SIMBOL BOHONG DALAM IKLAN U MILD VERSI COWOK TAU KAPAN HARUS BOHONG (analisis semiotika roland barthes)

HIDAYAT, MIFTAH FARID (2017) SIMBOL BOHONG DALAM IKLAN U MILD VERSI COWOK TAU KAPAN HARUS BOHONG (analisis semiotika roland barthes). S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.

[img]
Preview
Text (HAL COVER)
01.HAL COVER.pdf

Download (440kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
02.ABSTRAK.pdf

Download (49kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
03.BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (64kB)
[img] Text (BAB II)
04.BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (206kB)
[img] Text (BAB III)
05.BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (40kB)
[img] Text (BAB IV)
06.BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (283kB)
[img] Text (BAB V)
07.BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (29kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA DAN LAMPIRAN)
08.DAFTAR PUSTAKA DAN LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (48kB)

Abstract

U Mild adalah salah satu produk rokok yang sering kali melakukan promosi dengan menggunakan iklan dengan sentuhan kreatif, salah satunya adalah iklan U Mild versi cowok tau kapan harus bohong. Dengan cara mengemas simbol-simbol dan untuk menyampaikan pesan yang ingin disampaikan oleh rokok U Mild yaitu konten bohong sebagai salah satu strategi untuk melakukan pendekatan seacra persuasif , mengingat bohong didalam pandangan masyarakat tidaklah selalu negatif bahkan terkadang dianggap lumrah dan U Mild melihat itu adalah sebuah peluang. Maka dari itu, sangat penting untuk mengetahui tanda-tanda (makna) yang ada didalam iklan rokok U Mild versi cowok tau kapan harus bohong agar masyarakat dapat memahami makna simbol yang terdapat didalam iklan dan memahami bagaimana simbol-simbol itu bekerja untuk menyampaikan sebuah pesan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian Kualitatif. Dimana peneliti akan menggunakan analisis semiotika, penelitian yang berupaya untuk menemukan simbol-simbol yang memiliki arti serta mengetahui sistem tanda seperti bahasa, gesture, ekspresi wajah, benda-benda dan lain sebagainya. Semiotika yang digunakan adalah semiotika Roland Barthes yang dikenal dengan “order of signification”, mencakup makna denotasi dan makna konotasi. Dan didukung dengan teori Interpersonal Deception Thory serta pandangan etika dan moral. Melalui analisa terhadap simbol-simbol yang terdapat didalam iklan U Mild versi cowok tau kapan harus bohong maka dihasilkan makna denotasi dimana permpuan memasak dengan penuh keraguanan yang terlihat dari mimik wajahnya namun pria tetap memberikan pernyataan baik terlihat pada saat pria menggunakan jarinya untuk membrikan pernyataan, meskipun pada faktanya tidaklah baik hal itu tampak pada ekspresi wajah pria yang sebenarnya ingin muntah. Dan makna konotasi yang dihasilkan dapat dideteksi ketika pria memberi pernyataan ia menikmati makanannya namum sebenarnya tidak menikmatinya.

Item Type: Thesis (S1)
NIM/NIDN Creators: 44311010060
Uncontrolled Keywords: Iklan, Rokok, Semiotika Roland Barthes, analisis
Subjects: 200 Religion/Agama > 240 Christian Moral and Devotional Theology/Moral Kristen dan Teologi Kebaktian > 246 Use of Art in Christianity/Seni dalam Agama Kristen > 246.5 Icons, Symbols, Insignia/Ikon, Simbol, Lambang
600 Technology/Teknologi > 650 Management, Public Relations, Business and Auxiliary Service/Manajemen, Hubungan Masyarakat, Bisnis dan Ilmu yang Berkaitan
600 Technology/Teknologi > 650 Management, Public Relations, Business and Auxiliary Service/Manajemen, Hubungan Masyarakat, Bisnis dan Ilmu yang Berkaitan > 659 Advertising and Public Relations/Periklanan, Reklame, Pariwara, Iklan, Sponsor, Humas, Hubungan Masyarakat
700 Arts/Seni, Seni Rupa, Kesenian > 700. Arts/Seni, Seni Rupa, Kesenian > 704 Special Topics in Fine and Decorative Arts/Topik Khusus tentang Karya Seni > 704.9 Iconography, Icon, Image/Ikonografi, Ikon, Gambar
700 Arts/Seni, Seni Rupa, Kesenian > 700. Arts/Seni, Seni Rupa, Kesenian > 704 Special Topics in Fine and Decorative Arts/Topik Khusus tentang Karya Seni > 704.9 Iconography, Icon, Image/Ikonografi, Ikon, Gambar > 704.94 Specific Subjects/Subjek Tertentu tentang Ikonografi, Gambar > 704.946 Symbolism and Allegory/Simbol dan Kiasan
700 Arts/Seni, Seni Rupa, Kesenian > 740 Drawing and Decorative Art/Menggambar dan Seni Dekorasi > 741 Drawing and Drawings/Gambar dan Seni Menggambar > 741.6 Graphic Design, Illustration Drawings/Teknik Menggambar Desain Grafis, Teknik Menggambar Ilustrasi > 741.67 Advertisement and Posters/Iklan dan Poster
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Periklanan dan Komunikasi pemasaran
Depositing User: Putra Arsy Anugrah
Date Deposited: 29 Nov 2021 03:53
Last Modified: 29 Nov 2021 03:54
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/51010

Actions (login required)

View Item View Item