PENGELOLAAN KONFLIK INTERNAL ANTAR GURU DAN KARYAWAN DALAM MEMBANGUN IKLIM KOMUNIKASI YANG KONDUSIF (Studi Kasus Pada Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Edukidz Asia)

ASMANOVETA, ASMANOVETA (2019) PENGELOLAAN KONFLIK INTERNAL ANTAR GURU DAN KARYAWAN DALAM MEMBANGUN IKLIM KOMUNIKASI YANG KONDUSIF (Studi Kasus Pada Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Edukidz Asia). S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.

[img]
Preview
Text (HAL COVER)
1. Cover.pdf

Download (34kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2. Abstrak.pdf

Download (218kB) | Preview
[img]
Preview
Text (LEMBAR PERNYATAAN)
3. Surat Pernyataan.pdf

Download (175kB) | Preview
[img]
Preview
Text (LEMBAR PENGESAHAN)
4. Lembar Pengesahan.pdf

Download (463kB) | Preview
[img]
Preview
Text (KATA PENGANTAR)
5. Kata Pengantar.pdf

Download (213kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
6. Daftar Isi.pdf

Download (77kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR GAMBAR)
7. Daftar Gambar.pdf

Download (21kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR LAMPIRAN)
8. Daftar Lampiran.pdf

Download (21kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
9. Bab 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (184kB)
[img] Text (BAB II)
10. Bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (436kB)
[img] Text (BAB III)
11. Bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (258kB)
[img] Text (BAB IV)
12. Bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (351kB)
[img] Text (BAB V)
13. Bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (178kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
14. Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (206kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
15. Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (895kB)

Abstract

Every person in the company actually has the potential to experience various kinds of problems, especially those who relate with the work, because each of them has different thoughts, and also different actions when facing a problem. And that differences occurs because it is motivated by a variety of reasons, such as the background of their work experience in the previous company, their education and other matters. This difference can directly and indirectly cause a conflict. Things like that can also lead to a communication climate that is not conducive, the situation can be seen in a less friendly atmosphere in the meetings, or events involving members of the company. When facing the conflict, parties involved in the conflict attempt to manage conflict to create a profitable solution by using various sources as small and efficient as possible. Conflict management can also be carried out by third parties who get the task from parties involved in the conflict to resolve the conflict. This study uses a type of qualitative descriptive research, using case study methods and in-depth interview techniques to the principal, teachers and employees at PT. Edukidz Asia who has experience some misunderstandings and caused conflict between them. The results of the study show that the conflicts that occurred at PT. Edukidz Asia begins with misunderstandings and communication failures. But with the maturity of the company's members that facing the differences of opinion and superiors involvement who bridge those in conflict, the problem can be resolved, so that a conducive communication climate can be created. Keywords : Conflict Management, Communication Climate, Conducive Setiap orang diperusahaan sejatinya berpotensi untuk mengalami berbagai macam permasalahan khususnya yang berkaitan dengan pekerjaan, karena setiap mereka memiliki pemikiran yang berbeda, dan juga tindakan yang berbeda ketika menghadapi suatu permasalahan. Dan perbedaan itu terjadi karena dilatarbelakangi oleh berbagai sebab, seperti latar belakang pengalaman bekerja mereka di perusahaan sebelumnya, pendidikan mereka dan lain sebagainya. Perbedaan ini secara langsung dan tidak langsung dapat melahirkan konflik. Hal-hal yang seperti itu juga dapat menimbulkan iklim komunikasi yang tidak kondusif, situasi tersebut terlihat dalam suasana yang kurang bersahabat dalam rapat, atau acara yang melibatkan para anggota perusahaan. Dalam menghadapi konflik, pihak yang terlibat konflik berupaya mengelola konflik untuk menciptakan solusi yang menguntungkan dengan menggunakan berbagai sumber sekecil dan seefisien mungkin. Manajemen konflik juga dapat dilakukan oleh pihak ketiga yang mendapat tugas dari pihak-pihak yang terlibat konflik untuk menyelesaikan konflik. Penelitian ini menggunakan tipe penelitian deskriptif kualitatif, dengan menggunakan metode studi kasus serta teknik wawancara mendalam kepada Kepala Sekolah, guru dan karyawan di PT. Edukidz Asia yang pernah mengalami kesalahapahaman dan menimbulkan konflik diantara mereka. Hasil penelitian menunjukkan bahwa konflik yang terjadi di PT. Edukidz Asia berawal pada kesalahpahaman dan kegagalan komunikasi. Namun dengan kedewasaan para anggota perusahaan dalam menghadapi perbedaan pendapat dan campur tangan atasan yang menjembatani mereka yang berkonflik maka permasalahan dapat teratasi, sehingga iklim komunikasi yang kondusif pun dapat tercipta. Kata Kunci : Pengelolaan Konflik, Iklim Komunikasi, Kondusif

Item Type: Thesis (S1)
NIM: 44216110004
Uncontrolled Keywords: Pengelolaan Konflik, Iklim Komunikasi, Kondusif
Subjects: 000 Computer Science, Information and General Works/Ilmu Komputer, Informasi, dan Karya Umum > 000. Computer Science, Information and General Works/Ilmu Komputer, Informasi, dan Karya Umum > 004 Data Processing, Computer Science/Pemrosesan Data, Ilmu Komputer, Teknik Informatika > 004.6 Interfacing and Communications/Tampilan Antar Muka (Interface) dan Jaringan Komunikasi Komputer > 004.62 Interfacing and Communications Protocols (Standards)/Tampilan Antarmuka dan Protokol Komunikasi (Standar)
000 Computer Science, Information and General Works/Ilmu Komputer, Informasi, dan Karya Umum > 000. Computer Science, Information and General Works/Ilmu Komputer, Informasi, dan Karya Umum > 004 Data Processing, Computer Science/Pemrosesan Data, Ilmu Komputer, Teknik Informatika > 004.6 Interfacing and Communications/Tampilan Antar Muka (Interface) dan Jaringan Komunikasi Komputer > 004.65 Computer Communications Networks/Jaringan Komunikasi Komputer
600 Technology/Teknologi > 650 Management, Public Relations, Business and Auxiliary Service/Manajemen, Hubungan Masyarakat, Bisnis dan Ilmu yang Berkaitan > 657 Accounting/Akuntansi > 657.8 Accounting for Enterprises Enganged in Specific Kinds of Activities/Akuntansi Usaha yang Bergerak dalam Jenis Kegiatan Tertentu > 657.84 Communications and Entertainment Media/Media Komunikasi dan Hiburan
700 Arts/Seni, Seni Rupa, Kesenian > 780 Music/Seni Musik > 780.1-780.9 Standard Subdivisions of Music/Subdivisi Standar Dari Seni Musik > 780.1 Philosophy of Music/Filsafat Seni Musik > 780.14 Language and Communication/Bahasa dan Komunikasi
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Hubungan Masyarakat
Depositing User: Dede Muksin Lubis
Date Deposited: 09 Jul 2019 03:13
Last Modified: 09 Jul 2019 03:13
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/49388

Actions (login required)

View Item View Item