YULIANTO, DIDIK (2018) REKONSTRUKSI TALENT SHOW DAKWAH DI TELEVISI INDOSIAR (Studi Fenomenologi Tentang Industri Hiburan Ajang Pencarian Bakat Pada Program Acara Akademi Sahur Indosiar Asia 2017). S2 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta-Menteng.
Text (COVER)
1. HALAMAN JUDUL.pdf Download (49kB) |
|
Text (ABSTRAK)
2. ABSTRAK.pdf Download (84kB) |
|
Text (LEMBAR PERNYATAAN)
3. SURAT PERNYATAAN.pdf Download (96kB) |
|
Text (LEMBAR PENGESAHAN)
4. LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (165kB) |
|
Text (KATA PENGANTAR)
5. KATA PENGANTAR.pdf Download (84kB) |
|
Text (DAFTAR ISI)
6. DAFTAR ISI.pdf Download (97kB) |
|
Text (BAB I)
9. BAB I.pdf Restricted to Registered users only Download (346kB) |
|
Text (BAB II)
10. BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (443kB) |
|
Text (BAB III)
11. BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (110kB) |
|
Text (BAB IV)
12. BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text (BAB V)
13. BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (100kB) |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
14. DAFTAR PUSTAKA.pdf Restricted to Registered users only Download (80kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
15. LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (786kB) |
Abstract
Penelitian kualitatif diskriptif ini bermaksud untuk mengetahui bagaimana rekonstruksi talent show dakwah melalui industri hiburan ajang pencarian bakat di media-massa televisi. Tujuan penelitian untuk menghasilkan pemahaman dan pengembangan pola konstruksi realitas sosial media massa televisi Indosiar melalui rekonstruksi talent show dakwah oleh tim produksi, pengisi acara, dan programing pada acara AKSI Asia tahun 2017. Penelitian menggunakan pendekatan studi fenomenologi mazhab Stanly Deetz, dengan paradigma konstruktivis. Teknik pengumpulan data melalui in-depth interview multi sumber, pengamatan, dokumentasi dan studi kepustakaan. Teknik pemeriksaan keabsahan data berdasarkan prinsip referensial, melakukan perbandingan dan kesesuaian data hingga pada titik jenuh. Temuan penting penelitian, media-massa televisi sudah menggunakan dakwah sebagai bagian hiburan melalui ajang pencarian bakat (talent show) yang merupakan bentuk konstruksi realitas sosial media massa yang bernilai komodifikasi. Realitas dakwah sebagai tuntunan dan tontonan dikonstruksi oleh tim produksi dan programing untuk memenuhi standar industri televisi dimana selain memberi informasi juga menghibur pemirsa sehingga bisa memperoleh Share bagus, menghasilkan Iklan dan membuat perusahaan profit. Kesimpulan, acara talent show dakwah AKSI Asia 2017 merupakan bentuk realitas dakwah sebagai komoditi media-massa bernilai komodifikasi, dan mampu memperkuat positioning Indosiar sebagai stasiun televisi yang unggul dalam hal in-house production.
Item Type: | Thesis (S2) |
---|---|
Call Number CD: | CDT-552-18-058 |
NIM/NIDN Creators: | 55215110054 |
Uncontrolled Keywords: | AKSI Asia, Dakwah, Talent show, Konstruksi Realitas, MEDIA, manajemen bisnis dan industri media |
Subjects: | 300 Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 300. Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 302 Social Interaction, Interpersonal Relations/Interaksi Sosial, Hubungan Antarpersonal > 302.2 Communication/Komunikasi |
Divisions: | Pascasarjana > Magister Ilmu Komunikasi |
Depositing User: | Rokhyudi |
Date Deposited: | 16 Dec 2021 04:46 |
Last Modified: | 21 Jun 2022 02:44 |
URI: | http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/46271 |
Actions (login required)
View Item |