LASKAR DEWANDARU, JANO (2020) RANCANG BANGUN APLIKASI VIRTUAL ASSISTANT DENGAN PENDEKATAN NATURAL LANGUAGE PROCESSING (STUDI KASUS : PT. EASYSOFT INDONESIA). S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.
|
Text (HAL COVER)
01 Cover NEW.pdf Download (662kB) | Preview |
|
Text (BAB I)
02 Bab 1 NEW.pdf Restricted to Registered users only Download (242kB) |
||
Text (BAB II)
03 Bab 2 NEW.pdf Restricted to Registered users only Download (361kB) |
||
Text (BAB III)
04 Bab 3 NEW.pdf Restricted to Registered users only Download (140kB) |
||
Text (BAB IV)
05 Bab 4 NEW.pdf Restricted to Registered users only Download (194kB) |
||
Text (BAB V)
06 Bab 5 NEW.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) |
||
Text (BAB VI)
07 Bab 6 NEW.pdf Restricted to Registered users only Download (27kB) |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
08 Datar Pustaka NEW.pdf Restricted to Registered users only Download (126kB) |
||
Text (LAMPIRAN)
09 Lampiran NEW.pdf Restricted to Registered users only Download (790kB) |
Abstract
Salah satu kebutuhan mendasar dari manusia sebagai mahluk sosial adalah berkomunikasi. Seiring perkembangan teknologi, cara manusia dalam berkomunikasi semakin beragam. Salah satu cara komunikasi yang paling diminati saat ini adalah chatting. Chatting merupakan salah satu cara berkomunikasi dengan orang lain baik secara visual maupun non-visual dalam dunia internet. Permasalahan yang terjadi di PT easySoft Indonesia, adalah komunikasi yang tidak berjalan dengan baik. Akibatnya penugasan kerja pun tidak sesuai dengan target perusahaan. Faktor yang menyebabkannya adalah karyawan dinilai pasif dalam melakukan koordinasi dan memberikan update progress tugas ke atasan. Berdasarkan permasalahan tersebut, penulis membangun sebuah aplikasi chatting dengan pengimplementasian virtual assistant untuk membantu meningkatkan kerja karyawan dalam menyelesaikan pekerjaan. Peneliti menggunakan metode Scrum sebagai metode pengembangan system. Pada penelitian ini dilakukan pemrosesan bahasa alami atau pendekatan Natural Language Processing agar Manager dapat melakukan penugasan kepada karyawan dan melakukan monitoring terhadap penugasan yang diberikan. Di sisi lain, karyawan dapat menggunakan virtual assistant dalam hal memberikan update progress pekerjaan ke atasan. Kata Kunci: Komunikasi, Chatting, Virtual Assistant, Natural Language Processing, Scrum
Actions (login required)
View Item |