numerik, Analisa Numerik
500 Natural Science and Mathematics/Ilmu-ilmu Alam dan Matematika > 510 Mathematics/Matematika > 518 Numerical Analysis/Analisis Numerik, Analisa Numerik > 518.1 Algorithms/Algoritma
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Sistem Informasi
Depositing User: Dede Muksin Lubis
Date Deposited: 18 Dec 2019 01:12
Last Modified: 08 Jan 2020 01:51
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/52912

Actions (login required)

View Item View Item