HIDAYAT, MIFTAH FARID (2017) SIMBOL BOHONG DALAM IKLAN U MILD VERSI COWOK TAU KAPAN HARUS BOHONG (analisis semiotika roland barthes). S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.
|
Text (HAL COVER)
01.HAL COVER.pdf Download (440kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
02.ABSTRAK.pdf Download (49kB) | Preview |
|
Text (BAB I)
03.BAB I.pdf Restricted to Registered users only Download (64kB) |
||
Text (BAB II)
04.BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (206kB) |
||
Text (BAB III)
05.BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (40kB) |
||
Text (BAB IV)
06.BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (283kB) |
||
Text (BAB V)
07.BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (29kB) |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA DAN LAMPIRAN)
08.DAFTAR PUSTAKA DAN LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (48kB) |
Abstract
U Mild adalah salah satu produk rokok yang sering kali melakukan promosi dengan menggunakan iklan dengan sentuhan kreatif, salah satunya adalah iklan U Mild versi cowok tau kapan harus bohong. Dengan cara mengemas simbol-simbol dan untuk menyampaikan pesan yang ingin disampaikan oleh rokok U Mild yaitu konten bohong sebagai salah satu strategi untuk melakukan pendekatan seacra persuasif , mengingat bohong didalam pandangan masyarakat tidaklah selalu negatif bahkan terkadang dianggap lumrah dan U Mild melihat itu adalah sebuah peluang. Maka dari itu, sangat penting untuk mengetahui tanda-tanda (makna) yang ada didalam iklan rokok U Mild versi cowok tau kapan harus bohong agar masyarakat dapat memahami makna simbol yang terdapat didalam iklan dan memahami bagaimana simbol-simbol itu bekerja untuk menyampaikan sebuah pesan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian Kualitatif. Dimana peneliti akan menggunakan analisis semiotika, penelitian yang berupaya untuk menemukan simbol-simbol yang memiliki arti serta mengetahui sistem tanda seperti bahasa, gesture, ekspresi wajah, benda-benda dan lain sebagainya. Semiotika yang digunakan adalah semiotika Roland Barthes yang dikenal dengan “order of signification”, mencakup makna denotasi dan makna konotasi. Dan didukung dengan teori Interpersonal Deception Thory serta pandangan etika dan moral. Melalui analisa terhadap simbol-simbol yang terdapat didalam iklan U Mild versi cowok tau kapan harus bohong maka dihasilkan makna denotasi dimana permpuan memasak dengan penuh keraguanan yang terlihat dari mimik wajahnya namun pria tetap memberikan pernyataan baik terlihat pada saat pria menggunakan jarinya untuk membrikan pernyataan, meskipun pada faktanya tidaklah baik hal itu tampak pada ekspresi wajah pria yang sebenarnya ingin muntah. Dan makna konotasi yang dihasilkan dapat dideteksi ketika pria memberi pernyataan ia menikmati makanannya namum sebenarnya tidak menikmatinya.
Actions (login required)
View Item |