ELISA, ELISA (2018) STRATEGI HUMAS PEMKOT PEKALONGAN DALAM MENCITRAKAN PEKALONGAN SEBAGAI KOTA BATIK (Pada Acara Pekan Batik Pekalongan). S1 thesis, Universitas Mercu Buana.
|
Text (HAL JUDUL)
1. Halaman Judul.pdf Download (34kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
6. Abstrak.pdf Download (158kB) | Preview |
|
|
Text (LEMBAR PERNYATAAN)
2. Surat Pernyataan.pdf Download (110kB) | Preview |
|
|
Text (LEMBAR PENGESAHAN)
3. Lembar Persetujuan.pdf Download (117kB) | Preview |
|
|
Text (LEMBAR PERSETUJUAN SKRIPSI)
4. Lembar Tanda Lulus Sidang.pdf Download (121kB) | Preview |
|
|
Text (LEMBAR PENGESAHAN PERBAIKAN)
5. Lembar Pengesahan Perbaikan.pdf Download (140kB) | Preview |
|
|
Text (KATA PENGANTAR)
7. Kata Pengantar.pdf Download (148kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
8. Daftar isi.pdf Download (149kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR GAMBAR)
9. Daftar Gambar.pdf Download (98kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR LAMPIRAN)
10. Daftar Lampiran.pdf Download (97kB) | Preview |
|
Text (BAB I)
11. Bab I.pdf Restricted to Registered users only Download (212kB) |
||
Text (BAB II)
12. Bab II.pdf Restricted to Registered users only Download (254kB) |
||
Text (BAB III)
13. Bab III.pdf Restricted to Registered users only Download (214kB) |
||
Text (BAB IV)
14. Bab IV.pdf Restricted to Registered users only Download (597kB) |
||
Text (BAB V)
15. Bab V.pdf Restricted to Registered users only Download (148kB) |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
16. Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (194kB) |
||
Text (LAMPIRAN)
17. Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (957kB) |
Abstract
Pekalongan city is a batik city that has various beauty batik that can be promoted by city government of Pekalongan. Which aims to improve the image of Pekalongan city in the eyes of people and tourists who are interested in visiting the city of Pekalongan. But on the way to improve the image of the city there are several strategies that need to be done public relations Pekalongan city government. One of the strategies used by Pekalongan municipal public relations is to hold Pekan Batik Pekalongan event which aims to introduce the beauty of Pekalongan city batik to the public and tourists. With the focus of the strategic stages of strategy formulation, strategy implementation and strategy evaluation. The concept of research used refers to the concept of Scott M. Cultip, Allen H, Center and Glen M. Brown is the work program planning process that explains in the PR process of strategizing, namely fact finding, planning, communications and evaluation. While the method used in this research is descriptive method with qualitative descriptive research type. Data collection techniques were conducted by conducting in-depth interviews with several resource persons and secondary data obtained from the literature relating to the problem under study. The results of this study discusses the strategic stages of strategy formulation. Implementation of strategy and evaluation. Thus, the researchers were able to obtain a description of the communication strategy used public relations Pekalongan local government in improving the image of Pekalongan city as a city of batik. This research concludes that public relations communication strategy of Pekalongan city administration is to conduct an event that can improve the image of the city to Pekalongan people and tourists, besides public relations use various promotion media to advertise activities to be done in Pekalongan city, so that people get information from various media promotion. Kota Pekalongan merupakan kota batik yang memiliki berbagai keindahan batik yang dapat dipromosikan oleh pemkot kota Pekalongan. Yang bertujuan untuk meningkatkan citra kota Pekalongan dimata masyarakat dan wisatawan yang tertarik berkunjung ke kota Pekalongan. Namun dalam perjalanan meningkatkan citra kota terdapat beberapa strategi yang perlu dilakukan humas pemkot Pekalongan. Salah satu strategi yang digunakan humas pemkot Pekalongan adalah dengan mengadakan acara Pekan Batik Pekalongan yang bertujuan untuk mengenalkan keindahan batik kota Pekalongan kepada masyarakat dan wisatawan. Dengan fokus tahapan strategi yaitu perumusan strategi, implementasi strategi dan evaluasi strategi. Tipe penelitian yang digunakan adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif menggunakan metode studi kasus. Penelitian ini menggunakan paradigma konstruktivisme dengan pendekatan kualitatif. Untuk mengetahui strategi komunikasi yang dibutuhkan informasi dan data-data dalam penelitian. Peneliti ini menggunakan jenis metode wawancara mendalam karena merupakan suatu strategi analisis mendalam dengan pokok masalah apa atau apakah, bagaimana atau mengapa. Subyek yang menjadi sumber informasi adalah humas kota Pekalongan, staff kebudayaan dan pariwisata, masyarakat Pekalongan dan wisatawan. Teknik pengumpulan data adalah melalui data primer yaitu wawancara mendalam, observasi dan data sekunder yaitu dokumen, company profile, buku, arsip dan lain-lain. Teknik pemeriksaan keabsahan data menggunakan triangulasi sumber yaitu dengan membandingkan data hasil wawancara dengan observasi. Hasil penelitian ini membahas tentang tahapan strategi yaitu perumusan strategi. Implementasi strategi dan evaluasi. Dengan demikian, peneliti mampu memperoleh gambaran mengenai strategi komunikasi yang dipakai humas pemkot Pekalongan dalam meningkatkan citra kota Pekalongan sebagai kota batik. Penelitian ini menyimpulkan bahwa strategi komunikasi humas pemkot Pekalongan adalah dengan mengadakan suatu acara yang dapat menignkatkan citra kota tersebut kepada masyarakat Pekalongan maupun wisatawan, selain itu humas menggunakan berbagai media promosi untuk mengiklankan kegiatan yang akan dilakukan di kota Pekalongan, sehingga masyarakat mendapatkan informasi dari berbagai media promosi.
Actions (login required)
View Item |