MAKNA IKLAN ADES VERSI “LANGKAH KECIL MEMBERIKAN PERUBAHAN” DI MEDIA TELEVISI

RIZKY, VETRIN AMALIA (2019) MAKNA IKLAN ADES VERSI “LANGKAH KECIL MEMBERIKAN PERUBAHAN” DI MEDIA TELEVISI. S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.

[img]
Preview
Text (HAL COVER)
1. Cover.pdf

Download (137kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
5.Abstrak.pdf

Download (70kB) | Preview
[img]
Preview
Text (LEMBAR PERNYATAAN)
4.Lembar Persetujuan Skripsi.pdf

Download (234kB) | Preview
[img]
Preview
Text (LEMBAR PENGESAHAN)
3.Lembar Pengesahan Skripsi.pdf

Download (264kB) | Preview
[img]
Preview
Text (KATA PENGANTAR)
6. Kata Pengantar.pdf

Download (72kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
7. Daftar Isi.pdf

Download (69kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
8. BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (241kB)
[img] Text (BAB II)
9. BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (448kB)
[img] Text (BAB III)
10. BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (249kB)
[img] Text (BAB IV)
11. BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (551kB)
[img] Text (BAB V)
12. BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (143kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
13. DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (74kB)

Abstract

Konsumsi air minum dalam kemasan di Indonesia sudah menjadi sesuatu yang lumrah. Tidak dapat dipungkiri bahwa di Indonesia saat ini marak menjual air minum dalam kemasan, sehingga banyak terjadi persaingan bagaimana memproduksi air minum yang layak dikonsumsi masyarakat. Coca-Cola Amatil Indonesia mengeluarkan produk air mineral yaitu Ades. Ades memiliki kampanye meminimalkan penggunaan plastic dengan cara meluncurkan kemasan air mineral yang lebih tipis. Selain meminimalkan penggunaan plastik, Ades juga mengkampanyekan “cara menikmati” kemasan tersebut. Tujuan penelitian ini adalah ingin menganalisis makna pesan pada iklan Ades versi “Langkah Kecil Memberikan Perubahan” di Media Televisi mengunakan analisis semiotika dalam model Charles Sanders Pierce melalui representamen, objek, dan interpretan. Paradigma yang digunakan pada penelitian ini adalah paradigma interpretative dan tipe penelitian ini bersifat deskriptif kualitatif dengan menggunakan analisis semiotika sebagai metode penelitian. Objek pada penelitian ini adalah iklan air mineral Ades versi “Langkah Kecil Memberikan Perubahan” di media televisi. Dalam penelitian ini menggunakan data premier dan sekunder. Data premier berupa observasi, data yang dikumpulkan dalam penelitian ini diperoleh langsung dengan dokumentasi berupa video iklan Ades yang sudah di unggah atau di download melalui youtube. Sedangkan data sekunder berupa dokumentasi dan riset kepustakaan, yaitu mencari data mengenai hal-hal yang berkaitan dengan iklan Ades melalui internet dan buku yang berkaitan. Setelah data premier dan sekunder terkumpul, dilakukan analisis data dengan menggunakan analisis semiotika Charles Sanders Peirce. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis filing system. Hasil penelitian menunjukkan bahwa temuan tanda dalam iklan Ades versi “Langkah Kecil Memberikan Perubahan” tersirat pesan tersembunyi yang secara khusus menyingkap pesan tentang kepedulian lingkungan hidup. Ades ingin menunjukkan bahwa air mineral tersebut memiliki kualitas yang tinggi dan memberikan solusi kepada khalayak dalam menjaga tubuh. Dan di dalam iklan Ades memberikan arti komitmen dari Coca-Cola Amatil Indonesia terhadap kemasan Ades yang ramah lingkungan dan dapat memberikan dampak positif terhadap lingkungan.

Item Type: Thesis (S1)
NIM: 44215120033
Uncontrolled Keywords: MAKNA IKLAN ADES VERSI “LANGKAH KECIL MEMBERIKAN PERUBAHAN” DI MEDIA TELEVISI
Subjects: 600 Technology/Teknologi > 650 Management, Public Relations, Business and Auxiliary Service/Manajemen, Hubungan Masyarakat, Bisnis dan Ilmu yang Berkaitan
600 Technology/Teknologi > 650 Management, Public Relations, Business and Auxiliary Service/Manajemen, Hubungan Masyarakat, Bisnis dan Ilmu yang Berkaitan > 659 Advertising and Public Relations/Periklanan, Reklame, Pariwara, Iklan, Sponsor, Humas, Hubungan Masyarakat
700 Arts/Seni, Seni Rupa, Kesenian > 740 Drawing and Decorative Art/Menggambar dan Seni Dekorasi > 741 Drawing and Drawings/Gambar dan Seni Menggambar > 741.6 Graphic Design, Illustration Drawings/Teknik Menggambar Desain Grafis, Teknik Menggambar Ilustrasi > 741.67 Advertisement and Posters/Iklan dan Poster
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Hubungan Masyarakat
Depositing User: Dede Muksin Lubis
Date Deposited: 25 Jul 2019 01:14
Last Modified: 25 Jul 2019 01:14
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/49543

Actions (login required)

View Item View Item