MODEL KEPUTUSAN KONSUMEN DALAM MEMILIH OPERATOR SELULER DAN PEMBENTUKAN PERILAKU PENGGUNAAN LAYANAN TEKNOLOGI BERKELANJUTAN

GRANITA, WIDYA (2021) MODEL KEPUTUSAN KONSUMEN DALAM MEMILIH OPERATOR SELULER DAN PEMBENTUKAN PERILAKU PENGGUNAAN LAYANAN TEKNOLOGI BERKELANJUTAN. S3 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.

[img]
Preview
Text (HAL COVER)
1.COVER.pdf

Download (603kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
2.BAB 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (354kB)
[img] Text (BAB II)
3.BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (903kB)
[img] Text (BAB III)
4.BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (682kB)
[img] Text (BAB IV)
5.BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (402kB)
[img] Text (BAB V)
6.BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (886kB)
[img] Text (BAB VI)
7.BAB 6.pdf
Restricted to Registered users only

Download (178kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8.DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (453kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
9.LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (419kB)

Abstract

In the last few years, the growth of mobile internet service users has increased, but it has been followed by a stagnant usage rate (ARPU) that has even tended to decline. The challenge faced by cellular operators is to increase revenue in a situation of intense competition in the telecommunications industry in a mature market. Thus the systematic management of users is needed, through the formation of user behavior based on structured motivational needs and characteristics of technology, to provide measurable satisfaction values. This study aims to build a decision model for selecting cellular operators and forming cyclic usage behaviors by uniting the adoption and diffusion of use. The cyclic concept will directly increase repeat usage while also forming user loyalty. The quantitative approach used in this study, data collection is done through surveys, data processing and analysis using Structural Equation Modelling (SEM) with the addition of discriminant analysis for groups of prepaid and postpaid users. This research produces a new model that illustrates the importance of technology acceptance and usage behavior as the dominant determinant of the technology adoption-diffusion process. Research findings: (1) Utilitarian motivation influences the decision to choose a cellular operator significantly (KMOS); (2) hedonic motivation influences KMOS; (3) Technology characteristics influence KMOS significantly; (4) KMOS influences usage behaviour significantly; (5) KMOS influences user evaluation significantly; (6) Usage behavior influences KMOS significantly; (7) User evaluation influences KMOS significantly. The results of the study can enrich the literature treasury by contributing useful theories about the concept of user behavior in managing consumers, especially in the telecommunications industry. Besides, it can assist cellular operators in designing usage behavior; develop a variety of valueadded services based on the latest technology following the behavior, wants, and needs of users. Keywords: adoption diffusion, use diffusion, cyclic, technology fit Beberapa tahun terakhir ini pertumbuhan pengguna layanan data seluler semakin meningkat, namun diiringi dengan rerata penggunaan (ARPU) yang stagnan bahkan cenderung menurun. Tantangan yang dihadapi operator seluler adalah meningkatkan pendapatan dalam situasi ketatnya persaingan di industri telekomunikasi pada pasar yang telah matang. Dengan demikian diperlukan pengelolaan pengguna secara sistematis, melalui pembentukan perilaku penggunaan yang didasari motivasi kebutuhan dan karakteristik teknologi yang terstruktur, sehingga dapat memberikan nilai kepuasan yang terukur. Penelitian ini bertujuan membangun model keputusan memilih operator seluler dan pembentukan perilaku penggunaan yang bersifat siklik dengan menyatukan adopsi dan difusi penggunaan. Konsep siklik secara langsung akan meningkatkan penggunaan berulang sekaligus membentuk loyalitas pengguna. Pendekatan kuantitatif digunakan pada penelitian ini, pengumpulan data dilakukan melalui survei pada 258 responden dan analisis data menggunakan Structural Equation Modelling (SEM) dengan penambahan diskriminan analisis untuk kelompok pengguna prabayar dan pascabayar. Penelitian ini menghasilkan model baru yang menggambarkan pentingnya penerimaan teknologi dan perilaku penggunaan sebagai penentu dominan proses adopsi-difusi teknologi. Temuan penelitian: (1) Motivasi utilitarian berpengaruh signifikan terhadap keputusan memilih operator seluler (KMOS); (2) Motivasi hedonik berpengaruh terhadap keputusan memilih operator seluler KMOS; (3) Karakteristik teknologi berpengaruh signifikan terhadap KMOS; (4) KMOS berpengaruh terhadap perilaku penggunaan; (5) KMOS berpengaruh signifikan terhadap evaluasi pengguna; (6) Perilaku penggunaan berpengaruh signifikan terhadap KMOS; (7) Evaluasi pengguna berpengaruh signifikan terhadap KMOS. Hasil penelitian ini dapat memperkaya khasanah literatur dengan kontribusi teori yang bermanfaat mengenai konsep perilaku penggunaan dalam mengelola konsumen, khususnya di industri telekomunikasi. Selain itu, dapat membantu operator seluler dalam merancang perilaku penggunaan; mengembangkan ragam layanan bernilai tambah berbasis teknologi terkini yang sesuai dengan perilaku, keinginan dan kebutuhan pengguna. Kata Kunci: adopsi, difusi penggunaan, siklik, kecocokan teknologi

