ANALISIS PENGENDALIAN KUALITAS PRODUK KABEL DENGAN METODE STATISTICAL QUALITY CONTROL (SQC) DI PT SCC Tbk.

ARIEF, HARITS MUFQI (2021) ANALISIS PENGENDALIAN KUALITAS PRODUK KABEL DENGAN METODE STATISTICAL QUALITY CONTROL (SQC) DI PT SCC Tbk. S2 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.

[img]
Preview
Text (HAL COVER)
1. COVER TESIS.pdf

Download (331kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (254kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (385kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (225kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (53kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (277kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN (3).pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

As the largest cable manufacturing company in Indonesia, PT SCC Tbk. carry out the application of quality control on the products. The product manufacturing process must follow market or consumer quality standards but in the manufacturing process there are still product deviations. Based on the problems described, a Statistical Quality Control (SQC) analysis will be conducted in this study. Statistical Quality Control (SQC) analysis data collection methods are interviews, observation, and documentation. As a result of the observation, the visual deviation of the N2XCK2Y cable product is the highest deviation. The Statistical Quality Control (SQC) method uses 7 quality control tools to analyze kbel N2XCK2Y products, namely flowcharts, check sheets, histograms, Pareto charts, p control charts, scatter diagrams, and fishbone diagrams, which are then repaired using the 5W + 1H method. The samples used were 402 drums and 5 sources. The results of the study, the highest deviation occurred in the cable visual by 80% from other deviations, so it is a priority for repair. Based on the fishbone diagram and the results of the discussion, there are 7 factors that cause visual deviation and then take corrective action using the 5W + 1H method. From the repair results, there were no visual deviations on the N2XCK2Y cable. Keywords: Quality control, Statistical Quality Control, cable visual deviation, N2XCK2Y cable. Sebagai perusahaan manufaktur kabel terbesar di Indonesia, PT SCC Tbk. melakukan penerapan pengendalian kualitas pada produk yang dihasilkan. Proses pembuatan produk harus mengikuti standar mutu pasar atau konsumen, tetapi dalam pelaksanaan pembuatan masih ada penyimpangan produk. Berdasarkan permasalahan yang telah diuraikan, pada penelitian ini akan dilakukan analisis Statistical Quality Control (SQC). Metode pengumpulan data analisis Statistical Quality Control (SQC) adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil dari observasi, penyimpangan visual produk kabel N2XCK2Y merupakan penyimpangan yang tertinggi. Metode Statistical Quality Control (SQC) menggunakan 7 alat pengendalian kualitas untuk menganalisis produk kabel N2XCK2Y, yaitu flowchart, check sheet, histogram, diagram pareto, peta kendali p, scatter diagram, dan fishbone diagram, yang kemudian dilakukan perbaikan dengan metode 5W+1H. Sampel yang digunakan sebanyak 402 drum dan 5 orang narasumber. Hasil penelitian penyimpangan tertinggi terjadi pada visual kabel sebesar 80% dari penyimpangan lainnya, sehingga menjadi prioritas perbaikan. Berdasarkan fishbone diagram dan hasil diskusi, terdapat 7 faktor penyebab terjadinya penyimpangan visual yang kemudian dilakukan tindakan perbaikan dengan metode 5W+1H. Dari hasil perbaikan, tidak ditemukan penyimpangan visual pada kabel N2XCK2Y. Kata kunci : Pengendalian kualitas, Statistical Quality Control, penyimpangan visual kabel, kabel N2XCK2Y.

Item Type: Thesis (S2)
NIM/NIDN Creators: 55118120069
Uncontrolled Keywords: Pengendalian kualitas, Statistical Quality Control, penyimpangan visual kabel, kabel N2XCK2Y.
Subjects: 600 Technology/Teknologi > 650 Management, Public Relations, Business and Auxiliary Service/Manajemen, Hubungan Masyarakat, Bisnis dan Ilmu yang Berkaitan > 658 General Management/Manajemen Umum > 658.3 Personnel Management/Manajemen Personalia, Manajemen Sumber Daya Manusia, Manajemen SDM
600 Technology/Teknologi > 650 Management, Public Relations, Business and Auxiliary Service/Manajemen, Hubungan Masyarakat, Bisnis dan Ilmu yang Berkaitan > 658 General Management/Manajemen Umum > 658.5 Management of Production/Manajemen Produksi
600 Technology/Teknologi > 650 Management, Public Relations, Business and Auxiliary Service/Manajemen, Hubungan Masyarakat, Bisnis dan Ilmu yang Berkaitan > 658 General Management/Manajemen Umum > 658.6 Quality Management/Manajemen Kualitas
600 Technology/Teknologi > 650 Management, Public Relations, Business and Auxiliary Service/Manajemen, Hubungan Masyarakat, Bisnis dan Ilmu yang Berkaitan > 658 General Management/Manajemen Umum > 658.7 Management of Supplies/Manajemen Persediaan
600 Technology/Teknologi > 650 Management, Public Relations, Business and Auxiliary Service/Manajemen, Hubungan Masyarakat, Bisnis dan Ilmu yang Berkaitan > 658 General Management/Manajemen Umum > 658.8 Marketing, Management of Distribution/Marketing, Manajemen Distribusi
Divisions: Pascasarjana > Magister Manajemen
Depositing User: Dede Muksin Lubis
Date Deposited: 07 Dec 2021 04:30
Last Modified: 16 Jul 2024 04:04
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/50876

Actions (login required)

View Item View Item