PENGARUH BIAYA PRODUKSI DAN BIAYA PROMOSI TERHADAP LABA BERSIH DENGAN PENJUALAN SEBAGAI VARIABEL MODERASI (Studi Empiris Pada Perusahaan Sub Sektor Makanan dan Minuman terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Tahun 2012-2017)

LATIFAH, NENENG ULFAH (2019) PENGARUH BIAYA PRODUKSI DAN BIAYA PROMOSI TERHADAP LABA BERSIH DENGAN PENJUALAN SEBAGAI VARIABEL MODERASI (Studi Empiris Pada Perusahaan Sub Sektor Makanan dan Minuman terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Tahun 2012-2017). S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.

[img]
Preview
Text (HALAMAN COVER)
1. HALAMAN JUDUL.pdf

Download (166kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
4. ABSTRAKSI.pdf

Download (166kB) | Preview
[img]
Preview
Text (LEMBAR PERNYATAAN)
2. SURAT PERNYATAAN KARYA SENDIRI.pdf

Download (181kB) | Preview
[img]
Preview
Text (LEMBAR PENGESAHAN)
3. LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (181kB) | Preview
[img]
Preview
Text (KATA PENGANTAR)
5.KATA PENGANTAR.pdf

Download (265kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
6. DAFTAR ISI.pdf

Download (169kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR TABEL)
7. DAFTAR TABEL.pdf

Download (164kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR GAMBAR)
8. DAFTAR GAMBAR.pdf

Download (159kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR LAMPIRAN)
9. DAFTAR LAMPIRAN.pdf

Download (162kB) | Preview
[img] Text (BAB 1)
10. BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (262kB)
[img] Text (BAB 2)
11. BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (338kB)
[img] Text (BAB 3)
12. BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (253kB)
[img] Text (BAB 4)
13. BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (354kB)
[img] Text (BAB 5)
14. BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (167kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
15. DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (225kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
16. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (631kB)

Abstract

This study aims to examine the effect of production costs and promotion costs on net income with sales as a moderating variable. This research was conducted on food and beverage sub-sector companies listed on the Indonesia Stock Exchange in 2012-2017. The sampling technique used in this study was purposive sampling. The samples used in this study were 12 companies from 14 food and beverage subsector companies listed on the Indonesia Stock Exchange in 2012-2017. The data analysis technique used is multiple regression analysis consisting of two variables, namely the independent variable and the dependent variable and the moderating regression analysis which consists of three variables, namely the independent variable, the moderating variable, and the dependent variable. The results of this study indicate that (1) Production Costs affect the Net Profit. (2) Promotion Costs have no effect on Net Profit. (3) Sales affect Net Income. (4) Sales do not moderate the effect of Production Costs and Net Profit. (5) Sales do not moderate the effect of Promotion Costs and Net Profit. Keywords: Production Costs, Promotion Costs, Sales, Net Income, Food and Beverage Companies Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pengaruh biaya produksi dan biaya promosi terhadap laba bersih dengan penjualan sebagai variabel moderasi. Penelitian ini dilakukan pada perusahaan sub sektor makanan dan minuman yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2012-2017. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah purposive sampling. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 12 perusahaan dari 14 perusahaan subsektor makanan dan minuman yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2012-2017. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi berganda yang terdiri dari dua variabel yaitu variabel independen dan variabel dependen dan analisis regresi moderasi yang terdiri dari tiga variabel yaitu variabel independen, variabel moderasi, dan variabel dependen. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa (1) Biaya Produksi berpengaruh terhadap Laba Bersih. (2) Biaya Promosi tidak berpengaruh terhadap Laba Bersih. (3) Penjualan berpengaruh terhadap Laba Bersih. (4) Penjualan tidak memoderasi pengaruh Biaya Produksi dan Laba Bersih. (5) Penjualan tidak memoderasi pengaruh Biaya Promosi dan Laba Bersih. Kata Kunci: Biaya Produksi, Biaya Promosi, Penjualan, Laba Bersih, Perusahaan Makanan dan Minuman

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FE/AK. 19 1116
NIM/NIDN Creators: 43216120269
Uncontrolled Keywords: Biaya Produksi, Biaya Promosi, Penjualan, Laba Bersih, Perusahaan Makanan dan Minuman
Subjects: 600 Technology/Teknologi > 650 Management, Public Relations, Business and Auxiliary Service/Manajemen, Hubungan Masyarakat, Bisnis dan Ilmu yang Berkaitan > 657 Accounting/Akuntansi
600 Technology/Teknologi > 650 Management, Public Relations, Business and Auxiliary Service/Manajemen, Hubungan Masyarakat, Bisnis dan Ilmu yang Berkaitan > 657 Accounting/Akuntansi > 657.3 Financial Reporting (Financial Statements)/Laporan Keuangan > 657.32 Preparing Financial Statements/Menyiapkan Laporan Keuangan
600 Technology/Teknologi > 650 Management, Public Relations, Business and Auxiliary Service/Manajemen, Hubungan Masyarakat, Bisnis dan Ilmu yang Berkaitan > 657 Accounting/Akuntansi > 657.4 Specific Fields of Accounting/Bidang Akuntansi Tertentu > 657.48 Analytical (Financial) Accounting/Analisis (Keuangan) Akuntansi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Depositing User: Dede Muksin Lubis
Date Deposited: 24 Dec 2021 04:19
Last Modified: 17 Oct 2023 07:41
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/52864

Actions (login required)

View Item View Item