STRATEGI PERSONAL SELLING UNTUK MENINGKATKAN BRAND AWARENESS MASYARAKAT PADA BUKU SASTRA KLASIK (Studi Kasus pada Divisi Marketing PT Balai Pustaka Tahun 2019)

RAHAYU, RATIH (2020) STRATEGI PERSONAL SELLING UNTUK MENINGKATKAN BRAND AWARENESS MASYARAKAT PADA BUKU SASTRA KLASIK (Studi Kasus pada Divisi Marketing PT Balai Pustaka Tahun 2019). S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.

[img]
Preview
Text (HAL COVER)
01 COVER.pdf

Download (525kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
02 BAB 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (342kB)
[img] Text (BAB II)
03 BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (175kB)
[img] Text (BAB III)
04 BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (56kB)
[img] Text (BAB IV)
05 BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB V)
06 BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (31kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
07 DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (31kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
08 LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (304kB)

Abstract

Doing personal selling study is interesting because it is related to efforts to transform knowledge, preferences, even attitudes and behavior of consumers or audiences. In publishing companies, printing and multimedia personal selling activities can be used as an effective method to increase brand awareness of book products among consumers or potential consumers. Through personal selling, marketers can find out directly what consumers need and fulfill consumer wants or needs. This research was done in order to find out various personal selling strategies by Balai Pustaka's marketing team to increase public brand awareness of Classical Literature Books The research method used in this research is a case study, in this research data estimation method which involves directly the research object that discusses and conduct in-depth interviews with informants who are directly involved in the marketing section of Balai Pustaka. The results of this study describe several stages of personal selling to increase public brand awareness in Classical Literature Books, that is grouping potential customers, studying potential customers, approaches, presentations and demonstrations, overcoming objections, closing sales, following up after sales and maintenance, and evaluation. From the results of this study, the researcher hopes that this research can be a reference in the field of study of marketing communication, especially with the implementation of personal selling concepts and strategies. As well as Balai Pustaka, it is necessary to increase training, especially in convincing consumers, consumer approaches, and training in delivering the product knowledge they have. Keywords: Personal selling, Brand Awareness, Classical Literature Book Products Kajian personal selling menarik untuk dilakukan karena berkaitan dengan upaya mengubah pengetahuan, preferensi bahkan sikap dan perilaku konsumen atau khalayak. Dalam perusahaan penerbitan, percetakan dan multimedia aktvitas personal selling saat ini dapat dijadikan sebagai salah satu metode yang efektif untuk meningkatkan brand awareness akan produk buku di kalangan konsumen atau calon konsumen. Melalui personal selling, pemasar dapat mengetahui secara langsung apa yang sedang dibutuhkan oleh konsumen dan sekaligus memenuhi keinginan atau kebutuhan konsumen. Penelitian ini dilakukan agar mengetahui berbagai strategi personal selling yang dilakukan oleh tim marketing Balai Pustaka untuk meningkatkan brand awareness masyarakat pada Buku Sastra Klasik. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi kasus, dalam metode pengumpulan data ini penulis melakukan pengamatan secara langsung terhadap objek riset yang diteliti dan melalukan wawancara mendalam dengan para informan yang terlibat langsung pada bagian tim marketing Balai Pustaka. Hasil penelitian ini menjelaskan beberapa tahapan personal selling untuk meningkatkan brand awareness masyrakat pada Buku Sastra Klasik, yaitu mengelompokkan calon pelanggan, mempelajari calon konsumen, pendekatan, presentasi dan demonstrasi, mengatasi keberatan, menutup penjualan, tindak lanjut setelah penjualan dan perawatan, dan evaluasi. Dari hasil penelitian ini, peneliti berharap penelitian ini dapat menjadi referensi bidang kajian ilmu komunikasi pemasaran khususnya dengan penerapan konsep dan strategi personal selling. Serta Balai Pustaka, maka perlu peningkatan training terutama dalam meyakinkan konsumen, pendekatan konsumen, dan training dalam penyampaian product knowledge yang dimiliki. Kata kunci: Personal selling, Brand Awareness, Produk Buku Sastra Klasik

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FK/PKP. 20 058
Call Number: SK/43/21/043
NIM/NIDN Creators: 44318110090
Uncontrolled Keywords: Personal selling, Brand Awareness, Produk Buku Sastra Klasik
Subjects: 000 Computer Science, Information and General Works/Ilmu Komputer, Informasi, dan Karya Umum > 070 Documentary Media, Educational Media, News Media, Journalism, Publishing/Media Dokumenter, Media Pendidikan, Media Berita, Jurnalisme, Penerbitan > 070.1-070.9 Standard Subdivisions of Documentary Media, Educational Media, News Media, Journalism, Publishing/Subdivisi Standar Dari Media Dokumenter, Media Pendidikan, Media Berita, Jurnalisme, Penerbitan > 070.5 Publishing/Penerbitan
000 Computer Science, Information and General Works/Ilmu Komputer, Informasi, dan Karya Umum > 070 Documentary Media, Educational Media, News Media, Journalism, Publishing/Media Dokumenter, Media Pendidikan, Media Berita, Jurnalisme, Penerbitan > 070.1-070.9 Standard Subdivisions of Documentary Media, Educational Media, News Media, Journalism, Publishing/Subdivisi Standar Dari Media Dokumenter, Media Pendidikan, Media Berita, Jurnalisme, Penerbitan > 070.5 Publishing/Penerbitan > 070.57 Kinds of Publications/Jenis-jenis Publikasi > 070.573 Specific Kinds of Books/Jenis Buku Tertentu
600 Technology/Teknologi > 650 Management, Public Relations, Business and Auxiliary Service/Manajemen, Hubungan Masyarakat, Bisnis dan Ilmu yang Berkaitan > 658 General Management/Manajemen Umum > 658.8 Marketing, Management of Distribution/Marketing, Manajemen Distribusi
600 Technology/Teknologi > 680 Manufacture For Specific Uses/Industri Pembuatan produk untuk penggunaan tertentu > 686 Printing and Related Activities/Produksi Percetakan dan Aktivitas Terkait
700 Arts/Seni, Seni Rupa, Kesenian > 790 Recreational and Performing Arts/Olah Raga dan Seni Pertunjukan > 794 Indoor Games of Skill/Permainan Ketangkasan dalam Ruangan > 794.1 Chess/Catur > 794.12 Strategy and Tactics/Strategi
800 Literatures/Kesusastraan > 810 Indonesian Literatures/Kesusastraan Indonesia
900 Geography and History/Sejarah, Geografi dan Disiplin Ilmu yang Berkaitan > 920 Biography, Obituary/Biografi, Obituari > 920.1-920.9 Standard Subdivisions of Biography, Obituary/Subdivisi Standar dari Biografi, Obituari > 920.4 Publishers and Booksellers Biography/Biografi Penerbit Buku dan Biografi Penjual Buku
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Periklanan dan Komunikasi pemasaran
Depositing User: Putra Arsy Anugrah
Date Deposited: 09 Jan 2023 07:56
Last Modified: 11 Feb 2023 07:34
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/51582

Actions (login required)

View Item View Item