STRATEGI HUMAS PEMKOT PEKALONGAN DALAM MENCITRAKAN PEKALONGAN SEBAGAI KOTA BATIK (Pada Acara Pekan Batik Pekalongan)

ELISA, ELISA (2019) STRATEGI HUMAS PEMKOT PEKALONGAN DALAM MENCITRAKAN PEKALONGAN SEBAGAI KOTA BATIK (Pada Acara Pekan Batik Pekalongan). S1 thesis, Universitas Mercu Buana.

[img]
Preview
Text (HAL COVER)
1. Halaman Judul.pdf

Download (34kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
6. Abstrak.pdf

Download (158kB) | Preview
[img]
Preview
Text (LEMBAR PERNYATAAN)
2. Surat Pernyataan.pdf

Download (110kB) | Preview
[img]
Preview
Text (LEMBAR PENGESAHAN)
3. Lembar Persetujuan.pdf

Download (117kB) | Preview
[img]
Preview
Text (KATA PENGANTAR)
7. Kata Pengantar.pdf

Download (148kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
8. Daftar isi.pdf

Download (149kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR GAMBAR)
9. Daftar Gambar.pdf

Download (98kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR LAMPIRAN)
10. Daftar Lampiran.pdf

Download (97kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
11. Bab I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (211kB)
[img] Text (BAB II)
12. Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (253kB)
[img] Text (BAB III)
13. Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (215kB)
[img] Text (BAB IV)
14. Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (597kB)
[img] Text (BAB V)
15. Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (148kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
16. Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (194kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
17. Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (958kB)

Abstract

Pekalongan city is a batik city that has various beauty batik that can be promoted by city government of Pekalongan. Which aims to improve the image of Pekalongan city in the eyes of people and tourists who are interested in visiting the city of Pekalongan. But on the way to improve the image of the city there are several strategies that need to be done public relations Pekalongan city government. One of the strategies used by Pekalongan municipal public relations is to hold Pekan Batik Pekalongan event which aims to introduce the beauty of Pekalongan city batik to the public and tourists. With the focus of the strategic stages of strategy formulation, strategy implementation and strategy evaluation. The concept of research used refers to the concept of Scott M. Cultip, Allen H, Center and Glen M. Brown is the work program planning process that explains in the PR process of strategizing, namely fact finding, planning, communications and evaluation. While the method used in this research is descriptive method with qualitative descriptive research type. Data collection techniques were conducted by conducting in-depth interviews with several resource persons and secondary data obtained from the literature relating to the problem under study. The results of this study discusses the strategic stages of strategy formulation. Implementation of strategy and evaluation. Thus, the researchers were able to obtain a description of the communication strategy used public relations Pekalongan local government in improving the image of Pekalongan city as a city of batik. This research concludes that public relations communication strategy of Pekalongan city administration is to conduct an event that can improve the image of the city to Pekalongan people and tourists, besides public relations use various promotion media to advertise activities to be done in Pekalongan city, so that people get information from various media promotion. Kota Pekalongan merupakan kota batik yang memiliki berbagai keindahan batik yang dapat dipromosikan oleh pemkot kota Pekalongan. Yang bertujuan untuk meningkatkan citra kota Pekalongan dimata masyarakat dan wisatawan yang tertarik berkunjung ke kota Pekalongan. Namun dalam perjalanan meningkatkan citra kota terdapat beberapa strategi yang perlu dilakukan humas pemkot Pekalongan. Salah satu strategi yang digunakan humas pemkot Pekalongan adalah dengan mengadakan acara Pekan Batik Pekalongan yang bertujuan untuk mengenalkan keindahan batik kota Pekalongan kepada masyarakat dan wisatawan. Dengan fokus tahapan strategi yaitu perumusan strategi, implementasi strategi dan evaluasi strategi. Tipe penelitian yang digunakan adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif menggunakan metode studi kasus. Penelitian ini menggunakan paradigma konstruktivisme dengan pendekatan kualitatif. Untuk mengetahui strategi komunikasi yang dibutuhkan informasi dan data-data dalam penelitian. Peneliti ini menggunakan jenis metode wawancara mendalam karena merupakan suatu strategi analisis mendalam dengan pokok masalah apa atau apakah, bagaimana atau mengapa. Subyek yang menjadi sumber informasi adalah humas kota Pekalongan, staff kebudayaan dan pariwisata, masyarakat Pekalongan dan wisatawan. Teknik pengumpulan data adalah melalui data primer yaitu wawancara mendalam, observasi dan data sekunder yaitu dokumen, company profile, buku, arsip dan lain-lain. Teknik pemeriksaan keabsahan data menggunakan triangulasi sumber yaitu dengan membandingkan data hasil wawancara dengan observasi. Hasil penelitian ini membahas tentang tahapan strategi yaitu perumusan strategi. Implementasi strategi dan evaluasi. Dengan demikian, peneliti mampu memperoleh gambaran mengenai strategi komunikasi yang dipakai humas pemkot Pekalongan dalam meningkatkan citra kota Pekalongan sebagai kota batik. Penelitian ini menyimpulkan bahwa strategi komunikasi humas pemkot Pekalongan adalah dengan mengadakan suatu acara yang dapat menignkatkan citra kota tersebut kepada masyarakat Pekalongan maupun wisatawan, selain itu humas menggunakan berbagai media promosi untuk mengiklankan kegiatan yang akan dilakukan di kota Pekalongan, sehingga masyarakat mendapatkan informasi dari berbagai media promosi.

Item Type: Thesis (S1)
Call Number: SK/42/18/099
NIM: 44213110163
Uncontrolled Keywords: STRATEGI HUMAS PEMKOT PEKALONGAN DALAM MENCITRAKAN PEKALONGAN SEBAGAI KOTA BATIK (Pada Acara Pekan Batik Pekalongan)
Subjects: 300 Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 300. Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 307 Communities/Komunitas > 307.3 Structure Communities/Struktur Masyarakat
300 Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 300. Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 307 Communities/Komunitas > 307.7 Specific Kinds of Communities/Bentuk Spesifik Suatu Masyarakat
600 Technology/Teknologi > 650 Management, Public Relations, Business and Auxiliary Service/Manajemen, Hubungan Masyarakat, Bisnis dan Ilmu yang Berkaitan > 650.1-650.9 Standard Subdivisions of Management, Public Relations, Business and Auxiliary Service/Subdivisi Standar Dari Manajemen, Hubungan Masyarakat, Bisnis dan Ilmu yang Berkaitan
600 Technology/Teknologi > 650 Management, Public Relations, Business and Auxiliary Service/Manajemen, Hubungan Masyarakat, Bisnis dan Ilmu yang Berkaitan > 659 Advertising and Public Relations/Periklanan, Reklame, Pariwara, Iklan, Sponsor, Humas, Hubungan Masyarakat
600 Technology/Teknologi > 650 Management, Public Relations, Business and Auxiliary Service/Manajemen, Hubungan Masyarakat, Bisnis dan Ilmu yang Berkaitan > 659 Advertising and Public Relations/Periklanan, Reklame, Pariwara, Iklan, Sponsor, Humas, Hubungan Masyarakat > 659.2 Public Relations/Hubungan Masyarakat
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Hubungan Masyarakat
Depositing User: Dede Muksin Lubis
Date Deposited: 01 Mar 2019 03:39
Last Modified: 01 Mar 2019 03:39
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/47361

Actions (login required)

View Item View Item