PENGELOLAAN KOORDINASI MAKNA PENINGKATAN KOMPETENSI GURU TK MELALUI MODA TATAP MULA IN- ON- IN (STUDI KASUS KOMUNIKASI ANTARPRIBADI PADA PROGRAM PKB DI DKI JAKARTA TAHUN 2017)

WAHYUNI, DESSY (2018) PENGELOLAAN KOORDINASI MAKNA PENINGKATAN KOMPETENSI GURU TK MELALUI MODA TATAP MULA IN- ON- IN (STUDI KASUS KOMUNIKASI ANTARPRIBADI PADA PROGRAM PKB DI DKI JAKARTA TAHUN 2017). S2 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta-Menteng.

[img] Text (COVER)
1.HALAMAN JUDUL.pdf

Download (94kB)
[img] Text (ABSTRAK)
2. ABSTRACT.pdf

Download (125kB)
[img] Text (LEMBAR PERNYATAAN)
3. SURAT PERNYATAN.pdf

Download (142kB)
[img] Text (LEMBAR PENGESAHAN)
4. LEMBAR PENGESAHA.pdf

Download (279kB)
[img] Text (KATA PENGANTAR)
5. KATA PENGANTAR.pdf

Download (74kB)
[img] Text (DAFTAR ISI)
6. DAFTAR ISI.pdf

Download (74kB)
[img]
Preview
Text (DAFTAR TABEL)
7. DAFTAR TABEL.pdf

Download (49kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR GAMBAR)
8. DAFTAR GAMBAR.pdf

Download (49kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR BAGAN)
9. DAFTAR BAGAN.pdf

Download (48kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR LAMPIRAN)
10. DAFTAR LAMPIRAN.pdf

Download (49kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
11. BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (371kB)
[img] Text (BAB II)
12. BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (443kB)
[img] Text (BAB III)
13. BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (115kB)
[img] Text (BAB IV)
14. BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB V)
15. BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (78kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
17. DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (97kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
18. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (607kB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah sebuah komunikasi antarpribadi tentang koordinasi manajemen makna peningkatan kompetensi guru TK (Taman Kanak- Kanak) melalui moda tatap muka In- On- In program PKB (Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan) di DKI Jakarta tahun 2017. Penelitian ini menggunakan paradigma konstruktivis. Metodologi yang digunakan yakni pendekatan kualitatif dengan metode penelitian studi kasus. Informan dalam penelitian ini dipilih melalui metode purposive sampling. Metode dalam pengumpulan data yaitu wawancara mendalam, observasi dan studi pustaka. Adapun hasil dari penelitian ini yakni komunikasi antarpribadi berlangsung secara intens, terus- menerus dan berkesinambungan sehingga terciptanya pemahaman pesan PKB (Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan), hubungan yang baik serta lingkungan pembelajaran yang kondusif. Penelitian ini juga menghasilkan koordinasi makna peningkatan kompetensi guru TK dengan pendekatan model koordinasi manajemen makna dari perspektif Instruktur Nasional ke dalam enam level hierarki makna yakni Isi (impelementasi), Tindak Tutur (komunikatif), Episode (interaksi edukatif), Hubungan (profesional berdasarkan kode etik guru Indonesia), Naskah Kehidupan (Uji Kompetensi Guru tahun 2015 dan Program Peningkatan Kompetensi Guru Pembelajar tahun 2016), dan Pola Budaya (Pembelajaran Andragogi). Sedangkan makna peningkatan kompetensi guru TK dengan pendekatan model Koordinasi Manajemen Makna dari perspektif Instruktur Nasional dikonstruksi ke dalam enam level hierarki makna yakni Isi (nilai), Tindak Tutur (komunikatif), Episode (interaksi edukatif), Hubungan (profesional berdasarkan kode etik guru Indonesia), Naskah Kehidupan (Uji Kompetensi Guru tahun 2015 dan Program Peningkatan Kompetensi Guru Pembelajar tahun 2016), dan Pola Budaya (Pembelajaran Andragogi). Keenam level hierarki makna perspektif Instruktur Nasional dan peserta tersebut berlangsung secara konsisten dan seimbang (charmed loop) di mana antara satu level mendukung level yang lain dalam sebuah hierarki. Adapun metode relasi yang dikonstruksi peserta melalui moda tatap muka In – On –In pada program PKB (Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan) di DKI Jakarta Tahun 2017 yakni metode relasi subjek- subjek dimana peserta terlibat aktif dalam proses pembelajaran dengan mengkonstruksi pengetahuan baru guna meningkatkan kompetensi nya sebagai guru.

Item Type: Thesis (S2)
Call Number CD: CDT-552-18-065
NIM/NIDN Creators: 55216110083
Uncontrolled Keywords: Komunikasi Antarpribadi, Koordinasi Manajemen Makna, Metode Relasi, Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan, Peningkatan , Kompetensi GuruCORCOM, korporate komunikasi dan komunikasi pemasaran, CORCOM, korporate komunikasi dan komunikasi pemasaran
Subjects: 300 Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 300. Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 302 Social Interaction, Interpersonal Relations/Interaksi Sosial, Hubungan Antarpersonal > 302.2 Communication/Komunikasi
Divisions: Pascasarjana > Magister Ilmu Komunikasi
Depositing User: Rokhyudi
Date Deposited: 17 Dec 2021 06:26
Last Modified: 21 Jun 2022 02:58
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/46255

Actions (login required)

View Item View Item