RAHMATINA, NANA (2018) UPAYA PERBAIKAN WAKTU PROSES PERAWATAN PESAWAT DI.GMF AERO ASIA MENGGUNAKAN METODE VALUE STREAM MAPPING (VSM). S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.
|
Text (HAL COVER)
HALAMAN JUDUL.pdf Download (70kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf Download (52kB) | Preview |
|
|
Text (LEMBAR PERNYATAAN)
Lembar Pernyataan.pdf Download (151kB) | Preview |
|
|
Text (LEMBAR PENGESAHAN)
Lembar Pengesahan.pdf Download (143kB) | Preview |
|
|
Text (KATA PENGANTAR)
KATA PENGANTAR.pdf Download (51kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
DAFTAR ISI.pdf Download (53kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR TABEL)
DAFTAR TABEL.pdf Download (49kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR GAMBAR)
DAFTAR GAMBAR.pdf Download (50kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR LAMPIRAN)
DAFTAR LAMPIRAN.pdf Download (48kB) | Preview |
|
Text (BAB I)
BAB I.pdf Restricted to Registered users only Download (97kB) |
||
Text (BAB II)
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (196kB) |
||
Text (BAB III)
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (331kB) |
||
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (783kB) |
||
Text (BAB V)
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (441kB) |
||
Text (BAB VI)
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (57kB) |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf Restricted to Registered users only Download (54kB) |
Abstract
Aircraft maintenance company always try to improve their service. One of the method is using tools gate system.Wich expected to achieved target planned lead time 60 days. But in the implemention ,the gate system still cannot achieved the target as expected. During aircraft maintenance process found waste which leadstarget can not be achieved. Actual condition of aircraft maintaince is described using Value Stream Mapping to know wich activity has value and non value added, from data analysis using Value Stream Mapping known that in gate 1 and gate 3 are the point where many waste happened. From rank system of waste in activity process found the sequence of critical waste. Wich the highest position are waste waiting 0.46 point. Result of Root Cause Analysis described that cause of waste is because of data couldn’t be maintain in a proper way lack of development people and error in system. Key note : time. aircraft maintenance, Value Stream Mapping Perusahaan perawatan pesawat selalu berusaha untuk meningkatkan keunggulan layanannya. Salah satu cara dengan menggunakan tools berupa gate system. Dimana sistem tersebut diharapkan dapat mencapai target lead time yang telah direncanakan yaitu 60 hari. Dalam implementasinya, gate system tersebut masih belum dapat memenuhi target yang diharapkan. Selama proses perawatan pesawat masih ditemui waste yang menyebabkan target tidak dapat terpenuhi. Kondisi dari proses perawatan pesawat tersebut digambarkan dalam Value Stream Mapping untuk selanjutnya dijabarkan aktivitas yang memiliki nilai tambah dan tidak memiliki nilai tambah. Dari hasil pengolahan data menggunakan Value Stream Mapping diketahui gate 1 dan gate 3 merupakan titik yang banyak terdapat waste. Dari pemeringkatan waste yang ada dalam aktivitas proses diperoleh hasil berupa urutan critical waste dari tiap waste yang ada. Dimana Bobot tertinggi yaitu waste waiting dengan bobot sebesar 0.46. Hasil dari Root Cause Analysis diketahui bahwa akar penyebab dari waste waiting tersebut adalah karena data yang tidak di-maintain dengan baik, kurangnya perhatian terhadap people development, dan masih adanya error pada sistem. Kata kunci: waktu, perawatan pesawat , value stream mapping ,
Actions (login required)
View Item |