GRANITA, WIDYA (2021) MODEL KEPUTUSAN KONSUMEN DALAM MEMILIH OPERATOR SELULER DAN PEMBENTUKAN PERILAKU PENGGUNAAN LAYANAN TEKNOLOGI BERKELANJUTAN. S3 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.
|
Text (HAL COVER)
1.COVER.pdf Download (603kB) | Preview |
|
Text (BAB I)
2.BAB 1.pdf Restricted to Registered users only Download (354kB) |
||
Text (BAB II)
3.BAB 2.pdf Restricted to Registered users only Download (903kB) |
||
Text (BAB III)
4.BAB 3.pdf Restricted to Registered users only Download (682kB) |
||
Text (BAB IV)
5.BAB 4.pdf Restricted to Registered users only Download (402kB) |
||
Text (BAB V)
6.BAB 5.pdf Restricted to Registered users only Download (886kB) |
||
Text (BAB VI)
7.BAB 6.pdf Restricted to Registered users only Download (178kB) |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
8.DAFTAR PUSTAKA.pdf Restricted to Registered users only Download (453kB) |
||
Text (LAMPIRAN)
9.LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (419kB) |
Abstract
In the last few years, the growth of mobile internet service users has increased, but it has been followed by a stagnant usage rate (ARPU) that has even tended to decline. The challenge faced by cellular operators is to increase revenue in a situation of intense competition in the telecommunications industry in a mature market. Thus the systematic management of users is needed, through the formation of user behavior based on structured motivational needs and characteristics of technology, to provide measurable satisfaction values. This study aims to build a decision model for selecting cellular operators and forming cyclic usage behaviors by uniting the adoption and diffusion of use. The cyclic concept will directly increase repeat usage while also forming user loyalty. The quantitative approach used in this study, data collection is done through surveys, data processing and analysis using Structural Equation Modelling (SEM) with the addition of discriminant analysis for groups of prepaid and postpaid users. This research produces a new model that illustrates the importance of technology acceptance and usage behavior as the dominant determinant of the technology adoption-diffusion process. Research findings: (1) Utilitarian motivation influences the decision to choose a cellular operator significantly (KMOS); (2) hedonic motivation influences KMOS; (3) Technology characteristics influence KMOS significantly; (4) KMOS influences usage behaviour significantly; (5) KMOS influences user evaluation significantly; (6) Usage behavior influences KMOS significantly; (7) User evaluation influences KMOS significantly. The results of the study can enrich the literature treasury by contributing useful theories about the concept of user behavior in managing consumers, especially in the telecommunications industry. Besides, it can assist cellular operators in designing usage behavior; develop a variety of valueadded services based on the latest technology following the behavior, wants, and needs of users. Keywords: adoption diffusion, use diffusion, cyclic, technology fit Beberapa tahun terakhir ini pertumbuhan pengguna layanan data seluler semakin meningkat, namun diiringi dengan rerata penggunaan (ARPU) yang stagnan bahkan cenderung menurun. Tantangan yang dihadapi operator seluler adalah meningkatkan pendapatan dalam situasi ketatnya persaingan di industri telekomunikasi pada pasar yang telah matang. Dengan demikian diperlukan pengelolaan pengguna secara sistematis, melalui pembentukan perilaku penggunaan yang didasari motivasi kebutuhan dan karakteristik teknologi yang terstruktur, sehingga dapat memberikan nilai kepuasan yang terukur. Penelitian ini bertujuan membangun model keputusan memilih operator seluler dan pembentukan perilaku penggunaan yang bersifat siklik dengan menyatukan adopsi dan difusi penggunaan. Konsep siklik secara langsung akan meningkatkan penggunaan berulang sekaligus membentuk loyalitas pengguna. Pendekatan kuantitatif digunakan pada penelitian ini, pengumpulan data dilakukan melalui survei pada 258 responden dan analisis data menggunakan Structural Equation Modelling (SEM) dengan penambahan diskriminan analisis untuk kelompok pengguna prabayar dan pascabayar. Penelitian ini menghasilkan model baru yang menggambarkan pentingnya penerimaan teknologi dan perilaku penggunaan sebagai penentu dominan proses adopsi-difusi teknologi. Temuan penelitian: (1) Motivasi utilitarian berpengaruh signifikan terhadap keputusan memilih operator seluler (KMOS); (2) Motivasi hedonik berpengaruh terhadap keputusan memilih operator seluler KMOS; (3) Karakteristik teknologi berpengaruh signifikan terhadap KMOS; (4) KMOS berpengaruh terhadap perilaku penggunaan; (5) KMOS berpengaruh signifikan terhadap evaluasi pengguna; (6) Perilaku penggunaan berpengaruh signifikan terhadap KMOS; (7) Evaluasi pengguna berpengaruh signifikan terhadap KMOS. Hasil penelitian ini dapat memperkaya khasanah literatur dengan kontribusi teori yang bermanfaat mengenai konsep perilaku penggunaan dalam mengelola konsumen, khususnya di industri telekomunikasi. Selain itu, dapat membantu operator seluler dalam merancang perilaku penggunaan; mengembangkan ragam layanan bernilai tambah berbasis teknologi terkini yang sesuai dengan perilaku, keinginan dan kebutuhan pengguna. Kata Kunci: adopsi, difusi penggunaan, siklik, kecocokan teknologi
Actions (login required)
View Item |