APLIKASI SELF SERVICE MENU MENGGUNAKAN METODE SCRUM BERBASIS ANDROID (Studi Kasus: Warkobar Cafe Cikarang)

PRASTIO, CHRISMANTO EKA (2019) APLIKASI SELF SERVICE MENU MENGGUNAKAN METODE SCRUM BERBASIS ANDROID (Studi Kasus: Warkobar Cafe Cikarang). S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.

[img]
Preview
Text (HAL COVER)
1. Halaman Judul.pdf

Download (34kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2. Abstrak.pdf

Download (147kB) | Preview
[img]
Preview
Text (LEMBAR PERNYATAAN)
3. Surat Pernyataan.pdf

Download (285kB) | Preview
[img]
Preview
Text (LEMBAR PENGESAHAN)
4. Lembar Pengesahan.pdf

Download (205kB) | Preview
[img]
Preview
Text (KATA PENGANTAR)
5. Kata Pengantar.pdf

Download (106kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
6. Daftar Isi.pdf

Download (151kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR TABEL)
7. Daftar Tabel.pdf

Download (183kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR GAMBAR)
8. Daftar Gambar.pdf

Download (122kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR LAMPIRAN)
9. Daftar Lampiran.pdf

Download (148kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
10. Bab 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (155kB)
[img] Text (BAB II)
11. Bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (207kB)
[img] Text (BAB III)
12. Bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (193kB)
[img] Text (BAB IV)
13. Bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (221kB)
[img] Text (BAB V)
14. Bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB VI)
15. Bab 6.pdf
Restricted to Registered users only

Download (194kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
16. Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (133kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
17. Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (332kB)

Abstract

In the development of information and communication technology in the field of ecommerce has been increasing rapidly, there are still many business people like culinary businesses that use manual methods in their services. Warkobar Café Cikarang is one café that still using manual methods in its service system. This manual method includes ordering that still using paper and pens in recording customer orders, and the queuing system in place to get a table if the restaurant / café is in a crowded state of customers. Things like this still cause a number of obstacles, among others, order menu errors, duplicate orders, not necessarily waiting times in the seats, etc. Constraints such as this result in consumer disappointment, and reduce customer satisfaction. Therefore, it is designed an android-based self-service menu application of "Warkobar Café Cikarang" using the Agile Scrum method and analysis carried out with surveying the current system and collection data to obtain the information needed. The results of the analysis and development of the self-service menu application are expected to help Warkobar Café Cikarang in providing satisfying services to customers and simplifying and accelerating Warkobar Café in providing services to customers. Key words: E-Commerce, Self-service Menu, Agile, Scrum Pada perkembangan teknologi informasi dan komunikasi di bidang e-commerce yang sudah semakin pesat, masih banyak pelaku bisnis seperti bisnis kuliner yang menggunakan metode manual dalam pelayanannya. Warkobar Café Cikarang merupakan salah satu café yang masih menggunakan metode manual dalam sistem pelayanannya. Metode manual ini mencakup pemesanan yang masih menggunakan kertas dan pulpen dalam mencatat pesanan pelanggan, serta sistem antri di tempat untuk mendapatkan meja apabila restoran/café sedang dalam keadaan ramai pelanggan. Hal-hal seperti ini masih menimbulkan beberapa kendala antara lain, kesalahan penulisan menu pesanan, adanya pesanan yang rangkap, tidak tentunya waktu tunggu dalam antiran tempat duduk, dsb. Kendala seperti ini mengakibatkan kekecewaan pelanggan, dan menurunkan kepuasan pelanggan. Oleh sebab itu dirancanglah aplikasi self service menu berbasis android pada “Warkobar Café Cikarang” dengan menggunakan salah satu metode pengembangan Agile, yaitu Scrum dan analisis yang dilakukan dengan survei pada sistem yang berjalan serta pengumpulan data untuk mendapatkan informasi yang dibutuhkan. Hasil analisis dan pembuatan aplikasi self service menu ini diharapkan dapat membantu Warkobar Café Cikarang dalam memberikan pelayanan yang memuaskan bagi pelanggan serta mempermudah dan mempercepat Warkobar Café dalam memberikan pelayanan kepada pelanggan. Kata kunci: E-Commerce, Self Service Menu, Agile, Scrum

Item Type: Thesis (S1)
Call Number: SIK/18/19/077
NIM: 41812110080
Uncontrolled Keywords: E-Commerce, Self Service Menu, Agile, Scrum
Subjects: 000 Computer Science, Information and General Works/Ilmu Komputer, Informasi, dan Karya Umum > 000. Computer Science, Information and General Works/Ilmu Komputer, Informasi, dan Karya Umum > 005 Computer Programmming, Programs, Data/Pemprograman Komputer, Program, Data > 005.5 General Purpose Application Programs/Program Aplikasi dengan Kegunaan Khusus
600 Technology/Teknologi > 650 Management, Public Relations, Business and Auxiliary Service/Manajemen, Hubungan Masyarakat, Bisnis dan Ilmu yang Berkaitan > 651 Office Services/Layanan Kantor
600 Technology/Teknologi > 650 Management, Public Relations, Business and Auxiliary Service/Manajemen, Hubungan Masyarakat, Bisnis dan Ilmu yang Berkaitan > 651 Office Services/Layanan Kantor > 651.8 Computer Application for Office Management/Aplikasi Komputer untuk Manajemen Perkantoran
600 Technology/Teknologi > 650 Management, Public Relations, Business and Auxiliary Service/Manajemen, Hubungan Masyarakat, Bisnis dan Ilmu yang Berkaitan > 658 General Management/Manajemen Umum > 658.01-658.09 [Management of Enterprises of Specific Sizes, Scopes, Forms; Data Processing]/[Pengelolaan Usaha dengan Ukuran, Lingkup, Bentuk Tertentu; Pengolahan Data]
600 Technology/Teknologi > 650 Management, Public Relations, Business and Auxiliary Service/Manajemen, Hubungan Masyarakat, Bisnis dan Ilmu yang Berkaitan > 658 General Management/Manajemen Umum > 658.01-658.09 [Management of Enterprises of Specific Sizes, Scopes, Forms; Data Processing]/[Pengelolaan Usaha dengan Ukuran, Lingkup, Bentuk Tertentu; Pengolahan Data] > 658.05 Data Processing Computer Applications/Pengolahan Data Aplikasi Komputer
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Sistem Informasi
Depositing User: Dede Muksin Lubis
Date Deposited: 18 Sep 2019 06:50
Last Modified: 18 Sep 2019 06:50
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/50782

Actions (login required)

View Item View Item