Item Type: Thesis (S3)
Call Number: DM/51/22/002
NIM/NIDN Creators: 67116020001
Uncontrolled Keywords: adopsi, difusi penggunaan, siklik, kecocokan teknologi
Subjects: 000 Computer Science, Information and General Works/Ilmu Komputer, Informasi, dan Karya Umum > 000. Computer Science, Information and General Works/Ilmu Komputer, Informasi, dan Karya Umum > 004 Data Processing, Computer Science/Pemrosesan Data, Ilmu Komputer, Teknik Informatika > 004.6 Interfacing and Communications/Tampilan Antar Muka (Interface) dan Jaringan Komunikasi Komputer > 004.69 Specific Kinds of Computer Communications/Jenis Khusus Komunikasi Komputer > 004.695 Internet Telephony/Telepon Internet
300 Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 380 Commerce, Communications, Transportation (Perdagangan, Komunikasi, Transportasi)
300 Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 380 Commerce, Communications, Transportation (Perdagangan, Komunikasi, Transportasi) > 384 Communications Telemunications/Komunikasi Telekomunikasi > 384.6 Telephone/Telepon
600 Technology/Teknologi > 650 Management, Public Relations, Business and Auxiliary Service/Manajemen, Hubungan Masyarakat, Bisnis dan Ilmu yang Berkaitan > 651 Office Services/Layanan Kantor
600 Technology/Teknologi > 650 Management, Public Relations, Business and Auxiliary Service/Manajemen, Hubungan Masyarakat, Bisnis dan Ilmu yang Berkaitan > 651 Office Services/Layanan Kantor > 651.9 Office Services in Specific Kinds of Enterprises/Layanan Kantor untuk Perusahaan Tertentu
600 Technology/Teknologi > 650 Management, Public Relations, Business and Auxiliary Service/Manajemen, Hubungan Masyarakat, Bisnis dan Ilmu yang Berkaitan > 658 General Management/Manajemen Umum > 658.3 Personnel Management/Manajemen Personalia, Manajemen Sumber Daya Manusia, Manajemen SDM
600 Technology/Teknologi > 650 Management, Public Relations, Business and Auxiliary Service/Manajemen, Hubungan Masyarakat, Bisnis dan Ilmu yang Berkaitan > 658 General Management/Manajemen Umum > 658.5 Management of Production/Manajemen Produksi
600 Technology/Teknologi > 650 Management, Public Relations, Business and Auxiliary Service/Manajemen, Hubungan Masyarakat, Bisnis dan Ilmu yang Berkaitan > 658 General Management/Manajemen Umum > 658.6 Quality Management/Manajemen Kualitas
Divisions: Program Doktor > Doktor Manajemen
Depositing User: Dede Muksin Lubis
Date Deposited: 15 Dec 2021 02:29
Last Modified: 02 Mar 2022 06:57
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/52155

Actions (login required)

View Item View Item