W, CAMELIA TANTRI (2018) PEMANFAATAN MEDIA ONLINE DALAM MEMBANGUN OPINI PADA PT VALE INDONESIA Tbk. DI JAKARTA. S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.
|
Text (HAL JUDUL)
01_CAMELIA TANTRI_COVER SKRIPSI.pdf Download (84kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
02_CAMELIA TANTRI_ABSTRACT.pdf Download (87kB) | Preview |
|
|
Text (LEMBAR PERNYATAAN)
Surat Perjanjian Revisi.pdf Download (161kB) | Preview |
|
|
Text (LEMBAR PENGESAHAN)
Lembar Pengesahan Perbaikan SIdang.pdf Download (110kB) | Preview |
|
|
Text (KATA PENGANTAR)
03_CAMELIA TANTRI_KATA PENGANTAR.pdf Download (458kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
04_CAMELIA TANTRI_DAFTAR ISI.pdf Download (83kB) | Preview |
|
Text (BAB I)
05_CAMELIA TANTRI_BAB I_HAL 1-9.pdf Restricted to Registered users only Download (99kB) |
||
Text (BAB II)
06_CAMELIA TANTRI_BAB II_HAL 10-28.pdf Restricted to Registered users only Download (133kB) |
||
Text (BAB III)
07_CAMELIA TANTRI_BAB III_HAL 29-38.pdf Restricted to Registered users only Download (101kB) |
||
Text (BAB IV)
08_CAMELIA TANTRI_BAB IV_HAL 39-86.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
||
Text (BAB V)
09_CAMELIA TANTRI_BAB V_HAL 87-89.pdf Restricted to Registered users only Download (83kB) |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
10_CAMELIA TANTRI_DAFTAR PUSTAKA.pdf Restricted to Registered users only Download (114kB) |
||
Text (LAMPIRAN)
11_Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (483kB) |
Abstract
Technological advances have dramatically changed the human life system in various fields, including in the fields of communication and information. Through the internet, everyone can communicate with each other without being limited by space and time, and also getting various information to meet their needs. The number of online media is increasing, and the Company has begun to use online media in various ways to support the continuity of their operations. Behind the benefits obtained by online media, it also brings another impact because not all news supports the formation of the expected opinion. The purpose of this study is to find out how online media is utilized by PT Vale Indonesia Tbk. ("PTVI"). This study uses the concept of 6 (six) uses of online media delivered by Grunig which can be used by Public Relations practitioners. The research method used is descriptive qualitative with the technique of collecting data through in-depth interviews as primary data and some documents as additional data. To check the validity of the data, researcher uses triangulation techniques. The conclusion of this study is that PTVI has used online media for various benefits such as the concept of using online media delivered by Grunig. The use of online media in PTVI is dominant in the utilization of corporate program communications and environmental scanning. Whereas what can be more utilized is utilization for stakeholder segmentation and measuring relationships and reputation. Keywords: Utilization, Online Media, Opinion Kemajuan teknologi merubah drastis sistem kehidupan manusia di berbagai bidang, termasuk dalam bidang komunikasi dan informasi. Melalui internet, setiap orang dapat saling berkomunikasi tanpa dibatasi ruang dan waktu, dan juga mendapatkan berbagai informasi untuk memenuhi kebutuhan. Jumlah media online semakin bertambah, dan Perusahaan mulai memanfaatkan media online dalam berbagai hal untuk mendukung kelangsungan operasi mereka. Dibalik manfaat yang didapatkan media online juga membawa dampak lain karena tidak semua pemberitaan mendukung terbentuknya opini yang diharapkan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana media online dimanfaatkan oleh PT Vale Indonesia Tbk. (“PTVI”). Penelitian ini menggunakan konsep 6 (enam) pemanfaatan media online yang disampaikan oleh Grunig yang dapat digunakan oleh praktisi PR. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara mendalam sebagai data primer dan beberapa dokumen sebagai data tambahan. Untuk pemeriksaan keabsahan data menggunakan teknik triangulasi. Kesimpulan dari penelitian ini adalah PTVI telah memanfaatkan media online untuk berbagai hal seperti konsep pemanfaatan media online yang disampaikan oleh Grunig. Pemanfaatan media online di PTVI dominan pada pemanfaatan untuk komunikasi program perusahaan dan environmental scanning. Sedangkan yang dapat lebih dimanfaatkan adalah pemanfaatan untuk segmentasi stakeholder dan mengukur hubungan dan reputasi. Kata Kunci : Pemanfaatan, Media Online, Opini
Actions (login required)
View Item |