WIRYAWAN, RINALDI ARDI (2018) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL INSTAGRAM TERHADAP CITRA DIRI PELAJAR KELAS IPS SMA NEGERI 4 KOTA TANGERANG. S1 thesis, Universitas Mercu Buana.
|
Text (HAL COVER)
1. Halaman Judul .pdf Download (182kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2. Abstrak.pdf Download (42kB) | Preview |
|
|
Text (LEMBAR PERNYATAAN)
3. Surat Pernyataan.pdf Download (292kB) | Preview |
|
|
Text (LEMBAR PENGESAHAN)
4. Lembar Pengesahan.pdf Download (487kB) | Preview |
|
|
Text (KATA PENGANTAR)
5. Kata Pengantar.pdf Download (29kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
6. Daftar Isi.pdf Download (61kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR LAMPIRAN)
7. Daftar Lampiran.pdf Download (21kB) | Preview |
|
Text (BAB I)
8. Bab 1.pdf Restricted to Registered users only Download (271kB) |
||
Text (BAB II)
9. Bab 2.pdf Restricted to Registered users only Download (625kB) |
||
Text (BAB III)
10. Bab 3.pdf Restricted to Registered users only Download (383kB) |
||
Text (BAB IV)
11. Bab 4.pdf Restricted to Registered users only Download (700kB) |
||
Text (BAB V)
12. Bab 5.pdf Restricted to Registered users only Download (227kB) |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
13. Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (87kB) |
||
Text (LAMPIRAN)
14. Lampiran .pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
Abstract
The problem that is often experienced by students is to lower their selfishness and discrimination with their friends which makes the communication process unstable. This study aims to test and analyze The Effect of Using Social Media Instagram on Student Self-Image at Social Class SMAN 4 Tangerang City in order to find out the extent of influence. The research data from the survey were questionnaires and used purposive sampling method using the Yamane formula. Validity testing uses the reproducibility coefficient formula and scalability coefficient and reliability testing using the formula KR 20 / KR 21 to calculate the entire question item. This quantitative analysis method uses simple linear regression equations with tools SPSS 23.0 for windows. The results of the study were obtained from questionnaires that had been filled by 181 respondents who produced 163 possessed Instagram and 18 respondents did not have Instagram and the results of this study were the influence of the Using Social Media Instagram on Student Self-Image at Social Class SMAN 4 Tangerang City for 0.410 which means low . Variable influence of using Instagram social media stated 16.8% of the effect on the Student Self-Image at Social Class SMAN 4 Tangerang City while 83.2% of the influence was influenced by other factors Personal branding can be built with Instagram because Instagram allows personal closeness where users can interact and discuss with readers through the comments column. and make ourselves known by many people and Instagram is the easiest way to do it. Keywords: Social Media, Instagram, Self Image, Personal Branding, Social Class, Student Characteristics Permasalahan yang sering dialami orang pelajar yaitu merendahkan sifat egoisnya dan diskriminasinya dengan teman-temannya yang membuat proses komunikasi menjadi tidak stabil. Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisis Pengaruh Penggunaan Media Sosial Instagram Terhadap Citra Diri Pelajar Kelas IPS SMAN 4 Kota Tangerang agar mengetahui sejauh mana pengaruh yang ada. Data penelitian dari survey berupa kuesioner dan memakai metode purposive sampling dengan menggunakan rumus Yamane. Pengujian Validitas menggunakan rumus koefisien reprodusibilitas dan koefisien skalabilitas dan pengujian reliabilitas menggunakan rumus KR 20 / KR 21 untuk menghitung keseluruhan item pertanyaan. Metode analisis kuantitatif ini menggunakan persamaan regresi linear sederhana dengan alat bantu SPSS 23.0 for windows. Hasil penelitian diperoleh dari penyebaran kuesioner yang telah diisi oleh 181 orang responden yang menghasilkan 163 memiliki Instagram dan 18 responden tidak memiliki Instagram dan Hasil penelitian ini adalah adanya pengaruh penggunaan media sosial instagram terhadap citra diri pelajar kelas IPS SMAN 4 Kota Tangerang sebesar 0.410 yang berarti rendah. Variabel pengaruh penggunaan media sosial instagram menyatakan 16.8 % pengaruhnya terhadap citra diri pelajar kelas IPS SMAN 4 Kota Tangerang sedangkan sebesar 83.2 % pengaruhnya dipengaruhi oleh faktor lain Personal branding dapat dibangun dengan Instagram karena Instagram memungkinkan terbangunnya kedekatan personal dimana pengguna dapat berinteraksi dan berdiskusi dengan pembaca melalui kolom komentar. dan membuat diri kita diketahui oleh banyak orang dan Instagram merupakan cara termudah untuk melakukannya. Kata Kunci : Media Sosial, Instagram, Citra Diri, Personal Branding, Kelas Sosial, Karakteristik Pelajar
Actions (login required)
View Item |