FASHION SEBAGAI IDENTITAS SUB BUDAYA (STUDI KASUS TERHADAP KOMUNITAS HYPEVIBE JAKARTA)

YANSAH, REDY (2019) FASHION SEBAGAI IDENTITAS SUB BUDAYA (STUDI KASUS TERHADAP KOMUNITAS HYPEVIBE JAKARTA). S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.

[img]
Preview
Text (HAL COVER)
00.HALAMAN JUDUL.pdf

Download (111kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
03.ABSTRAKSI.pdf

Download (161kB) | Preview
[img]
Preview
Text (LEMBAR PERNYATAAN)
01.LEMBAR PERNYATAAN.pdf

Download (239kB) | Preview
[img]
Preview
Text (LEMBAR PENGESAHAAN)
02.LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (291kB) | Preview
[img]
Preview
Text (KATA PENGANTAR)
04.KATA PENGANTAR.pdf

Download (149kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
05.DAFTAR ISI.pdf

Download (150kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR GAMBAR)
06.DAFTAR GAMBAR.pdf

Download (135kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
07.BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (194kB)
[img] Text (BAB II)
08.BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (273kB)
[img] Text (BAB III)
09.BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (214kB)
[img] Text (BAB IV)
10.BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)
[img] Text (BAB V)
11.BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (899kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
12.DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (182kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
13.LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (478kB)

Abstract

sedang hype atau tren saat diluncurkan. Fenomena ini pada mulanya hanya berkisar di produk-produk streetwear seperti Palace, Supreme, atau BAPE. Namun, kini merek adibusana seperti Louis Vuitton, Gucci, dan Dior mulai melirik pasar Streetwear. Maka informan peneliti adalah anggota dari komunitas Hypevibe Jakarta dan dua orang informan pendukung yang mengerti akan Fashion. Berdasarkan dari latar belakang diatas, dirumuskan dalam penelitian yaitu bagaimana fashion Hypebeast menjadi identitas Sub Budaya terhadap komunitas Hypevibe Jakarta. Fashion merupakan fenomena kultural, dalam artian fashion merupakan cara yang di gunakan suatu kelompok atau individu untuk mengonstruksi dan mengkomunikasikan identitasnya „Fashion as Communication‟ dan orang cenderung membuat penilaian berdasarkan atas apa yang dipakai oleh orang lain begitu pula yang dilakukan oleh para Hypebeast di Indonesia. Tipe penelitian ini adalah deskriptif dengan pendekatan kuantitatif serta dengan menggunakan metode observasi. Populasi pada penelitian ini adalah anggota Hypevibe Jakarta dan dua informan pendukung yang paham mengenai fashion. Data primer penelitian ini, diperoleh dengan menggunakan wawancara. Komunitas Hypevibe Jakarta adalah influencer bagi para fashionista mereka mampu mengekspresikan identitas diri melalui fashion yang dipakai, Hasil yang diperoleh pada penelitian ini yaitu Komunitas Hypevibe Jakarta mencoba untuk membangun identitas melalui adanya serangkaian gaya hidup, gaya berpakaian, dan nilai-nilai budaya yang terkandung. Komunitas Hypevibe Jakarta menciptakan identitas mereka sendiri, yaitu sebagai identitas remaja yang modis dan stylish. Kata Kunci : Studi Kasus, Hypebeast, Komunitas Hypevibe Jakarta

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FK/BRD. 18 254
NIM: 44113010144
Uncontrolled Keywords: Studi Kasus, Hypebeast, Komunitas Hypevibe Jakarta
Subjects: 000 Computer Science, Information and General Works/Ilmu Komputer, Informasi, dan Karya Umum > 000. Computer Science, Information and General Works/Ilmu Komputer, Informasi, dan Karya Umum > 004 Data Processing, Computer Science/Pemrosesan Data, Ilmu Komputer, Teknik Informatika > 004.6 Interfacing and Communications/Tampilan Antar Muka (Interface) dan Jaringan Komunikasi Komputer > 004.61 Interfacing and Communications for Specific Types of Electronic Computers/Antarmuka dan Komunikasi untuk Jenis Komputer Elektronik Tertentu
100 Philosophy and Psychology/Filsafat dan Psikologi > 150 Psychology/Psikologi > 153 Conscious Mental Process and Intelligence/Intelegensia, Kecerdasan Proses Intelektual dan Mental > 153.6 Communication Psychology/Psikologi Komunikasi > 153.69 Nonverbal Communication/Komunikasi Nonverbal
700 Arts/Seni, Seni Rupa, Kesenian > 780 Music/Seni Musik > 780.1-780.9 Standard Subdivisions of Music/Subdivisi Standar Dari Seni Musik > 780.1 Philosophy of Music/Filsafat Seni Musik > 780.14 Language and Communication/Bahasa dan Komunikasi
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Penyiaran
Depositing User: Virda Syifa
Date Deposited: 07 Jan 2019 02:56
Last Modified: 07 Feb 2019 02:24
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/46433

Actions (login required)

View Item View Item