PUTRA, STEVANUS FEBRIAN (2018) INTERPRETASI KHALAYAK TERHADAP IKLAN ROKOK MAGNUM (Analisis Resepsi Iklan Rokok Magnum versi Mantapkan Langkah). S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.
|
Text (HAL COVER)
1. Cover.pdf Download (41kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2. Abstrak.pdf Download (53kB) | Preview |
|
|
Text (LEMBAR PERNYATAAN)
3. Surat Pernyataan.pdf Download (91kB) | Preview |
|
|
Text (LEMBAR PENGESAHAN)
4. Lembar Pengesahan.pdf Download (182kB) | Preview |
|
|
Text (KATA PENGANTAR)
5. Kata Pengantar.pdf Download (78kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
6. Daftar Isi.pdf Download (154kB) | Preview |
|
Text (BAB I)
10. BAB I.pdf Restricted to Registered users only Download (314kB) |
||
Text (BAB II)
11. BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (487kB) |
||
Text (BAB III)
12. BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (319kB) |
||
Text (BAB IV)
13. BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (411kB) |
||
Text (BAB V)
14. BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (104kB) |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
16. DAFTAR PUSTAKA.pdf Restricted to Registered users only Download (26kB) |
||
Text (LAMPIRAN)
17. Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (154kB) |
Abstract
Khalayak pasif akan menerima mentah-mentah informasi yang disuguhkan oleh media, mereka akan menyimpulkan informasi yang didapat tanpa menelisik apakah yang tersirat dibaliknya. Tetapi Di sisi yang lain terdapat khalayak yang akan dengan selektif memilah informasi dari media sesuai dengan yang dibutuhkannya. Khalayak tersebut merupakan khalayak aktif, mereka akan cenderung lebih kritis dan mampu mengontrol media. Penelitian yang dilakukan ini untuk mengetahui bagaimana pemaknaan khalayak terhadap sebuah iklan TVC rokok Magnum versi “mantapkan langkah”. Teori yang digunakan teori Resepsi dan konsep Stuart Hall dimana pemaknaan dikelompokkan dalam tiga posisi pemaknaan, yaitu secara dominan-hegemonik, negosiasi, dan oposisi. Informan dalam memaknai sebuah iklan berbeda-beda menurut tingkat pendidikan, ekonomi, dan gaya hidup Metodologi yang digunakan adalah kualitatif deskriptif dengan teknik keabsahan data Tringulasi data. Hasil temuan peneliti yaitu pada kategori Dominant Hegemonic tingkat pendidikan dan ekonomi cenderung besar dalam informan memaknai sebuah iklan ditelevisi. Informan mengemukakan bahwa pesan iklan yang disampaikan oleh iklan rokok magnum versi mantapkan langkah, sebagai pria harus berjuang dalam sebuah masalah dan tantangan. Kategori Negosiasi gaya hidup informan lebih mempunyai cara berfikiri kritis, informan memaknai iklan rokok magnum versi mantapkan langkah dengan kritis bahwa pria dalam iklan harusnya lebih bisa mengekspresikan bahwa pria harus berjuang dalam masalah. Kategori Oposisi, informan dalam memaknai iklan rokok magnum versi mantapkan langkah menolak pesan iklan yang disampaikan. Karena menurut informan iklan tersebut absurd dan susah untuk dimengerti.
Actions (login required)
View Item |