EFISIENSI SISTEM PELAYANAN SERVIS MOTOR DENGAN ALGORITMA SHORTEST REMAINING FIRST (SRF), STUDI KASUS PADA HONDA SERIMPI JOGLO

NURFERDIANI, RISKA INTAN (2019) EFISIENSI SISTEM PELAYANAN SERVIS MOTOR DENGAN ALGORITMA SHORTEST REMAINING FIRST (SRF), STUDI KASUS PADA HONDA SERIMPI JOGLO. S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.

[img] Text (JURNAL MAHASISWA)
YUDISIUM.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Abstract. – the honda serimpi joglo is a company that stands in the services, care and the provision of spare parts. Especially for Honda Bikes, every day the customers come to fix or took early control of the bike. The work currently running is if customers want to do control of or improvements, than have to call on the phone or come to make reservation. This process is less effective because customers could find the phone lines, who was contacted in a busy, or when it comes directly to where it turns out, the services are already in a full, as well as customers who come don’t know the time they will be done. To overcome this, it takes a system that cater to the customers. Where customer can make online reservations and can also monitor queue number in real time. The system is made using the android platform. The Shortest Remaining First (SRF) Algorithms, used to make schedule the technicians who will deal with the services requested by customers and customers can monitor when services will be run. The other functions is the customer can more easily to make a reservation control on a regular basis and is also a customer can access the system at any time if customers need repair or control on a regular basis to motorcycle belonging to customers. Keywords: Honda Serimpi, queue system, First Come First Served (FCFS), Shortest Remaining First (SRF), java, php, computer science, universitas mercu buana Abstrak − Honda Serimpi Joglo adalah sebuah perusahaan yang berdiri dibidang jasa perbaikan, perawatan, dan penyediaan suku cadang khusus motor honda. setiap harinya pelanggan datang untuk memperbaiki atau melakukan kontrol berkala motornya. Proses yang berjalan saat ini adalah jika pelanggan ingin melakukan kontrol berkala atau perbaikan , maka harus menghubungi lewat telpon atau datang langsung untuk melakukan reservasi. Proses ini tidak efektif karena pelanggan bisa saja mendapati line telepon yang dihubungi sibuk atau ketika datang langsung ternyata layanan sudah penuh, serta pelanggan yang datang tidak mengetahui waktu mereka dilayani. Untuk mengatasi hal tersebut, maka diperlukan lah sistem reservasi dimana pelanggan bisa melakukan reservasi secara online, dan bisa memantau nomor antrian secara realtime. Sistem ini dibuat mengunakan platform android, untuk menjadwalkan pelanggan, algoritma Shortest Remaining First (SRF) untuk menjadwalan teknisi yang akan menangangi pelanggan mana, dan dengan implementasi algoritma ini maka pelanggan bisa memantau kapan saat dia dilayani. Fungsi lainnya yaitu dapat melakukan reservasi untuk control berkala lebih mudah dan dapat diakses kapan saja jika motor pelanggan membutuhkan control berkala atau perbaikan. Kata kunci: Honda Serimpi, System Antrian, Shortest Remaining First (SRF), Java, Php, Ilmu Komputer, Universitas Mercu Buana

Item Type: Thesis (S1)
Call Number: JM/15/19/073
NIM: 41515010045
Uncontrolled Keywords: onda Serimpi, System Antrian, Shortest Remaining First (SRF), Java, Php, Ilmu Komputer, Universitas Mercu Buana
Subjects: 000 Computer Science, Information and General Works/Ilmu Komputer, Informasi, dan Karya Umum > 060 General Organizations, Foundations, and Museology/Organisasi-organisasi Umum, dan Museologi > 069 Museology (Museum science)/Museologi > 069.1 Museum Services to Patrons/Layanan Museum untuk Pelanggan > 069.15 Instruction Services/Jasa Instruksi
200 Religion/Agama > 260 Christian Social Theology/Teologi Sosial Kristen > 268 Religious Education/Pendidikan Agama Kristen, Pengajaran Agama Kristen > 268.7 Services/Pelayanan
600 Technology/Teknologi > 650 Management, Public Relations, Business and Auxiliary Service/Manajemen, Hubungan Masyarakat, Bisnis dan Ilmu yang Berkaitan > 657 Accounting/Akuntansi
600 Technology/Teknologi > 650 Management, Public Relations, Business and Auxiliary Service/Manajemen, Hubungan Masyarakat, Bisnis dan Ilmu yang Berkaitan > 657 Accounting/Akuntansi > 657.8 Accounting for Enterprises Enganged in Specific Kinds of Activities/Akuntansi Usaha yang Bergerak dalam Jenis Kegiatan Tertentu
600 Technology/Teknologi > 650 Management, Public Relations, Business and Auxiliary Service/Manajemen, Hubungan Masyarakat, Bisnis dan Ilmu yang Berkaitan > 657 Accounting/Akuntansi > 657.8 Accounting for Enterprises Enganged in Specific Kinds of Activities/Akuntansi Usaha yang Bergerak dalam Jenis Kegiatan Tertentu > 657.83 Service and Professionals Activities/Kegiatan Pelayanan dan Profesional
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Informatika
Depositing User: Dede Muksin Lubis
Date Deposited: 10 Oct 2019 06:37
Last Modified: 10 Oct 2019 06:37
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/50462

Actions (login required)

View Item View Item