EFEKTIVITAS KAMPANYE PR DIGITAL BOGOR TANPA KANTONG PLASTIK DI FACEBOOK FANSPAGE DINAS LINGKUNGAN HIDUP KOTA BOGOR

PRIMA FEBYANTI, SATYA (2020) EFEKTIVITAS KAMPANYE PR DIGITAL BOGOR TANPA KANTONG PLASTIK DI FACEBOOK FANSPAGE DINAS LINGKUNGAN HIDUP KOTA BOGOR. S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.

[img]
Preview
Text (HAL COVER)
1. HALAMAN JUDUL.pdf

Download (142kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2. ABSTRAK.pdf

Download (156kB) | Preview
[img]
Preview
Text (LEMBAR PERNYATAAN)
3.LEMBAR PERNYATAAN.pdf

Download (214kB) | Preview
[img]
Preview
Text (LEMBAR PENGESAHAN)
4. LEMBAR PENEGSAHAN.pdf

Download (257kB) | Preview
[img]
Preview
Text (KATA PENGANTAR)
5. KATA PENGANTAR.pdf

Download (69kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
6.DAFTAR ISI.pdf

Download (101kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR TABEL)
7. DAFTAR TABEL.pdf

Download (78kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR LAMPIRAN)
8. DAFTAR LAMPIRAN.pdf

Download (61kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
9.BAB 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (223kB)
[img] Text (BAB II)
10. BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (355kB)
[img] Text (BAB III)
11. BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (382kB)
[img] Text (BAB IV)
12.BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (577kB)
[img] Text (BAB V)
13. BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (191kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
14. DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (191kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
15.LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Mass media is a medium of communication and information that disseminates messages en masse and can be accessed by the masses as well. Digital era as it is now making mass media expand into web technologies such as social media. Social media provides new space as a medium that can be used for widespread and rapid dissemination of information. For this reason, social media such as Facebook are used by the Bogor City Environment Agency as a media to deliver campaign messages. The purpose of this study was to determine the effectiveness of the Bogor digital homework campaign without plastic bags in the Fanspage Facebook of the City of Bogor Environmental Department. This study uses the theory of effectiveness of communication and cyber PR as well as 4 dimensions measuring the effectiveness of public relations work, namely: audience coverange, audience response, communication impact, and the process of influence. The research method used is quantitative descriptive data collection techniques through surveys. Data analysis techniques in this study with a Likert scale consisting of a number of questions to be measured and given a score of 1-5. The results showed that the PR campaign carried out by the Bogor City Environment Office on Facebook's "EFFECTIVE" Facebook fanpage could be conveyed well to followers in terms of complete, easily understood, and persuasive message content. In addition, campaign messages can also raise awareness for the use of plastics, raise awareness of the environment and change behavior. But there are still a few things that must be considered and evaluated by the Bogor City Environment Office for a better campaign process. Keywords: Effectiveness, Social Media, Campaigns Media massa adalah media komunikasi dan informasi yang melakukan penyebaran pesan secara massal dan dapat diakses oleh masyarakat secara massal pula. Diera digital seperti saat ini membuat media massa berkembang merambah ke teknologi web seperti media social. Media sosial memberikan ruang baru sebagai media yang dapat digunakan untuk penyebaran informasi secara luas dan cepat. Untuk itu Media social seperti Facebook digunakan oleh Dinas Lingkungan Hidup Kota Bogor sebagai media penyampaian pesan kampanye. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas kampanye PR digital Bogor Tanpa Kantong Plastik di Facbook Fanspage Dinas Lingkungan Hidup Kota Bogor. Penelitian ini menggunakan teori efektifitas komunikasi dan cyber PR serta 4 dimensi pengukur efektifitas kerja PR yaitu : audience coverange, audience response, communication impact, dan process of influence. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif dengan teknik pengumpulan data melalui survey. Teknik analisis data pada penelitian ini dengan skala Likert yang terdiri dari sejumlah pertanyaan yang akan diukur dan diberi skor 1-5. Hasil penelitian menunjukan bahwa kampanye PR yang dilakukan Dinas Lingkungan Hidup Kota Bogor di Facebook Fanspage “EFEKTIF” dapat tersampaikan dengan baik kepada followers dari segi isi pesan yang lengkap, mudah dipahami, dan mempersuasif. Selain itu pesan kampanye juga dapat meningkatkan kesadaran untuk penggunaan plastik, menimbulkan rasa peduli dengan lingkungan dan merubah perilaku. Namun masih adanya beberapa hal yang harus diperhatikan dan dievaluasi oleh Dinas Lingkungan Hidup Kota Bogor untuk proses kampanye yang lebih baik lagi. Kata Kunci : Efektivitas, Media Sosial, Kampanye

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FK/PR. 20 063
Call Number: SK/42/21/054
NIM/NIDN Creators: 44217120055
Uncontrolled Keywords: Efektivitas, Media Sosial, Kampanye
Subjects: 000 Computer Science, Information and General Works/Ilmu Komputer, Informasi, dan Karya Umum > 000. Computer Science, Information and General Works/Ilmu Komputer, Informasi, dan Karya Umum > 006 Special Computer Methods/Metode Komputer Tertentu > 006.7 Multimedia Systems/Sistem-sistem Multimedia > 006.75 Social Multimedia/Multimedia Social > 006.754 Online Social Network/Situs Jejaring Sosial, Sosial Media
300 Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 320 Political dan Government Science/Ilmu Politik dan Ilmu Pemerintahan > 324 Political Process/Proses Politik
300 Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 320 Political dan Government Science/Ilmu Politik dan Ilmu Pemerintahan > 324 Political Process/Proses Politik > 324.5 Campaigns for Nominations/Kampanye
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Hubungan Masyarakat
Depositing User: Rifky
Date Deposited: 08 Mar 2023 02:20
Last Modified: 08 Mar 2023 02:20
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/51272

Actions (login required)

View Item View Item